Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

riceudukAvatar border
TS
riceuduk
5 Tradisi Ramadhan di berbagai negara, ada yang nembakin meriam!
5 Tradisi Ramadhan di berbagai negara, ada yang nembakin meriam!

Seperti yang kita tahu, bulan Ramadhan akan menjadi bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Biasanya nih, akan banyak sekali hal- hal yang hanya akan muncul saat bulan Ramadhan. Seperti di Indonesia, kita akan melihat adanya pasar tumpah yang ada di pinggir-pinggir jalan yang biasanya menjual makanan, ada juga kelompok yang membagikan takjil gratis, ataupun yang membangunkan sahur. Sama sepertinya di Indonesia, penduduk muslim yang berada di negara lain pun memiliki tradisi tersendiri dalam menyambut bulan Ramadhan. Biar agan ngga penasaran, Riceuduk sudah mengumpulkan 5 tradisi Ramadhan yang terdapat di berbagai negara di dunia.

1.Palestina

Spoiler for Palestina:

 Yang pertama ada Palestina dengan tradisi iftar atar. Tradisi ini meliputi ribuan masyarakat Palestina yang akan melakukan buka puasa massal, dimana mereka akan bersama-sama berbuka puasa dengan falafel, sebuah kudapan kacang-kacangan yang disebut chickpea. Selain itu, mereka juga akan menghiasi rumah mereka dengan lampu-lampu warna warni untuk memeriahkan suasana di jalan-jalan Palestina.

2. Saudi Arabia

Spoiler for "Saudi Arabia":

 Ada hal yang unik di Saudi Arabia dalam memperingati waktunya berbuka puasa, sahur dan waktunya 1 syawal disana. Sebuah meriam akan ditempatkan di sebuah gunung yang juga bernama gunung meriam, dan akan ditembakkan setiap masuknya waktu berbuka puasa, sahur dan masuknya 1 Syawal. Selain itu, Pemerintah Saudi Arabia juga akan menggelar 12.000 meter taplak meja di sekitar Masjidil Haram untuk para jamaah yang ingin berbuka puasa disana.

3. Mesir
Spoiler for Mesir:

 Lanjut ke negara kelahirannya Mohammed Salah, ada sebuah tradisi unik dimana warga Mesir akan membeli sebuah lampu bernama  fanous. Masyarakat Mesir sendiri menganggap bahwa fanous ini adalah simbol dari Ramadhan yang merupakan sumber cahaya bagi kehidupan.

4. Jepang

Spoiler for Jepang:

 Meski penduduk islam nya tidak banyak, tapi masyarakat muslim yang tinggal di Jepang tetap memiliki tradisi tersendiri dalam menyambut bulan Ramadhan. Mereka akan berkumpul di Islamic Centre Jepang dan membentuk panitia Ramadhan yang biasanya akan mengatur jadwal ibadah, dan juga membagikan buku-buku keagamaan.

5. Inggris
Yang terakhir, ada Inggris yang juga punya tradisi tersendiri selama bulan Ramadhan. Biasanya mereka akan memberi makanan kepada tunawisma dan juga mengadakan lomba baca alquran di masjid-masjid yang ada disana.
0
6.5K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan