- Beranda
- Komunitas
- News
- Entrepreneur Corner
Tips Dan Strategi Memulai Usaha


TS
tpbolon
Tips Dan Strategi Memulai Usaha



Bisnis kuliner merupakan sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan dan menguntungkan meskipun harus memulainya dengan modal kecil namun memiliki ide serta strategi yang tepat.Banyak orang merasa kesulitan untuk memulai bisnis ataupun usaha hanya dengan alasan keterbatasan modal.
Akan tetapi sesungguhnya peran uang sebagai modal usaha hanya berperan sekitar 10% untuk menjamin keberhasilan dari bisnis yang akan dijalankan.
Selebihnya adalah modal yang bukan berupa uang namun harus dimiliki oleh semua orang yang akan memulai usaha yaitu:
- Pengalaman
Pengalaman adalah modal yang paling penting dari semua modal yang diperlukan dalam memulai usaha. Ini bisa digunakan sebagai titik sentral didalam menentukan jenis usaha yang akan dijalani.
- Pengetahuan
Dengan semakin banyaknya pengalaman maka pengetahuan juga akan menyeimbanginya. Dengan pengetahuan diharapkan kita bisa menguasai pasar dengan baik.
- Skill (Keahlian)
Bila mempunyai skill tertentu (dalam hal ini memasak) tentunya akan jauh lebih baik lagi untuk mendukung sebuah bisnis kuliner. Usaha yang dilandaskan oleh skill akan cepat pertumbuhannya dibandingkan dengan usaha yang tidak dlandasi dengan keahlian.
- Keberanian
Maksud dari keberanian disini adalah berani mengatasi rasa takut menanggung resiko yang akan datang.
- Kreativitas dan Inovasi
Buat masakan-masakan yang beda dari rumah makan lainnya. Gunakan kreativitas untuk membuat resep-resep baru yang dapat menjadi ciri khas dari usaha makanan yang kita jalankan.
- Semangat
Dukungan semangat dari rekan-rekan juga merupakan modal yang tidak kalah bernilainya dari sekadar modal uang.
Faktor penting dan strategi memulai usaha bisnis kuliner
Modal dana serta kemampuan personal sudah dimiliki, selanjutnya adalah langkah penting yang perlu diterapkan untuk suksesnya sebuah bisnis kuliner dengan mempertimbangkan beberapa aspek berikut ini.
1. Menentukan lokasi tempat usaha yang strategis

Ini poin yang teramat penting dan mendukung lebih dari 50% akan keberhasilan sebuah bisnis kuliner yang dipilih.
Menemukan tempat lokasi usaha yang strategis tidak begitu sulit dengan cara kita peka terhadap situasi serta perkembangan lingkungan sekitar.
Usaha makanan sebaiknya harus memilih tempat dimana lingkungannya adalah orang sibuk serta memiliki daya beli yang tinggi.
Contoh lokasi bisnis makanan yang paling ideal adalah seperti area kampus, perkantoran, terminal, dan area wisata.
2. Membuat tempat usaha yang menarik dan nyaman

Lokasi strategis telah dimiliki selanjutnya adalah memikirkan tentang ketertarikan konsumen ketika melihat gerai, kedai, resto, ataupun warung makan yang sudah anda bangun.
Ciptakan nuansa yang unik sehingga mereka bisa tertaik ketika pertama kali melihatnya.
Jangan pernah mengabaikan kenyamanan pengunjung karena ini akan memberikan sensasi tersendiri sehingga mereka merasa ingin kembali mengunjungi tempat anda.
Membuat kondisi lingkungan usaha kuliner nyaman dan menarik meliputi beberapa hal diantaranya adalah:
- Kebersihan adalah poin paling utama
- Tidak terlalu sempit untuk duduk dan menikmati makanan
- Sirkulasi udara yang bebas
- Berikan sedikit hiburan, TV, Musik, WiFii dll.
3. Utamakan cita rasa olahan yang disajikan

Rasa makanan adalah segalanya bagi konsumen sehingga mereka yang akan menilai kualitas dari sajian kuliner yang anda hidangkan.
Demi kelangsungan bisnis kuliner tetap berkembang maka beranilah untuk merekrut orang yang benar benar ahli dalam bidang ini khususnya memasak.
Konsumen yang penggila kuliner akan berani membayar lebih mahal dengan kualitas citarasa yang tinggi.
Mereka tidak akan pernah kecewa yang kemudian akan kembali dengan membawa konsumen lain untuk ikut merasakan hasil olahan di tempat anda.
Makanan enak tidak harus dibuat dengan bahan yang mahal, mempertimbangkan modal usaha yang kecil, maka membuat jenis masakan sederhana tetap dapat menjadi pilihan yang menjanjikan.
4. Pemilihan nama tempat usaha kuliner yang unik

Menamai warung, resto ataupun kafe dengan kata dan istilah istilah yang unik akan membuat kesan pertama yang bisa membuat konsumen ingin mencobanya.
Meskipun sajian makanan yang disediakan adalah bukan makanan khas alias sudah umum, namun tidak ada salahnya jika di tambahkan dengan seruan yang lebih menggoda konsumen.
Strategi pemasaran paling jitu untuk usaha kuliner
Setelah semua itu sudah tertata rapi dalam suatu konsep yang matang, langkah berikutnya yang kita lakukan adalah memasarkan usaha kuliner yang telah kita rintis.
Banyak cara yang dapat dilakukan dalam memasarkan suatu usaha kepada konsumen, misalnya melaui iklan, brosur, dan spanduk atau dengan memasang papan nama dengan ukuran yang besar agar mudah dibaca dan harus tampak dengan jelas.
Spoiler for Tengokin juga gan sis, threat ane yang lain:
0
1.1K
1


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan