kongkalingkong.Avatar border
TS
kongkalingkong.
Indef: Rupiah Terancam Naiknya Impor
TEMPO.CO, Jakarta - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, memprediksi meningkatnya nilai impor akan membuat permintaan dolar naik signifikan. Akibatnya, rupiah diprediksi terus melanjutkan pelemahan hingga Juni mendatang. "Tentunya ini tidak sehat bagi perekonomian," ujar Bhima saat dihubungi Tempo, Selasa, 15 Mei 2018.
Badan Pusat Statistik atau BPS merilis neraca perdagangan pada April 2018 mengalami defisit US$ 1,63 miliar. Ekspor tercatat turun 7,19 persen menjadi US$ 14,47 miliar dari bulan sebelumnya, sementara impor naik 11,28 persen menjadi US$ 16,09 miliar dari Maret 2018. Defisit neraca perdagangan ini di luar ekspektasi. Sebab, pada bulan sebelumnya, neraca perdagangan tercatat membaik.
Menurut Bhima, defisit perdagangan terutama disebabkan karena impor migas sepanjang Januari-April 2018 membengkak US$ 9 miliar atau lebih tinggi US$ 700 juta dibanding periode yang sama tahun lalu. 


Impor minyak dan gas juga tumbuh 40,8 persen secara tahunan akibat efek kenaikan harga minyak mentah. "Tekanan impor juga berasal dari impor barang konsumsi yang tumbuh 25,8 persen dibanding bulan Maret. Hal ini sesuai dengan faktor musim menjelang bulan Ramadan," ucap Bhima.
Sementara itu, kata dia, kinerja ekspor nonmigas pada April 2018 juga anjlok cukup dalam, yakni -6,8 persen (month-to-month/mtm). Ekspor minyak sawit atau CPO juga anjlok -4,5 persen (mtm) serta besi baja anjlok -31,5 persen.
"Kinerja beberapa produk unggulan ekspor, terutama CPO tersebut, terhambat bea masuk dari India dan hambatan nontarif dari Eropa," tutur Bhima. Kondisi tersebut, Bhima melanjutkan, akan mendorong rupiah makin melemah hingga Lebaran pada Juni mendatang.


wahai rakyatku pilihlah aku kalau aku terpilih aku akan stop impor emoticon-Mewekemoticon-Turut Berduka
0
1.1K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan