bear89800Avatar border
TS
bear89800
Alan Turing: Pahlawan Perang Dunia ke 2 dan Tragedi Hidupnya

https://imgix.ranker.com/user_node_img/50075/1001492598/original/his-homosexuality-almost-landed-him-in-jail-photo-u1?w=650&q=50&fm=jpg&fit=crop&crop=faces
Alan Turing, ngomongin dia pasti orang langsung menyandangkan namanya dengan gelar Pahlawan, tapi apakah dia benar2 di perlakukan sebagai pahlawan ?
Meskipun Alan Turing tidak pernah turun ke medan perang dan tidak pernah mengarahkan senapan ke arah musuh tapi dia berjasa untuk memenangkan sekutu di Perang Dunia ke 2.

Di masa Perang itu, Jerman sudah menciptakan mesin untuk mengkode pesan rahasia bernama mesin Enigma. Maka dari itu jika pihak sekutu ingin menang di perang ini maka cara paling cepat adalah menciptakan mesin tandingan yang bertujuan untuk memecahkan kode sehingga isi pesan rahasia itu bisa di ketahui. Untung aja Alan Turing berhasil membuat mesin pemecah kode bernama Bombe yang selanjutnya membantu sekutu menumbangkan Jerman. Kisah hidup Alan Turing juga sudah di angkat ke dalam Film.

Homoseksualitas hampir membuat Turing di Penjara.

https://imgix.ranker.com/user_node_img/50075/1001492608/original/his-homosexuality-was-considered-a-possible-security-breach-photo-u1?w=650&q=50&fm=jpg&fit=crop&crop=faces
Turing adalah seorang Gay, inilah penyebab hidupnya menjadi tragedi.
Di tahun 1950-an, gay adalah suatu bentuk kejahatan di Inggris. Hal ini terungkap ketika turing berusia 39 tahun, dia menjalin hubungan dengan laki-laki bernama Arnold Murray yang justru merampok rumah Turing. 
Perampokan ini membuat polisi turun tangan, nah ketika investigasi inilah terungkap bahwa Turing adalah seorang Gay. Karena inilah Turing di tangkap atas tuduhan "Ketidaksenonohan".
Selanjutnya Turing di berikan dua pilihan yaitu masuk penjara atau menjalani terapi hormon, dia memilih Terapi hormon.

Walaupun Turing Pahlawan, Pemerintah Inggris tetap Mengebirinya.

https://imgix.ranker.com/user_node_img/50075/1001492615/original/he-couldn_t-tell-anyone-what-he-had-done-during-the-war-photo-u1?w=650&q=60&fm=jpg&fit=crop&crop=faces
Ternyata jasa besar tidak bisa melepaskan Turing dari Jerat hukum. Dia memang pahlawan besar, tapi di jaman itu menjadi Gay adalah kejahatan yang lebih besar daripada jasanya.
Turing memang tidak di penjara, tapi tetap menjalani proses percobaan dan harus mengkonsumsi pil estrogen, ini sama saja dengan kebiri kimia yang biasanya di terapkan untuk menangani pedofilia.

Tujuan terapi hormon adalah untuk mengembalikan si Gay ke Jalan yang Lurus, tapi tetap ada kerugian yang di rasakan oleh orang yang menjalani perawatan ini. Salah satu masalah yang timbul pada Turing adalah tumbuhnya payudara dan menjadi Impoten. Walaupun kondisinya sudah seperti itu, Turing masih mengerjakan banyak proyek.

Bunuh diri menggunakan Apel Bersianida.

https://imgix.ranker.com/user_node_img/50075/1001492605/original/heS E N S O Rmitted-suicide-by-using-a-cyanide-laced-apple-probably-photo-u1?w=650&q=50&fm=jpg&fit=crop&crop=faces
Wajah senyum tapi hati menangis, mungkin itu juga terjadi pada Alan Turing yang memasang wajah tenang dan berani tapi dalam hatinya menderita karena kondisi yang di jalaninya.
Alan Turing di temukan pada 8 Juni 1954, dia memakan apel yang sudah di campur dengan Sianida. Ahli koroner yang memeriksa Tubuh Turing menyimpulkan bahwa dia bunuh diri.
Banyak orang yang berpendapat bahwa Logo Apple di prakarsai oleh Tragedi ini padahal itu tidak benar.

Selain itu ada beberapa teori yang cukup menarik, Ibu Turing dan rekan nya mengatakan bahwa Turing terlihat biasa2 saja di minggu2 menjelang kematiannya. Bahkan Turing sempat bereksperimen di Lab pribadi menggunakan sianida, mungkin saja Turing tidak sengaja menelan sianida ketika makan apel.
Selain itu juga ada teori yang mengatakan bahwa pemerintah Inggris sengaja membunuh Turing karena khawatir akan membocorkan rahasia di tambah lagi terungkapnya status gay Turing yang membuatnya rentan di tekan oleh pihak luar. Tapi kita gak tau yang sebenarnya karena Turing sendiri gak meninggalkan surat wasiat atau catatan bunuh diri.


Homoseksualitasnya dianggap sebagai Pelanggaran Keamanan.
Walaupun perang dunia ke 2 sudah berakhir tapi Turing masih tetap kerja karena munculnya perang Dingin sehingga skill Turing masih di butuhkan. Gajinya saat itu adalah sekitar 5000 poundsterling per tahun.
Di perang dingin ini, Inggris dan Amerika menjadi sangat dekat. Amerika Serikat juga sangat membenci Gay, bahkan lebih parah dari Inggris. AS meminta agar Turing di Asingkan karena AS khawatir si Turing akan membocorkan rahasia ke Uni Soviet. Ketika itulah akses Keamanan Turing di cabut sehingga otomatis dia juga kehilangan pekerjaan.
Seorang rekan turing menceritakan betapa marahnya Turing atas kejadian itu, bisa jadi ini adalah penyebab Turing bunuh diri.


Dia Tidak Bisa Menceritakan Jasa-nya memenangkan Perang.

https://imgix.ranker.com/user_node_img/50075/1001492613/original/his-work-saved-millions-of-lives-in-wwii-photo-u1?w=650&q=60&fm=jpg&fit=crop&crop=faces
Turing adalah pahlawan, kenapa hidupnya tragis sekali?
Alasan utamanya adalah karena Turing tidak bisa menceritakan hal yang di lakukannya selama perang. Pembuatan mesin pemecah kode adalah rahasia besar, mereka di sumpah untuk tidak menceritakan apa yang mereka kerjakan bahkan kepada keluarga mereka sendiri. 

Semua jasa mereka baru terungkap jelas di abad 21. Mungkin karena itulah Turing gak bisa mengatakan kepada pak Polisi bahwa dia adalah pahlawan Perang ketika akan di tangkap atas tuduhan Gay. Mungkin juga orang tidak akan sekejam itu kepada Turing jika tau kenyataan yang sebenarnya.

Hasil kerjanya menyelamatkan jutaan Orang.

https://imgix.ranker.com/user_node_img/50075/1001492618/original/he-single-handedly-blew-the-lid-open-onS E N S O Rputer-algorithms-photo-u1?w=650&q=60&fm=jpg&fit=crop&crop=faces
Pemecahan kode adalah hal yang rumit dan bikin pusing di jaman perang dunia ke 2.
Jerman menciptakan mesin Enigma untuk mengkode pesan rahasia, awalnya masih bisa di pecahkan oleh Polandia tapi Jerman memperumit kode mesinnya.
Bahkan dengan 12.000 orang yang mencoba memecahkan kode itu juga tidak berhasil, disitulah Alan Turing dan komputer masuk.

Turing membuat mesin bernama Bombe, di akhir masa perang Mesin ini berhasil memecahkan pesan rahasia dan data yang berasal dari angkatan laut Jerman.
Einshower mengatakan bahwa karya Turing sudah menyelamatkan jutaan orang.


Pertanyaan besar Turing: Bisakah Mesin Berpikir?
Bisa-kah Mesin berpikir? Inilah pertanyaan yang di ajukan Alan Turing di tahun 1950. Ini adalah pertanyaan yang menarik, pertanyaan ini akan menjawab apakah mesin bisa berpikir seperti manusia dan membuat suatu keputusan atau bahkan menipu manusia.
Pada tahun 2014, sebuah komputer bernama Eugene berhasil menipu 33% yang ikut simulasi tes yang di lakukan. Maka dengan ini terbukti bahwa AI komputer bisa lebih cerdas daripada manusia.

 
Ranker|Google







0
23.1K
208
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan