c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Yordania Punya Cerita






Yordania, negara tandus yang mempunyai banyak cerita dan kisah tentang orang-orang terdahulu, siapa sajakah itu ? Mari kita menelusuri Yordania dengan berbagai kisah menarik.



Yordania terletak di antara Israel dan Palestina di sebelah barat, Suriah dan Lebanon di utara, dan Irak di bagian timur serta Arab Saudi di selatan. Ketika perang saudara mulai berkecamuk di Suriah tahun 2011, Yordania menjadi salah satu tujuan pengungsi.

Kisah yang menjadi cerita yang bersejarah dan di percaya hingga kini, cerita orang-orang suci yang pernah ada di Yordania, dengan bebagai macam peninggalannya. Bahkan tak hanya itu kota Amman sebagai ibukota Yordania masih berdiri bangunan-bangunan khas Romawi. Selain Amman ada kawasan Petra yang menjadi keajaiban dunia, memang Yordania menjadi kota suci tiga agama, bersanding dengan Israel, Mesir dan Palestina. Negara ini menjadi bagian bagian dari Holy Land, Tanah Suci bagi orang Yahudi, Kristen, dan Islam.



Nah disini ada kisah cerita tentang gunung Nebo, gunung yang menjadi akhir perjalanan nabi Musa, dari atas puncak gunung ini kita dapat melihat Hebron, Dead Sea (Laut Mati), Herodium, Bethlehem, Qumiran, Jerusalem (Bukit Olives), Ramallah, Jericho dan Nablus. Kota-kota tersebut termasuk dalam tanah perjanjian yang diperlihatkan Nabi Musa oleh Tuhan dari atas Gunung Nebo ini. Disini juga terdapat kisah tongkat musa berubah menjadi ular dan memberikan kesembuhan pada bani Israel, untuk itu didirikan tiang Ular dari perunggu yang dibuat oleh seniman Italia yang bernama Giovanni Fantoni. Bahkan hingga saat ini ularpun menjadi lambang kesembuhan para petugas kesehatan di dunia. Dan di wilayah ini terdapat kisah bahwa nabi Musa wafat, walau hingga kini tak diketahui dimana kuburannya.



Setelah kisah tentang nabi Musa di Yordania terdapat makam nabi Nuh yang terkenal dengan nabi yang membuat perahu besar, yang kaumnya ditenggelamkan oleh banjir besar. Tak hanya nabi nuh kota para nabi itu juga terdapat makam nabi Yusya, Luth dan Yahya dan dianggap mereka berada di wilayah ini.

Bahkan kisah legenda ashabul kahfi kamu bisa temukan di negara ini lengkap dengan gua dan makam ketujuh orang suci beserta anjingnya yang ditidurkan selama 309 tahun.



Namun sayang negara para nabi itu hidup dalam kemiskinan berbeda dengan negara arab lainnya, Yordania tak mempunyai minyak mereka hanya mengandalkan pertanian dan masih banyak import dari negara lainnya hingga utang negara pun menumpuk, Yordania mempunyai kisah yang perih dibalik megahnya wisata suci di negaranya. Beruntunglah Indonesia yang masih banyak kekayaan alam yang bisa dikelola, bagaimana bila kita seperti Yordania ? Mungkin saja negara ini sudah banyak yang mengeluh, wong sudah kaya sumber alam saja masih ngeluh emoticon-Big Grin, monggo seruuputtt dolo gan



c4punk@2018


Referensi tulisan

http://www.beritasatu.com/food-travel/408142-yordania-surga-bagi-wisman-dan-pengungsi.html





0
16.1K
172
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan