Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

awalpermataAvatar border
TS
awalpermata
[FR] Kamis Makin Berilmu Di Kamis Komunitas Wujudkan Mimpi Jadi Aksi

alhamdulillah di hari kamis 17 Mei 2018, ane berkesempatan mengkuti kembali Kamis Komunitas. ada yang udah tau belum kalau KASKUS punya acara baru yaitu Kamis Komunitas (KAMKOM), acara yang mengundang narasumber dari berbagai komunitas, di acara Kamis Komunitas kita bisa ketemu sama anggota dari berbagai komunitas baik yang ada di KASKUS maupun di luar KASKUS dan bisa saling berbagi cerita satu sama lain.
Kamis Komunitas di adakan setiap bulan di hari kamis minggu pertama, di acara Kamis Komunitas kali ini mengankat tema "Wujudkan Mimpi Jadi Aksi"

[FR] Kamis Makin Berilmu Di Kamis Komunitas Wujudkan Mimpi Jadi Aksi
image from https://kask.us/iwNqq

sebelum mulai Kamis Komunitas, di hibur dulu sama Kaskustikan bar makin semangat


sebelum mulai para kaskuser dan komunitas lainnya yang hadir bersiap buat buka puasa bersama dulu
[FR] Kamis Makin Berilmu Di Kamis Komunitas Wujudkan Mimpi Jadi Aksi

[FR] Kamis Makin Berilmu Di Kamis Komunitas Wujudkan Mimpi Jadi Aksi

Tentang Gerakan Indonesia Mengajar
Inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia.

Mengapa Indonesia Mengajar?
Indonesia Mengajar tak berambisi hadir sebagai solusi yang menyelesaikan seluruh persoalan pendidikan di Indonesia. Namun begitu, kami meyakini bahwa kehadiran putra-putri terbaik Indonesia sebagai guru akan ikut mendorong peningkatan kualitas pendidikan kita. Melalui Indonesia Mengajar, para calon pemimpin memiliki kesempatan mengembangkan pemahaman akar rumput Indonesia, yang beraneka ragam dan memiliki persoalan-persoalan yang juga kompleks. Selain itu, masa petualangan ini merupakan wahana pendewasaan diri dan latihan kepemimpinan yang alami.
Indonesia Mengajar memfasilitasi para guru tersebut (disebut Pengajar Muda) untuk tinggal, hidup dan belajar dari masyarakat setempat selama satu tahun. Mereka bekerja di sekolah dasar dan tinggal di rumah penduduk bersama keluarga baru mereka. Tantangan, hambatan dan segala pengalaman akan membentuk karakter kepemimpinan sekaligus merajut tenun kebangsaan yang lebih kokoh. Apa yang mereka lewati akan menjadi pelajaran seumur hidup bagi mereka. Sementara itu, inspirasi yang mereka bagi di sekolah dan masyarakat akan menjadi memori seumur hidup bagi anak-anak dan masyarakat di sana.

"Secara garis besar, Indonesia Mengajar bicara tentang dua hal: Pendidikan dan Pemimpin"
[FR] Kamis Makin Berilmu Di Kamis Komunitas Wujudkan Mimpi Jadi Aksi

Terkait pendidikan, Janji kemerdekaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa menginspirasi program ini. Janji kita semua itu, hingga kini belum bisa kita wujudkan secara sempurna. Ada sebagian bangsa Indonesia yang terlunasi Janji Kemerdekaan-nya. Dengan pendidikan yang mereka raih, mereka dapat mencapai kehidupan yang lebih baik untuk diri dan keluarganya. Tetapi, tidak sedikit saudara kita yang masih menunggu lunasnya janji itu. Mereka belum mendapat pendidikan yang layak , mereka belum terangkat kehidupan ekonomi dan sosialnya.

Indonesia Mengajar percaya Janji Kemerdekaan adalah janji kita semua. Kita yakin pendidikan adalah satu gerakan bangsa dan bukan semata tugas pemerintah. Karenanya, daripada sekedar "mengutuk kegelapan", kami memutuskan untuk ikut bertindak, meski hanya bagaikan menyalakan Lilin yang kecil. Indonesia Mengajar terdorong berbuat sesuatu--yang terbaik yang bisa dilakukan--demi kemajuan pendidikan di Tanah Air dan terlunasinya Janji Kemerdekaan itu.

"Anak-anak Indonesia membutuhkan kompetensi kelas dunia serta pemahaman empatik yang mendalam laksana akar rumput meresapi tanah tempatnya hidup"
[FR] Kamis Makin Berilmu Di Kamis Komunitas Wujudkan Mimpi Jadi Aksi

Dengan kompetensi global, Indonesia akan sanggup bersaing di tingkat dunia. Sementara itu, dengan pemahaman akar rumput, Indonesia akan sanggup berpijak dan mengabdi bagi kepentingan nasionalnya, demi memenuhi semua janji kemerdekaan bagi rakyatnya.
Karena itu, Indonesia Mengajar ingin ikut berperan agar para calon pemimpin bangsa, yakni anak-anak muda yang siap dengan kompetensi kelas dunia, memiliki kesempatan berinteraksi dan tumbuhkan pemahaman empatik akar rumput negerinya. Dengan demikian, mereka akan menjadi pemimpin masa depan yang tetap menapak di Bumi Pertiwi.

Indonesia Mengajar yakin bahwa "Setahun Mengajar, Seumur Hidup Menginspirasi"
[FR] Kamis Makin Berilmu Di Kamis Komunitas Wujudkan Mimpi Jadi Aksi

Indonesia Mengajar menempatkan sarjana-sarjana terbaik di pelosok negeri. Kehadiran mereka adalah untuk mengajar, mendidik, menginspirasi dan menjadi jembatan bagi masyarakat desa-desa terpencil dengan pusat-pusat kemajuan. Di pelosok negeri, para Pengajar Muda (guru-guru tersebut) akan memiliki kawan baru, rumah baru, dan keluarga baru. Kelak, desa-desa tersebut akan selalu menjadi bagian tak terpisahkan para calon pemimpin tersebut.
Begitu juga sebaliknya, para Pengajar Muda akan meninggalkan ilmu, inspirasi dan kenangan di masyarakat desa di pelosok negeri. Tanda pahala para Pengajar Muda akan membekas di setiap prestasi anak-anak dan di setiap kemajuan di desa-desa tempat mereka pernah tinggal. Indonesia Mengajar yakin bahwa semua itu adalah rajutan erat yang akan menguatkan tenun kebangsaan kita.



[FR] Kamis Makin Berilmu Di Kamis Komunitas Wujudkan Mimpi Jadi Aksi

APA ITU SAVE STREET CHILD ?

Save Street Child adalah sebuah organisasi yang berawal dari gerakan di media massa yang diinisiasi oleh Shei Latiefah. Melalui akun @savestreetchild, 23 Mei 2011 yang lalu, gerakan ini bermetamorfosis menjadi sebuah organisasi independen yang mempersiapkan anak-anak marjinal yang memiliki akses pendidikan minim supaya dapat menjadi generasi penerus bangsa bekal yang memadai: pendidikan dan teman baik. Kita memberi apa yang telah kita terima. Tugas manusia terdidik adalah mendidik manusia lainnya. Untuk itulah, Save Street Child lahir dan menjadi wadah bagi kaum muda untuk berbagi.

APA PROGRAM DARI SAVE STREET CHILD?

Save Street Child mengelola kelas-kelas belajar gratis yang dijalankan oleh tim pengajar yang berdedikasi dan memiliki kepekaan dan cinta dalam mendidik dan berteman dengan adik-adik marjinal. Kelas-kelas tersebut telah melalui mekanisme: survey, pendekatan terhadap warga sekitar, dan perencanaan kecil sebelum akhirnya berjalan sebagai pusat belajar-mengajar. Tim pengajar telah dibekali pelatihan sederhana tentang karakteristik adik-adik dan cara mengajar yang berazaskan pertemanan, bukan hegemoni. Sehingga adik-adik peserta belajar nyaman dan dapat berekspresi sesuai bakatnya.

APA YANG DIAJARKAN DI KELAS SAVE STREET CHILD?

Tiap-tiap kelas belajar Save Street Child dikelola oleh Tim Pengajar yang berdomisili tak jauh dari kelas belajar tersebut, sehingga tidak memberatkan. Adapun hal-hal yang diajarkan mulai dari baca, tulis, hitung, hingga ketrampilan dan keahlian khusus seperti membuat pita, bando yang kemudian bisa dijual untuk tambahan penghasilan bagi keluarga/ diri mereka sendiri. Kami juga secara reguler mengajak adik-adik ikut serta dalam Edutrip yang terselenggara secara serentak setiap 4 bulan sekali.

DIMANA SAJA KELAS SAVE STREET CHILD?

Kelas Save Street Child ada di 6 titik di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bogor. Adapun lokasi dan akun twitter kakak kepala sekolah masing-masing adalah:
- Kelas Kampung Manggah, Depok. Hub: Kak Kepsek @talitazahrah
- Kelas Kampung Beringin, Depok. Hub: Kak Kepsek @niyaadwijayanti
- Kelas Pondok Ranji, Tangerang Selatan. Hub: kak Kepsek @Cynt2
- Kelas Kelapa Dua, Jakarta Barat. Hub: Kak Kepsek @zharfanzayid
- Kelas Cikini, Jakarta Pusat. Hub: kak Kepsek @Dhimsbay
- Kelas Baranangsiang, Bogor. Hub: kak Kepsek @BelaPerdana

JEJARING SAVE STREET CHILD

Organisasi ini juga memiliki jejaring yang memiliki mimpi yang sama: membantu generasi bangsa untuk memiliki akses pendidikan. Dengan mimpi yang sama, namun manajemen yang berbeda, Save Street Child menyebarkan semangat berbagi hingga ke 17 kota: Surabaya, Bandung, Jogjakarta, Medan, Makassar, Manado, Palembang, Padang, Madura, Jember, Blitar, Depok, Pasuruan, Malang, Semarang, Solo dan Mojokerto.

CARA BERGABUNG DENGAN SAVE STREET CHILD

Cara bergabung dalam organisasi ini adalah dengan menjadi:
- Relawan Pengajar:
Relawan pengajar ini hanya dibuka ketika ada lowongan di tiap-tiap kelas belajar di Jabodetabek. Selalu pantau linimasa twitter di: @SaveStreetChild

- Donatur:
Save Street child juga mengajak anda untuk berinvestasi di masa depan dengan menjadi donatur yang dapat menyokong kebutuhan belajar adik-adik di tiap-tiap kelas.

- Supporter:
Save Street Child juga senang menerima kehadiran supporter yang menyebarkan semangat berbagi di akun-akun media sosialnya masing-masing.

SAVE STREET CHILD BISA DIHUBUNGI DI MEDIA SOSIAL
Blog: www.savestreetchild.org
Twitter: www.twitter.com/savestreetchild
Facebook: www.facebook.com/savestreetchild
Google + : savestreetchild@gmail.com
E-mail: gerakan@savestreetchild.org
Call Center: +62856 450 66 305


photo-photo dulu sebelum pulang biar makin mangstab gan
[FR] Kamis Makin Berilmu Di Kamis Komunitas Wujudkan Mimpi Jadi Aksi

Diubah oleh awalpermata 31-05-2018 07:28
0
923
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan