Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zhipy2000Avatar border
TS
zhipy2000
Sholat Tarawih 8 Jam Di Magetan
Magetan - Para santri di Ponpes Al Fatah Desa Temboro Magetan terbiasa melaksanakan salat tarawih selama 8 jam. Namun pihak ponpes memastikan warga pun dipersilakan untuk ikut serta, meski ada syaratnya.

Ustaz Zaenal Abidin dari Ponpes Al Fatah menjelaskan bahwa peserta salat tarawih ini tidak hanya terbatas pada santri saja. Warga umum juga dibebaskan untuk mengikutinya. 

Akan tetapi ada syaratnya. "Semua umat Islam boleh ikut, tidak ada larangan, asalkan kuat," ungkap Zaenal saat berbincang dengan detikcom, Selasa (5/6/2018) dini hari.

Baca juga: Di Magetan, Salat Tarawihnya Bisa Sampai 8 Jam


Ditambahkan Zaenal, kendati berdurasi panjang, jamaah salat tarawih di tempatnya selalu membludak.

"Awal puasa banyak, mas, ratusan. Penuh semua ini masjid. Tapi saat ini tinggal sekitar 50-an yang tarawih 8 jam, karena sebagian sudah mudik lebaran," terangnya.

Baca juga: Salat Tarawih 8 Jam, Perangkat Desa: Hanya Santri Ponpes


Secara kebetulan, Ponpes Al Fatah memang banyak dijadikan tempat menimba ilmu dari berbagai daerah. Tak terbatas untuk santri dari Jatim saja, tetapi hingga luar Jawa dan luar negeri.

Zaenal menuturkan lebih dari seribu santri Ponpes Al Fatah berasal dari 16 negara di dunia, di antaranya Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Australia, Somalia, Kamboja, Brunei Darussalam, Papua Nugini, Timor Leste, Bangladesh, India dan Suriname. 

"Santrinya disini sekitar 17 ribu pria-wanita, dan kalau lebaran memang mudik sehingga sudah agak sepi ini. Kan rumahnya jauh semua, luar Jawa dan luar negeri," tambahnya.

Baca juga: Ini Lho yang Bikin Salat Tarawih di Magetan Bisa Sampai 8 Jam


Dari pantauan detikcom, peserta salat tarawih berjamaah saat ini hanya berjumlah puluhan orang saja. Rata-rata dari mereka memang memilih untuk tidak pulang dulu di libur lebaran tahun ini.

Tertarik untuk ikut salat tarawih 8 jam? Untuk menuju kawasan ponpes yang sering disebut Kampung Madinah ini, para pengunjung dari luar kota bisa menggunakan bus umum dan turun di terminal Maospati, Magetan.

Dari terminal Maospati, Anda bisa mencari jasa ojek dan menempuh jarak sekitar 7 km menuju ponpes dengan ongkos antara Rp 10-15 ribu

Sumber
https://news.detik.com/berita-jawa-t...-ini-syaratnya

Kalo gw biasanya nyari yg agak cepet emoticon-Ngakak
0
1.6K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan