pengibulanAvatar border
TS
pengibulan
Warga Kaltim Gigit Jari, Jokowi Batalkan Proyek Kereta Api Borneo


Masyarakat Kalimantan Timur, khususnya di Penajam Paser Utara, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, dan Kutai Timur, harus gigit jari. Keinginan menikmati sarana transportasi masal kereta api tinggal jadi mimpi. Presiden Joko Widodo membatalkan proyek tersebut sebagai proyek strategi nasional (PSN).

Proyek Kereta Api Borneo itu termasuk satu di antara 14 proyek yang tercoret dari daftar PSN. Adapun total 14 proyek yang dicoret itu, semestinya menelan dana Rp246 triliun.

“Dari hitung-hitungan itu, di kuartal I 2018 ini, didrop 14 proyek, nilainya Rp264 triliun,” ujar Menteri Koordinator Pereknomian, Darmin Nasution.

Alasan pemerintah mengeluarkan 14 proyek dari daftar PSN karena seluruh proyek tersebut memang belum bisa direalisasikan.

Tanda-tanda Kereta Api Borneo tercoret dari PSN sudah muncul sejak Februari lalu. Saat itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Kereta Api Borneo termasuk salah satu yang masuk daftar dievaluasi dan bakal dicoret dari PSN.

“Kami evaluasi kereta api di Kalimantan. Itu karena swasta minta jaminan. Padahal, ketentuan tidak ada jaminan,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (21/2).
Proyek Kereta Borneo Sudah Diresmikan Presiden Jokowi pada 2015 Lalu.

Seperti yang Kaffah.Net kutip dari laman berita resmi pemerintah Setkab.go.id yang memberitakan saat peresmian proyek tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana dan sejumlah menteri meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek-proyek strategis Kalimantan Timur, yang dipusatkan di Kawasan Industri Buluminung, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kamis (19/11/2015) sore.

Proyek-proyek strategis Kalimantan Timur yang diresmikan groundbreaking-nya oleh Presiden Jokowi di Kabupaten Penajam Paser Utara itu adalah:

Kereta Api Borneo;
Kawasan industri Buluminung (10 Technopark):
Pelabuhan Buluminung;
Jalan tol Balikpapan-Samarinda: dan
Jembatan Pulau Balang.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengaku senang sekali hari ini bisa melakukan groundbreaking proyek-proyek infrastruktur yang akan dibangun di Kalimantan Timur. Tapi ia mengingatkan, yang namanya sudah groundbreaking itu harus segera proyeknya dimulai.

“Saya pastikan, 3-4 bulan lagi pasti akan saya cek. Kalau bekerja dengan saya jangan hanya groundbreakang-groundbreaking. Pasti akan saya cek,” kata Presiden Jokowi.
Komentar Warganet

“Aneh juga, belum ada kesepakatan dgn investor soal jaminan. Kenapa tahun 2016 sdh diresmikan pak @jokowi.Rakyat kadung berharap, kadung beri apresiasi, ternyata omong kosong. Piye iki rek. Mosok presiden cuma disuruh gunting pita?” kata @ferrykoto

“Sudah dari 2014 saya tau orang ini @jokowi gak bisa apa-apa kecuali nipu.” tulis @zenstrive

“Kan memang tugas nya hanya buat seremonial yang gini gini aja ….jangan kan gunting pita lah masuk got aja mau Kalo buat liputan media mah.” timpal @syamstories

Aneh juga, belum ada kesepakatan dgn investor soal jaminan. Kenapa tahun 2016 sdh diresmikan pak @jokowi.

Rakyat kadung berharap, kadung beri apresiasi, ternyata omong kosong. Piye iki rek. Mosok presiden cuma disuruh gunting pita?

[url]https://S E N S O RWsFnLn6wtC[/url]

— Ferry Koto (@ferrykoto) May 26, 2018

Sudah dari 2014 saya tau orang ini @jokowi gak bisa apa-apa kecuali nipu.

— Eko Prasetyo (@zenstrive) May 27, 2018

Kan memang tugas nya hanya buat seremonial yang gini gini aja ….jangan kan gunting pita lah masuk got aja mau Kalo buat liputan media mah.

— syams (@syamstories) May 26, 2018

kolam



quote ini ajaemoticon-Big Grin
Quote:

0
2.5K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan