c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Pabrik Semen Tua Dirombak Jadi Hunian, Kalau Hambalang ??




Pabrik tua yang terbengkalai dan di tinggalkan penghuninya memang menyeramkan belum lagi banyaknya penghuni tak kasat mata yang berada di sana.

Namun tak selamanya bangunan tua dibiarkan terbengkalai, di tangan arsitek yang handal bangunan itu menjadi lebih berkualitas dan bermakna bahkan menjadi tempat yang keren untuk di huni.

Seperti dilansir dari Fresh Home, yang di tulis oleh viva.com bahwasanya Ricardo Bofill adalah sosok yang merupakan pemilik pabrik tua tersebut, kemudian ia berinisiatif merubah pakbriknya agar tak lama terbengkalai, dengan gagasan yang spektakuler akhirnya ia mengubah sebuah pabrik semen tua menjadi hunian, sekaligus ruang pameran yang sangat indah.



Di tangan arsitek yang handal bangunan tua itu disulap menjadi sebuah tempat perkantoran, taman, dan hunian.

Bahkan dengan tanaman rambat yang menjulur pada kaki-kaki pilar hingga badan bangunan, yang dipadukan dengan kebun berisi berbagai pepohonan seperti kayu putih, palem, zaitun dan cemara melengkapi eksterior serta membuat bangunan tersebut terlihat mewah dan menyatu dengan alam dan memberikan nuansa kesejukkan.



Lalu bagaimana dengan Hambalang ? Gedung yang terbengkalai dan tak ada proses lanjutan, karena kontur tanah yang mudah bergerak.

Entahlah gedung yang menjadi sarana korupsi berjamaah ini hingga kini tak tahu bagaimana kelanjutannya, namun yang jelas saat ini gedung-gedung itu menjadi sarana tamasya mahluk tak kasat mata. Bangunan bak ornamen antik yang tadinya bagus kini tak terawat, habis sudah uang negara dipakai untuk hal yang sia-sia tapi nampaknya negara ini tak perduli. Andai saja diberikan kepada rakyat yang membutuhkan dengan gratis mungkin saja bisa dirombak menjadi hunian dan dijaga bersama menjadi bangunan yang indah, nampaknya hal ini tidak mungkin hanya mimpi rakyat kecil yang semakin terpinggirkan.



Setidaknya ratusan tahun lagi hambalang akan menjadi taman wisata serupa candi yang tak selesai, dengan cerita mistis yang biasanya menjadi bumbu penyedap cerita rakyat, "Candi Hambalang" memang sudah menguras tenaga negeri ini puluhan jiwa sudah terjerat dan di penjara, namun kasus hambalang seakan mempunyai cerita tersendiri.



Hingga hampir satu periode pemimpin negeri ini tak bisa berbuat apa-apa seakan-akan Hambalang terlalu kuat untuk di percantik, dan lebih baik di diamkan menanti untuk hancur sendiri, daripada ngurusin Hambalang mending sruupuutt dolo gan.



By c4punk@2018


http://www.viva.co.id/gaya-hidup/hun...-hunian-elegan



Diubah oleh c4punk1950... 17-05-2018 09:11
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
15.6K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan