moceanaAvatar border
TS
moceana
Tips Agar Pengajuan KPR Di Approve Bank (yang mau ngajuin KPR masuk gan!)

Kredit Pemilikan Rumah atau banyak disingkat dengan KPR bisa jadi salah satu cara efektif agar kita bisa punya rumah. Harga properti yang semakin mahal tentunya bakal bikin kita susah buat beli langsung cash kan? kalaupun mau nabung, ya harus nunggu beberapa tahun gatau deh lamanya. Dan nabung pun belum tentu kesampean, siapa tau pas lagi nabung kita khilaf terus uang tabungannya malah dipake. gak ngumpul deh tabungannya. Tapi, semakin banyak orang yang ngajuin KPR, embel-embel pengajuan KPR approval mudah pun mulai jarang ditemui. Beberapa temen gw ada yang ditolak pengajuannya soalnya.
Belajar dari yang dialami oleh temen gw, ini hal-hal yang perlu kita persiapkan sebelum mengajukan KPR dan supaya saat mengajukan KPR bisa diapprove oleh bank.


1. Lengkapi dokumen persyaratan pengajuan pinjaman

Kalau kita mau mengajukan pinjaman, pastinya ada persyaratan yang harus dilengkapi kan?! nah, dari persyaratan ini kita perlu melengkapi semuanya gan. Karena biasanya semakin lengkap dokumen yang kita lengkapi, prosesnya akan semakin cepat. Kalau ada salah satu dokumen yang gak bisa dilengkapi, jangan sampe memalsukan data ya gan. apalagi memalsukan tentang kemampuan finansial kita, kalau ketahuan bisa nama kita yang jelek nantinya.


2. Perbaiki Manajemen Financial.

Karena pada dasarnya semua transaksi kita tercatat di Bank Indonesia gan, termasuk transaksi kartu kredit kita ya gan. Sebelum mengajukan KPR sebaiknya kita melunasi utang-utang di bank, termasuk utang di kartu kredit kita(kalo punya kartu kredit). Jadi, sebelum mengajukan KPR, pastikan kita menggunakan kartu kredit dengan baik dan bila ada utang-utang yang bersangkutan dengan bank, jangan ada penunggakan pembayaran. Hal ini untuk apa? Agar saat ada BI Checking nama kita keluar dengan hasil yang bagus nantinya.


3. Menyadari Kemampuan Keuangan.

Bank Indonesia punya kebijakan tentang KPR, yaitu down payment atau DP untuk pembelian rumah tidak boleh dibiayai oleh bank. Jadi, setiap pemohon KPR harus menyiapkan dana untuk pembayaran uang muka, yakni sekitar 30% dari harga jual, udah tau dong gan? Nah, ternyata Bank Indonesia juga punya kebijakan tentang kemampuan membayar cicilan KPR. Besarnya cicilan yang dibayar ditentukan pada total kredit, uang muka, jangka waktu pelunasan dan rasio penghasilan tetap kita. Rasio rata-rata yang ditetapkan bank berkisar sekitar 30%. Yang artinya dari semua kredit kita harus berada di bawah angka 30% dari penghasilan tetap.


4. Ambil Lokasi Rumah Yang Bagus

Sebelum mengajukan KPR memang sebaiknya kita memilih rumah yang cocok untuk kita, salah satunya adalah lokasi rumah tersebut. Kenapa lokasi? Karena Bank pun sebenarnya memperhatikan tentang lokasi untuk menentukan persetujuan KPR yang kita ajukan itu gan. Biasanya, bank menolak pengajuan KPR kalau lokasi rumah yang diinginkan gak bisa dilewati mobil atau akses jalan menuju rumah kita itu sempit.

5. Buat Penampilan Yang Meyakinkan

Kalau biasanya kita pakai kaos dan berpenampilan santai saat bepergian, saat ngajuin KPR ke bank pastikan kita berpakaian rapi, sopan dan bersih gan, karena penampilan pun menjadi bahan pertimbangan untuk approval KPR. Perhatikan juga sikap kita, jangan pecicilan (ane orangnya pecicilan soalnya emoticon-Hammer) jangan lupa dengan PD saat kita ngobrol sama pihak bank. Intinya, kita harus membuat bank percaya bahwa kita bisa melunasi kredit tersebut. Sepele banget kan? tapi sebenarnya ini berpengaruh. Karena, mana ada sih bank yang mau minjemin orang yang tampangnya aja gak meyakinkan, pakaiannya lusuh dan berantakan.

6. Cari Bank Yang Punya Bunga Rendah Dan Syarat Mudah

Yang terakhir adalah Bank tempat kita mengajukan KPR. Kita tentunya bisa membandingkan kpr mana yang bunganya rendah dan syarat yang mudah untuk kita penuhi. Gue sendiri dulu juga membandingkan beberapa bank, KPR B*N, KPR CIM* Niaga, B*A, B*I, B*I, sape KPR B*I. Pada dasarnya kita punya hak untuk mengajukan lebih dari satu KPR,pihak bank telepon, kemudian ane tanya-tanya deh tuh. karena bunganya cukup rendah dan ada fixed ratenya. syarat pengajuannya juga cukup mudah, dan ternyata langsung di approve.


Kesimpulannya, hal yang paling utama saat kita mengajukan KPR ya ada di kemampuan finansial kita. Pastika kita memiliki kemampuan finansial yang sebanding dangan rumah yang ingin dibeli. Jangan sampai kita memaksakan diri atau sampai berbohong, saat kita mengajukan Pinjaman Kepemilikan Rumah.

Oh iya, Tips ini hanya sekedar saran ya gan, supaya pengajuan KPR kita bisa di approve dan prosesnya lebih cepat. Dan perlu di ingat, pada akhirnya keputusan di approve atau tidaknya pengajuan KPR kita ditentukan oleh pihak bank.
Itu aja deh gan, semoga tips ini bermanfaat yaa!
Good luck gan!
emoticon-Angkat Beer



Diubah oleh Kaskus Support 15 03-05-2016 13:31
0
4.8K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan