fadillaazeazaAvatar border
TS
fadillaazeaza
Mempelajari diplomasi ala Jepang
Ngurus visa bukanlah hal yang gampang. Udahlah jaminan lulusnya gak 100%, terkadang kocek yang dikeluarkan juga harus dalam. Apalagi bila passport yang kita pegang bukanlah passport "berpengaruh". Ingin melancong ke suatu negara jadi rada susah karena terhambat urusan visa. Bahkan gak sedikit kisah orang-orang yang gagal pergi ke suatu negara karena gak dapat visa untuk ke negara tujuan. Padahal hotel dan tiket udah dipesan. Jadi untuk mengisi menu malam minggu agan dan aganwati, ane si anak teknik coba-coba untuk ngebahas bahasan yang bukan ranah ane. Ya maap-maap kalau ada kesalahan yak.
emoticon-Toast
Passpor Jepang menjadi passpor terkuat di dunia
Beberapa hari ini, baik itu di kaskus, ataupun di portal berita yang beredar di dunia maya [1], banyak pemberitaan tentang naiknya peringkat Jepang dalam dunia "pem-pasportan" (bener gak sih bahasa ane?). Jepang digadang-gadangkan sebagai negara yang akhirnya menyalip singapura yang sebelumnya berada di posisi puncak sebagai passport yang paling kuat di dunia. Gak main-main, ada 189 negara yang bisa dikunjungi oleh pemegang passport Jepang tanpa harus capek-capek membuat visa (kalaupun harus ada visa, visa nya adalah visa on arival).
Quote:


Siapa yang menyatakan bahwa Passpor Jepang yang terkuat?
Passpor Jepang dinyatakan sebagai passpor yang terkuat didasarkan dari Index Passpor Henley.
Quote:


Jepang sebagai negara untuk mempelajari ilmu politik
Hal ini tidak kah menimbulkan pertanyaan? Diplomasi seperti apakah yang dilakukan oleh pemerintah Jepang hingga mendapat kepercayaan lebih dari 180 negara di dunia? Tampaknya kali ini kita-kita bisa berpikir bahwa Jepang tidak hanya dapat dijadikan sebagai negara tujuan belajar tentang teknologi, melainkan juga ilmu politik. 
Apa hubungannya Visa dan kekuatan diplomasi?
Mungkin agan dan agan wati bertanya, apa hubungannya visa dan diplomasi? Ane sebagai orang yang berkecimpung dalam dunia teknik juga mencoba mencari jawaban yang pas. (semoga agan yang emang pakar dalam dunia ilmu politik juga berbagi ama kita)
Quote:


Maka dari itu tidak heran bila muncul pertanyaan, apa yang dilakukan Jepang sehingga banyak negara yang hendak berhubungan dengannya?
Dasar Diplomasi Jepang
Berdasarkan cetak biru yang diterbitkan pada tahun 1973, berikut ini point-point dasar diplomasi Jepang [8]
Quote:



Kemungkinan kenapa banyak negara hendak mempunyai hubungan diplomasi dengan Jepang
1. Orang Jepang suka Jajan. (karena penghasilan mereka yang besar, maka mereka gak segan-segan dan gak nanggung-nanggung ketika belanja di negara yang dikunjungi, sehingga memberi keuntungan besar buat negara yang dikunjungi tersebut.
2. Penerapan hukum yang kuat. 
3. Jepang menjadi pendonor (uang) untuk berbagai negara, bahkan Indonesia dan Singapura.
4. Selalu menjaga hubungan baik dengan negara-negara tetangga [7]


60 tahun hubungan diplomasi Indonesia - Jepang



lalu bagaimana posisi kekuatan passpor Indonesia?
Sedangkan dengan menggunakan passport Indonesia, ada 70 negara yang bisa kita sambangi tanpa visa ataupun dengan menggunakan visa on arrival.Hal ini menempatkan negara tercinta ini di posisi ke-6 pada negara-negara Asia tenggara. (Di bawah Thailand dan di atas filipina). Sedangkan untuk peringkat dunia, kita berada di peringkat 67.

Apa alasan yang membuat passpor Indonesia tidak se-setrong passpor Jepang?
Mengacu pada artikel [5] beberapa alasan berikut yang kemungkinan menjadikan passpor Indonesia lemah menurut terjemahan ane gan:
Quote:



Menurut agan gimana? 
Diplomasi seperti apa yang dapat kita lakukan agar akses kita ke negara lain semakin mudah ?
Quote:




emoticon-Salam Kenalemoticon-Shakehand2

Quote:


Spoiler for panduan kuliah di Jepang:


Diubah oleh fadillaazeaza 25-05-2018 14:01
0
1.2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan