si.pemikirAvatar border
TS
si.pemikir
Ini Alasan Kami Kenapa Rela Macet-macetan Hanya Untuk "Mudik"
Halo Bray emoticon-Hai


Lebaran sebentar lagi. Salah satu momen yang gw tunggu adalah Idul Fitri, kenapa? Karena gw udah bisa kembali makan dengan nikmat tanpa nunggu adzan magrib. Bercanda doang ya bre emoticon-Big Grin.


Salah satu momen yang gw tunggu di bulan Ramadhan ini adalah "mudik". Yaitu momen mengunjungi saudara yang ada di desa. Tujuannya selain silaturahmi, ya jalan-jalan emoticon-Big Grin. Tapi sebenernya ada hal lain juga yang bikin gw untuk menganut ajaran "mudik garis keras", mau gimana ceritanya, mau gimana perginya pokoknya mudik itu harus pas mau lebaran. Sehingga macet berjam-jam dijalan, puasa dijalan, bangun tidur di jalan sampe-sampe kencing dijalan. 


Bahkan temen gw yang ga pernah ngerasain mudik selama seumur hidupnya suka nanya gini ke gw, "lo ngapain sih mudik? macet berhari-hari dijalan, emang enak apa?". Kalo dulu pas masih kecil sih bakalan gw jawab "ga enak banget. Sumpah. Pegel cuy". Tapi kalo sekarang jawabannya beda. Ini Alasan gw, yang mungkin aja sama dengan kaskuser yang rela macet-macetan hanya buat mudik.


1. Silaturahmi


Tujuan utama orang pulang ke kampungnya adalah silaturahmi. Ketemu sama orang tuanya, saudara-saudaranya, om, tante, pakde, budenya bahkan temen-temennya yang tinggal di kampung halaman. Walaupun gw bukanlah perantau, dan temen-temen gw semua di Jakarta, gw tetep seneng mudik. Karena gw bisa ketemu sama nenek gw, pakde dan om gw, sepupu gw yang dari berabagai daerah. Ya ketemunya pas Idul Fitri ini.


Kenapa harus momen lebaran? Kenapa ga hari-hari lain? Misal tahun baru atau libur panjang?

Karena hanya di momen lebaran semua bakalan pulang kerumah asalnya emoticon-rose


Om gw yang dari pulau Sumatera aja rela bawa mobil dari sana buat sampe ke Jawa Timur, masa gw yang dari Jakarta aja ogah. 


Sumpah Ini Bukan Keluarga Gw emoticon-Big Grin

Sumber: kalbar2.kemenag.go.id


2. Banyak Momen Unik Dijalan


Ini adalah alasan kedua gw seneng mudik. Terutama lewat jalur darat seperti mobil atau bis. 


Dulu pas gw masih kecil selama dijalan gw cuma tidur bangun makan di mobil dari rumah sampe kampung halaman. Sekarang gw malah ngurangin waktu tidur ketika dijalan. Karena banyak hal-hal unik yang bisa gw temuin. Mulai dari mobil pick up yang dimodifikasi jadi tenda berjalan.



Sumber: goodnewsfromindonesia.id


Motor-motor yang dikasih kayu biar bisa nampung banyak barang



Sumber: http://yesmuslim.blogspot.com


Sampe motor-motor yang dikasih tulisan lucu-lucu dibelakangnya


Sumber: rancahpost.co.id


Ditambah lagi momen-momen langka seperti nyari jalan pintas, jalan kaki nyari yang jual bensin sampe kendaraan ga bisa gerak gara-gara macet total macem kasus Brexit kemaren, gw sendiri kena macet sampe 16 jam. 


3. Mengenal Pulau Jawa Melalui Jalur Darat


Alasan ketiga adalah gw bisa mengenal daerah-daerah di pulau jawa. Mulai dari daerah Cirebon yang banyak jualan empal gentong, daerah Kuningan yang jalannya lurus doang dengan kanan kiri sawah, daerah brebes yang lurus doang tapi jalannya sempit banget. Terus tanda-tanda bila sudah memasuki daerah itu, misal kalo dijalan ada orang bawa sapu disepanjang jalan berarti udah sampe indramayu.



Sumber: merdeka.com


Kalo di sepanjang jalan ada orang pake topi tani dan baju warna hitam berarti udah sampe alas roban


Sumber: jateng.metrotvnews.com


Terus kalo jalanannya udah mulai lancar, bersih dan tertata rapih berarti udah sampe Kota Solo.


4. Suasana Yang Berbeda Dengan Jakarta


Sumber: kaskus.co.id


Buat orang yang tinggal di Jabodetabek pasti udah biasa sama yang namanya panas, macet, kotor dan segalanya. Mau wisata juga ujung-ujugnya ke mol. Atau ga pergi ke Bandung atau Puncak. Nah kalo kita pulang kekampung halaman suasananya tuh seger, adem, tenang, ga ada macet, kanan kiri masih asri dan lain-lain. Di Jakarta jam 6 pagi itu udah gerah banget. Di tempat kampung halaman gw, jam 8 masih sejuk. Maklum kampung gw di kaki gunung emoticon-Big Grin. Disini gw bisa maen-maen ke sawah, ke hutan, bahkan ke gunung. Cuman resikonya kalo main ke hutan atau gunung biasanya suka ada taneman yang nancep di jari gw emoticon-Big Grin.


Itu adalah beberapa alasan gw rela macet-macetan. Sebenernya masih ada alesan lain sih macem bisa kulineran di rumah saudara, bisa ngelihat sama abg-abg desa yang cantik-cantik, bisa beli apa aja dengan harga murah dan lain-lain. Cuman gw udah males aja ngetiknya emoticon-Ngakak.


Terimakasih Sudah Membaca emoticon-Toast


0
38.3K
344
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan