blogpediaAvatar border
TS
blogpedia
5 Karakter Game Paling Inspiratif yang Memotivasi Hidupku

 
Banyak yang berpendapat kalau bermain game dapat menyebabkan depresi, berperilaku keras dan yang lebih parah lagi dapat menyebabkan ADHD.
 
Itu hanyalah sebuah pendapat dan saya sendiri tidak setuju dengan pernyataan tersebut. Karena pada kenyataannya beberapa game memiliki cerita yang sangat bagus dan bisa memotivasi hidup kita.
 
Menurut saya pribadi, game itu ibarat buku yang bisa kita mainkan. Kita bisa menciptakan gaya bermain sendiri, memilih jalan sendiri untuk menyelesaikan tantangan dan membuat keputusan sendiri ketika banyak rintangan di dalam game.
 
Karakter-karakter di dalam game bisa memancing emosi lebih baik daripda di film-film atau pun buku. Karena kita secara langsung ikut berpartisipasi di dalam alur cerita dalam game tersebut. Mereka membuat kita bersemangat dan beberapa dari mereka bahkan memberi nilai moral yang baik untuk kita.
 
Lebih penting lagi, karakter ini akan selalu kita ingat bersamaan dengan pesan-pesan baik yang mereka sampaikan di dalam game. Walau hanya karakter fiktif, mereka bagaikan sahabat yang benar-benar hidup di sekeliling kita.
 
Berikut adalah 5 karakter game paling inspiratif yang pernah dibuat:
 
1. Joel, The Last of Us


Joel adalah karakter utama di The Last of Us, Peran yang dimainkan Joel sepintas nampak membosankan. Alur cerita dengan setting apocalypse, banyak manusia terinfeksi dan berubah menjadi zombie. Ditambah lagi hubungan antara orang dewasa dan seorang anak remaja yang masih polos. Kayaknya udah basi cerita yang mengusung hal-hal seperti ini.
 
Tapi jangan salah, begitu kamu mengikuti petualangan antara Joel dan Ellie, segala rasa pesimis yang ada di dalam dirimu akan hilang. Baru saja 10 menit mencoba berpetualang dengan joel di dalam game ini, kamu sudah disuguhkan dengan adegan yang menakjubkan. Dijamin kamu akan sering kali tercengang, bengong, merinding, takjub dan mungkin agak sedikit depresi di tengah jalan ceritanya.
 
Di dalam game The Last of Us kamu akan menjadi sosok Joel, seorang pria paruh baya yang bertahan hidup saat wabah zombie menyerang kotanya, dia bekerja sebagai penyelundup waktu itu. Situasi yang runyam ini bertambah parah ketika Joel mendapat tugas mengantarkan seorang gadis polos bernama Ellie untuk melintasi United State.
 
Adegan di mana ia kehilangan putrinya terasa begitu memilukan. Namun Joel tidak pernah menyerah, caranya mencintai dan melindungi Ellie sungguh luar biasa.
 
Setiap karakter baru yang muncul di tengah cerita game ini disampaikan dengan apiknya, seolah-olah mereka adalah manusia sungguhan, dengan segala masa lalu yang telah mereka alami.
 
Jika kamu pecinta video game, melewatkan alur cerita dari sosok Joel jelas hal yang haram hukumnya. Kamu bisa mengajak teman atau pacar mu untuk bermain (atau nonton) bareng, walau mereka bukan gamer sekalipun. Karena cerita Joel dan Ellie dijamin akan memotivasi semua orang, baik tua maupun muda.
 
2. Clementine, The Walking Dead


Clementine, yang akrab dipanggil Clem oleh teman-temannya, adalah tokoh utama dalam seri game The Walking Dead. Dia merupakan seorang gadis muda yang memiliki sifat dewasa, baik dan sopan, ia bertindak sebagai kompas moral dalam kelompoknya di dalam game. Setelah kehilangan orang-orang terdekatnya, Clementine menjadi keras dan lebih dewasa dalam pandangannya.
 
Seiring berjalannya waktu, Clementine menjadi semakin keras dan kuat pendiriannya, tidak mempercayai orang lain dan terus melakukan apa pun yang dia anggap benar untuk tetap bertahan hidup. Dia memegang teguh keyakinan bahwa tidak ada hal baik yang akan keluar dari kelompok itu lagi, karena telah terjadi perebutan kekuasaan di dalam kelompoknya.
 
Dia memutuskan untuk pergi dari kelompok yang semakin tidak jelas itu, dan dia menjadi individu yang jauh lebih mandiri, membuat pilihan sendiri berdasarkan keyakinan dan nilai dirinya sendiri. Gadis kecil ini bahkan menjahit luka-lukanya sendiri tanpa berteriak untuk menyelamatkan hidupnya dari serangan musuh.
 
Itu hanya beberapa hal yang dilakukan Clementine dalam video game The Walking Dead, dan karakter itu memiliki banyak momen inspiratif lainnya. Kata-kata yang dia ucapkan sangat matang untuk seorang gadis muda. Setelah melihatnya beraksi, kamu baru akan mengerti mengapa dia menjadi karakter favoritku.
 
3. Max Payne


Max Payne adalah detektif polisi Amerika yang melakukan aksi kekerasan, nakal, hampir tak terbendung, ulet, dan tanpa henti melawan penjahat, begadang beberapa malam sambil mencari kebenaran pada misteri yang ia temukan dalam hidupnya. Dan tanpa ampun membawa kematian untuk semua orang yang pernah membuatnya sakit.
 
Seri Max Payne adalah thriller neo-noir, Pada mulanya Max Payne berperan sebagai seorang polisi dan agen khusus, tetapi begitu pasangan dan keluarganya dibunuh dan dia dijebak, saat itulah hal-hal menjadi menarik dan kamu bisa melihat beberapa perkembangan karakter yang luar biasa ini.
 
Dia membalas dendam bertujuan untuk memadamkan kejahatan yang menghantui negaranya. Payne bertanggung jawab untuk melumpuhkan keluarga kriminal Punchinello, menghancurkan Nicole Horne 's Aesir Corporation, mengakhiri pembuatan dan perdagangan obat Valkyr dan bersama dengan Mona Sax, memusnahkan tentara tentara bayaran dan gangster dari bos Mafia Rusia.
 
Dia berani menghadapi apapun demi menegakkan kebenaran, bahkan dia merelakan pekerjaan dan hidupnya demi menghabisi semua penjahat di kotanya. Max Payne bukan hanya motivasional, tapi dia adalah antihero klasik.
 
Kata-katanya yang selalu saya ingat adalah "Cara saya melihatnya ... ada dua jenis manusia, mereka yang menghabiskan hidup mereka untuk mencoba membangun masa depan. Dan mereka yang menghabiskan hidup mereka untuk mencoba membangun kembali masa lalu."
 
4. Max Caulfield, Life is Strange


Max Caulfield adalah siswa kelas 12, karakter protagonis utama dari video game Life Is Strange. Dia adalah seorang gadis remaja yang menurut saya sempurna. Max memiliki kemampuan spesial yaitu dia mampu memundurkan waktu. Ini sepertinya kekuatan yang ideal, yang diinginkan oleh banyak orang di dunia. Mungkin termasuk kamu pun menginginkannya.
 
Sambil mempertahankan pekerjaan dan sekolahnya, ia harus menemukan cara untuk menyelamatkan kota. Di awal permainan, Max mendapat visi di mana dia melihat badai menerobos kota dan menghancurkannya, dan membunuh semua teman dan keluarganya.
 
Di sepanjang permainan dia terus berjuang, mencoba menyelamatkan orang-orang yang dia cintai. Disinilah seorang karater game memberi saya pandangan baru mengenai suatu hal. Max berjuang mati-matian mengorbankan hidupnya, saya tidak tahu apakah saya sendiri bisa melakukan hal itu jika berada di posisinya.
 
Sejak saat itu, kemampuan memundurkan waktu tidak lagi saya inginkan. Itulah hal yang saya kagumi dari karakter game ini. Tapi bagiku, Max menangani kekuatannya layaknya seorang profesional.

5. Elizabeth, Bioshock Infinite

Elizabeth adalah wanita berusia sembilan belas tahun yang telah dipenjarakan di Columbia sejak ia masih bayi. Dia dipenjara karena mitos yang berlaku di negara dimana ia dilahirkan. Tapi meskipun sudah bertahun-tahun terisolasi, Elizabeth memiliki semangat yang sama seperti anak kecil lainnya, ditunjukkan dalam interaksinya dengan lingkungan sekitarnya.
 
Satu-satunya hal yang menemaninya di penjara adalah buku menjadikan Elizabeth tumbuh menjadi sumber informasi yang mengetahui banyak pengetahuan, mulai dari lock-picking hingga perawatan medis.
 
Elizabeth bukan hanya salah satu karakter video game Bioshock Infinite yang paling memotivasi, dia juga yang paling menarik. Meskipun di awal cerita seorang pemain bernama “booker” menyelamatkannya, kamu jangan tertipu untuk berpikir bahwa dia adalah wanita biasa yang sedang menunggu bantuan seseorang.
 
Yang membuat saya tidak bisa melupakan Elizabeth adalah semangat dan kecerdasannya. Sebuah dialog Elizabeth dengan booker:
 
" Booker, apakah kamu takut pada Tuhan?"
"Tidak. Tapi aku takut padamu. "
- Elizabeth dan Booker DeWitt
 
Itulah 5 karakter paling Inspiratif dan memotivasi hidupku. Jika kalian punya karakter-karakter lain, silahkan ditambahi ya. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih sudah sudi untuk mampir di trit sederhana ane.
 
Referensi: pengalaman pribadi ditambah data penunjang dari FANDOM wikia.com
Kredit gambar:

Spoiler for "Pictures Credit":


emoticon-Cendol Gan
0
22K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan