madridistAvatar border
TS
madridist
SEJARAH HARI PANCASILA (NASTAK DAN NASBUNG HARUS BACA)

Umat Islam, Kaum Nasionalis, Keturunan Tionghoa, dan berbagai suku, ras dan golongan2, turut melahirkan Pancasila yang dicetuskan oleh Soekarno

Tanggal 28 Mei 1945, di Gedung Tyuoo Sangi-in di Pejambon, Jakarta (kini masuk kompleks Kementerian Luar Negeri) dipenuhi 67 angota BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Salah satunya nampak H. Agus Salim yang duduk di samping Oei Tjong Hauw, Ketua Partai Chung Hwa Hui, partai kaum peranakan Tionghoa.

Mereka yang berasal dari berbagai golongan bahu-membahu membentuk fondasi bagi negara yang akan dibentuk. Dasar negara harus bisa dirumuskan sebelum Indonesia merdeka.

Empat hari sudah sidang tersebut berlangsung membahas dasar negara dan batas-batas daerah. Belum ada titik temu untuk dasar negara.

Jumat, 1 Juni 1945, tepat pukul 9:00, sidang dimulai dengan doa. Kemudian Soekarno dipersilahkan mengemukakan pemikirannya tentang dasar negara.

“… Saudara-saudara, saya bertanya: apakah kita hendak medirikan Indonesia merdeka untuk sesuatu orang, untuk sesuatu golongan? … Sudah tentu tidak!

Baik Saudara-saudara yang bernama kaum kebangsaan yang di sini, maupun saudara-saudara yang dinamakan kaum Islam, semuanya telah mufakat bahwa bukan yang demikian itulah kita punya tujuan.

Kita hendak mendirikan suatu negara ‘semua buat semua’. Bukan buat satu orang, bukan buat satu golongan.” (Risalah Sidang BPUPKI)

Dari isi kepala Soekarnolah memang Pancasila itu dikemukakan di sidang yang dihadiri oleh berbagai golongan di Indonesia. Namun semua golongan yang hadir saat itu turut menjadi "bidan" atas kelahiran 'jabang bayi Pancasila.' Termasuk mereka yang berasal dari keturunan Tionghoa.


NGERTI ENTE ? NEGARA INI DIDIRIKAN UNTUK MENYATUKAN BERBAGAI SUKU BANGSA DAN AGAMA DALAM SATU PAHAM YANG BERNAMA PANCASILA !!! NEGARA INI BUKAN MILIK PARA PANASTAK DAN PANASBUNG DOANG. emoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marah
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.8K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan