pharmacyaddictAvatar border
TS
pharmacyaddict
Mengenal Sedikit tentang Artificial Intelligence (AI) dan GLaDOS




Halo emoticon-Malu, ane mau share sedikit nih info tentang Artificial Intelligence a.k.a AI.
Sebelumnya, ane yakin pasti hampir semua agan dan sista disini pasti uda ketemu atau berinteraksi dengan apa yang namanya AI entah sadar atau tidak, apalagi agan2 yang suka main game yang bertema sci-fi..pasti ketemu.
Tapi pasti masi pada bingung apa itu AI kan?
Yaudah yuk langsung ke tkp emoticon-Malu (S)



Gan, Apa Sih Artificial Intelligence (AI) itu?

Menurut agan apa hayo? apakah dipikiran agan merupakan sebuah komputer pintar? suara robot yang menyebalkan? atau sebuah sistem yang kelak dapat menginvasi manusia ? emoticon-Hammerhmm..sebelum mengetahui dan menyimpulkan definisi dari AI, coba kita lihat beberapa penjelasan dari para ahli berikut.
Quote:

Quote:

Quote:


Dari penjelasan para sepuh di atas, dapat disampulkan bahwa AI atau kalau b.indo nya disebut Kecerdasan Buatan adalah........ kecerdasan yang dibuat emoticon-shakehand.. emoticon-Hammer eh maksud ane adalah sebuah ilmu komputer atau aplikasi yang umumnya dalam bentuk robot, dimana dia memiliki kepintaran layaknya manusia
Sampai sini udah pada ngerti belum?emoticon-Bingung (S) kalau belum mungkin simpelnya AI ini seperti mahkluk pintar yg berwujud aplikasi atau robot.
Kalau di cerita fiksi, bahkan si AI ini bisa punya akal dan pikiran sendiri lho saking pinternya emoticon-Takut (S) dan bisa menginvasi umat manusia bagaikan alien dari planet namek.


Loh, bukannya nyeremin ya gan kalo memang nanti bisa punya akal pikiran sendiri? emoticon-Takut (S). Tujuan kita buat ginian memangnya buat apa sih?

Kalau menurut om Winston dan om Prendergast (1984), tujuan kita membuat AI itu ada 3, yaitu; membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama), memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah), dan membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial).
Hmm..oke coba kita bahas satu2.

Quote:

Quote:


Quote:



Hoo gitu ya gan, btw itu kan tujuannya ya, kira2 ada ga keuntungannya yg lain dan kerugiannya?

Tentunya ada dong emoticon-Malu (S). AI ini udah banyak lho membantu dalam berbagai bidang di berbagai tempat. Tapi pros n cons secara umumnya sih seperti ini:

Pros (+)
AI bersifat permanen- maksudnya kecerdasan mereka dapat digunakan berulang2. maybe emoticon-Ngacir
AI menawarkan kemudahan - tentunya karena berbagai data dari kecerdasan manusia telah disimpan di AI, kita jadi bisa mudah mengaksesnya lagi
AI bersifat konsisten dan teliti - artinya kecerdasan mereka itu ga akan berkurang, simpelnya mungkin mereka ga bakal bodo kali yaemoticon-Hammer (S)
AI dapat didokumentasi - bisa disimpen buat generasi berikutnya emoticon-shakehand

Cons (-)
Pertama, teknologi artificial intelegensi tidak memiliki common sense. common sense sendiri sih sesuatu yang membuat kita tidak sekedar memproses informasi, namun kita mengerti informasi tersebut. Kemengertian ini hanya dimiliki oleh kita sebagai manusia emoticon-army
Kekuda..eh kedua, kecerdasan yang ada pada artificial intelligence terbatas pada apa yang diberikan kepadanya (terbatas pada program yang diberikan). Alat teknologi artificial intelligence tidak dapat mengolah informasi yang tidak ada dalam sistemnya. Jadi misal kita memprogram dia untuk memotong rumput halaman tapi ente suruh dia untuk cukur rambut ente..ehmm anu.. emoticon-Hammer (S)
*


Jadi begitu ya, ane udah ngerti nih sekarang, oiya agan tadi bilang AI ini udah banyak bermanfaat di berbagai bidang, contohnya?

Bener gan, contohnya dalam industri game, perfilman, bisnis, pendidikan bahkan dalam bidang pertahanan dan kemanan negara gan. Misalnya;
Quote:

Quote:

Quote:

Quote:



Segitu dulu gan, cuma itu yang bisa ane sampaikan, masih banyak sih hal2 yang bisa dibahas ttg AI ini, karena ini luas banget. Tapi untuk pengenalannya mungkin cukup segini dulu ya emoticon-Malu. Any question?

Ehm..anu..ane jadi ngerti sedikit nih gan ttg AI, agan emang kuliah jurusan IT begini ya?
Bukan gan, jurusan ane beda, ane cuma memberi sedikit penjelasan saja dari apa yg ane ketahui + sumber2 dari google.
Hoo begitu, berarti dapat disimpulkan, kita ngaskus ini juga berkat peran AI ya gan?
Hu uh
Oke. Agan ganteng ga gan? emoticon-Betty (S)
Ane ganteng relatif jelek kok gan emoticon-Cool
Oiya satu lagi gan, kira2 penggunaan AI di masa depan gimana ya? emoticon-Amazed
Mungkin video ini bisa menjelaskan

*

Pesan ane, walau AI ini cerdas bahkan mungkin bisa melebihi kecerdasan pada umumnya, kita harus inget, manusia lah yang membuatnya. Jadi jangan terlalu bergantung kepada para AI ini, memang sih mereka dibuat agar hidup manusia menjadi lebih mudah dan praktis, tapi bukan berarti kita terus dimanjakan.
Kita lah yang harusnya mengatur mereka, bukan mereka yang mengatur kita. Ok gan? emoticon-Cool

Sumber
***




Diubah oleh pharmacyaddict 18-04-2015 17:28
0
19.9K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan