komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Japan Shopping Guide: Tokyo Area
Sebagai awal panduan tempat wisata belanja di Jepang, saya akan mulai dari Tokyo terlebih dulu. Ibu kota negara Jepang ini memiliki 23 distrik (yang masing-masing terdiri dari beberapa kawasan). Uniknya, sebagian besar distrik tersebut memiliki identitas khas yang akhirnya menarik minat shopaholic yang memiliki minat tertentu. Jumlahnya pun tak tanggung-tanggung, konon terdapat lebih dari 50 kawasan belanja di Tokyo. Untuk memudahkan shopaholic yang akan berwisata belanja di Tokyo, saya tidak akan mengulas karakteristik masing-masing kawasan. Saya akan mulai dengan membuat list kategori yang lazim dicari oleh shopaholic dan dilengkapi dengan nama kawasan yang identik dengan kategori tersebut.


Barang ber-merek

Suka dengan barang-barang ber-merek? Maka Ginza wajib jadi urutan pertama dalam list wisata belanja di Tokyo. Di distrik ini terdapat banyak sekali department stores high end, dan butik dari berbagai brand ternama terutama untuk kategori fashion, kosmetik, dan aksesoris. Bahkan Sony dan Apple pun memiliki outlet khusus di Ginza lho.


Selain Ginza, Omotesando juga menawarkan surga belanja bagi pecinta barang ber-merek. Selain terdapat beragam butik resmi dari berbagai merek ternama (yang bisa ditemukan di sepanjang jalan Omotesando), pusat perbelanjaan populer di Omotesando yaitu Omotesando Hills pun menjadi salah satu tempat terbaik untuk berburu aneka brand ternama. Adapun kawasan lain yang populer sebagai tempat wisata belanja high end adalah Marunouchi, dan Roppongi (antara lain Roppongi Hills dan Tokyo Midtown).



Salah satu sudut Marunouchi [foto: Ope]. All pic via creative commons.


Fashion

Shibuya menempati peringkat atas jika Anda berminat untuk melihat-lihat aneka mode fashion terkini. Salah satu pusat perbelanjaan populer di Shibuya adalah Shibuya 109 yang disebut-sebut sebagai kiblat trend fashion bagi wanita muda di Tokyo dan Jepang. Selain memiliki banyak pusat perbelanjaan yang khusus menjual fashion terkini, di Shibuya juga banyak terdapat butik-butik fashion yang berdiri sendiri dan menawarkan variasi fashion yang tak kalah menarik.


Harajuku adalah nama distrik fashion favorit lainnya. Berbeda dengan Omotesando yang lebih menyasar kalangan atas, fashion di Harajuku (yang notabene lokasinya bersebelahan dengan Omotesando) lebih menyasar kalangan remaja dan pecinta budaya subkultur Jepang. Selain memiliki mall besar seperti LaForet Harajuku yang menawarkan beragam fashion, kawasan belanja populer lain di Harajuku terdapat di sepanjang Takeshita Dori. Selain Shibuya dan Harajuku, kawasan lain yang populer untuk belanja fashion adalah DaikanyamaEbisuIkebukuroAoyama, dan Yurakucho. Sedangkan untuk suasana belanja yang lebih santai, berkunjunglah ke kawasan fashion yang memiliki skala lebih kecil seperti Shimokitazawa yang menyasar kaum hipsterNakameguro, maupun Jiyugaoka.




Takeshita Street di Harajuku [foto: Gavin Anderson]. All pic via creative commons.


Elektronik

Akihabara masih menjadi kawasan yang paling diminati oleh penggemar produk-produk elektronik. Beberapa electronic stores ternama bahkan memiliki beberapa gedung di sini. Selain Akihabara,electronic stores bisa ditemukan di Shinjuku, Shibuya, dan Ikebukuro.


Anime, dan produk budaya pop lainnya

Ada 3 kawasan di Tokyo yang identik dengan budaya otaku, yaitu AkihabaraIkebukuro, dan Nakano


Buku dan Alat Musik

Untuk buku, sebetulnya tergantung dari buku apa yang Anda cari. Jika mencari buku yang berkaitan dengan budaya otaku, aneka toko buku di Akihabara, Ikebukuro, dan Nakano jelas menjadi tempat terbaik untuk berburu manga. Namun jika mencari buku dalam jenis yang lebih luas, baik baru maupun bekas, tak ada yang mengalahkan Jimbocho dalam hal ini. Sedangkan jika ingin berburu aneka alat musik, wajib mampir ke Ochanomizu. Di kawasan ini juga banyak ditemukan berbagai toko peralatan olah raga.





Jimbocho [foto: Perke, via creative commons]




Produk lainnya


Masih banyak kawasan lain yang memiliki identitas unik. Misalnya saja Kappabashi, terkenal sebagai tempatnya mencari berbagai peralatan memasak (termasuk aneka makanan tiruan). Daerah Sugamo dikenal sebagai tempatnya berburu fashion dan aneka keperluan bagi lanjut usia. Untuk produk barang segar, daerah Tsukiji (Tsukiji Fish Market) dan Ota (Ota Wholesale Market) bisa menjadi tujuan belanja. Sedangkan jika ingin mencari souvenir untuk oleh-oleh, selain berburu di toko 100 yen, Oriental Bazaar di Omotesando sudah sangat terkenal sebagai pusat belanja aneka oleh-oleh. Selain itu, di Omotesando juga terdapat toko mainan setinggi 6 lantai yang pastinya akan disukai oleh anak-anak. Informasi tambahan, jika ingin mencari hal-hal berbau Korea, bisa mampir ke Shin-Okubo Koreatown.





Jizo dori di Sugamo [foto: Marufish]. All pic via creative commons.




Bagaimana jika tak secara spesifik mencari produk tertentu dan hanya sekedar ingin melihat-lihat saja? Jika tertarik untuk main ke pusat perbelanjaan, Shinjuku merupakan salah satu kawasan yang memiliki banyak sekali pusat perbelanjaan menarik. Begitu keluar dari Stasiun Shinjuku, berbagai pilihan pusat belanja akan langsung terlihat. Selain Shibuya dan Roppongi yang telah disebut sebelumnya, kawasan Odaiba dan Tokyo Bay juga memiliki beberapa pusat perbelanjaan menarik seperti Aqua CityDiverCityDecksVenus Fort, dan LaLaPort. Pusat perbelanjaan besar juga mudah ditemukan di Nihonbashi.





(10) Venus Fort [foto: Carlos Alejo]. All pic via creative commons.




Bosan dengan pusat perbelanjaan modern? Jelajahilah berbagai shopping street/shopping arcade di Tokyo. Nakamise Dori masih menjadi salah satu shopping arcade favorit karena lokasinya yang sangat dekat dengan salah satu kuil terpopuler di Tokyo, yaitu Sensoji Temple. Pilihan lainnya, ada Sun Mall di dekat Nakano BroadwayAmeyoko di dekat Ueno juga termasuk salah satu shopping streetyang menarik untuk dijelajahi karena atraktifnya suasana di jalanan tersebut. Beberapa shopping street di Shibuya, seperti Koen DoriSpain Slope, dan Center Gai (ketiga jalan ini dipenuhi dengan berbagai butik dan toko fashion) juga layak dilirik jika sedang berada di distrik yang identik dengan image shopping tersebut.






Sun Mall [foto: Paranoidnotandroid]. All pic via creative commons.


Itu hanya sebagian dari tempat belanja populer (khususnya bagi wisatawan asing) di Tokyo. Karena jika dibuat daftar lengkap, bisa-bisa Jalan2ers akan pusing duluan. Untuk tempat wisata belanja di kota lainnya, menyusul yaa..



[url=http://jalan2.com/forumS E N S O Rentry/237-japan-shopping-guide-tokyo-area/]SUMBER[/url]
















zharki
zharki memberi reputasi
1
6.4K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan