c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kenapa Ikan Matanya Melotot !! Apa Ikan Tidak Tidur ?




Tahu ga kamu, ada pertanyaan yang nyeleneh namun masuk akal kalau ikan itu sebenarnya tidur ga sih ? Kalau kamu perhatikan ikan hias yang ada di rumah kamu matanya tetap melotot, hebat juga ya berenang sambil melek tuh sang perenang ulung.

Nah kalian pasti bingung kan apalagi kalau ada anak kecil bertanya, ikan kok ga pernah tidur ya ? Jawabannya ikan itu juga butuh istirahat dia juga tertidur ya guys. Cara tidur ikan pun berbeda-beda d setiap jenisnya, namun yang berbeda ikan tertidur dengan membuka mata alias melek. Karena ikan tak memiliki kelopak mata kecuali di beberapa jenis hiu.



Ikan yang tidur biasanya ada yang membiarkan tubuhnya melayang-layang di hempas air laut seperti ikan tuna, ada juga ikan yang bersembunyi di balik terumbu karang dan tempat-tempat yang bisa digunakan untuk bersembunyi, lalu ia diam untuk beberapa saat untuk tertidur. Ada juga yang menggali pasir laut dan tidur berbaring diatasnya, biasanya ini dilakukan oleh ikan yang ada di perairan dalam laut.

Namun waktu ikan tertidur juga tidak pasti ada yang tertidur pada siang hari ada juga di malam hari, tergantung niatnya si ikan sendiri, bila tubuhnya merasa letih, lemah dan tak bertenaga ia akan tertidur untuk istirahat sejenak agar staminanya kembali pulih.



Nah ketika ikan tertidur ia akan terlihat diam dan siripnya bergerak sesekali untuk menyeimbangkan badannya, bahkan menurut penelitian para ilmuwan ikan tertidur seperti mati suri, mereka melakukan fungsi restoratif yang berbeda dari tubuh manusia dan binatang pada umumnya. Contoh yang mudah seperti lumba-lumba yang melakukan “unihemispheric slow-wave sleep“.



Namun ternyata ikan juga bisa terganggu istirahatnya karena merasa tak nyaman, seperti ada predator mengintai, atau terusik dengan adanya kedatangan manusia bila di dalam akuarium. Karena tak ada kelopak mata Ikan juga tidak memasuki REM (rapid eye movement), namun cara pola tidur ikan bisa berubah-rubah tergantung suasana hati dan keadaan yang dirasakan, pola yang berubah itu bisa terjadi karena mereka sedang bermigrasi, berpijah, dan mengurus bayi-bayi yang baru lahir, inilah kehidupan ikan yang ternyata tidak seperti yang kita ketahui ya guys.



Bila kamu punya ikan hias dirumah, tinggalkan lah sejenak ikan kamu agar ia bisa beristirahat sejenak dan tidur agar suasana hatinya bisa gembira kembali, semoga saja artikel ini menambah wawasan kalian yang belum tahu, monggo seruupuutt dolo.



c4punk@2018

Referensi tulisan dari

https://techno.okezone.com/read/2016...ana-ikan-tidur

Diubah oleh c4punk1950... 03-06-2018 03:40
evywahyuni
tien212700
tien212700 dan evywahyuni memberi reputasi
2
36.8K
290
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan