Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pratediningwAvatar border
TS
pratediningw
Soichiro Honda - The Power of Dream
Soichiro Honda - The Power of Dream
Honda? pasti Agan tidak asing dengan nama satu ini. Yups, Honda adalah pabrikan otomotif kelas dunia. Produk-produknya antara lain; motor, mobil, pesawat jet, hingga robot lucu asimo.
 
Perusahaan go internasional, kerenlah produknya. Tapi bagaimana proses perjuangannya?
 
Soichiro Honda, pendiri perusahaan Honda yang demen banget sama mesin terutama mesin mobil sejak usianya masih belia. Karena demen banget sama mesin, akhirnya ayahnya mengerti betul tentang ambisi anaknya, akhirnya sang ayah mengenalkan Soichiro Honda kepada seorang kenalan di Tokyo bernama Kashiwabara, seorang direktur bengkel mobil bermana Art.
 
Bukannya menjadi seorang teknisi mesin. Soichiro Honda ditugaskan sebagai pengasuh bayi direktur bengkel Art. Dan dari sinilah perjalanan karier Soichiro Honda dimulai. Hmm


Walau hanya sebagai pengasuh bayi, tapi Soichiro Honda tidak lupa dengan minatnya, yaitu mesin. Soichiro Honda sering mencuri-curi waktu saat bengkel tutup untuk sekedar melihat dan menganalisis mesin mobil. Untuk menambah wawasan tentang mesin, Soichiro juga membaca buku. Buku pertama yang beliau baca ialah "Sistem Pembakaran Dalam".
 
Suatu ketika saat bengkel ramai, Soichiro diajak majikannya untuk membantu bengkel. Kesempatan ini beliau manfaatkan dengan menunjukkan kemampuannya membetulkan mesim mobil Ford model T pada 1908. Awalnya teknisi lain meragukan kemampuannya, Soichiro mulai membongkar mobil dan berhasil membetulkan mobil tersebut.
 
Karena prestasi tersebut. Soichiro dipercaya menjadi kepala bengkel di kota Hamamatsu (cabang baru Bengkel Art)Soichiro Honda - The Power of Dream


Soichiro Honda - The Power of Dream

 
Keinginan membuat mobil sendiri mulai muncul dibenak Soichiro. Soichiro tidak ingin mengambil mesin mobil dari merek lain. Akhirnya Soichiro putuskan untuk menguasai teknik membuat ring piston dahulu.
 
Akan tetapi usaha Soichiro membuat ring piston selalu gagal. Akhirnya beliau pergi ke Sekolah Tinggi Hamamatsu jurusan mesin. Dan mendapatkan informasi bahwa ada campuran lain yang diperlukan untuk membuat ring piston, salah satunya silikon.
 
Karena merasa banyak hal yang perlu dipelajari, Soichiro berkeinginan berkuliah. Walaupun saat itu Soichiro sudah berumur 28 tahun. Dan 3 tahun kemudian, ring piston berhasil dibuatnya. Pada tahun 1938, Soichiro mendirikan pabrik pembuatan ring piston. Akan tetapi tahun 1945 pabriknya hancur dibom sekutu dan Jepang menyerah tanpa syarat.
 
Saat pabrik hancur, seorang teman menawarkan Soichiro untuk memanfaatkan mesin pemancar radio bekas perang berjumlah 500 buah. Soichiro pun berniat membuat sepeda motor dengan mesin pemancar radio dan produknya diberi mana Dream D.
 
Soichiro tidaklah sendiri. Beliau bermitra dengan Fujisawa seorang marketer hebat. Sebelum Dream D dipasarkan, Fujisawa menguji Dream D kepada masyarakat. Ternyata ada masalah kebisingan karena Dream D masih memakai mesin 2 tak. Fujisawa memaksa Soichiro menciptakan mesin 4 tak yang lebih tidak berising. Mesin 4 tak berhasil dibuat dan menjadi No 1 di Jepang.
 
Sekarang perusahaan Honda menjadi salah satu perusahaan otomotif besar yang bersaing dengan Yamaha, Toyota, dan merek dari perusahaan lain. Bagaimana menurut Agan? 

Soichiro Honda - The Power of Dream

tarmujitar16
pakolihakbar
pakolihakbar dan tarmujitar16 memberi reputasi
2
2K
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan