matthysse76Avatar border
TS
matthysse76
Gedung Putih Kecam Aksi Nekat Iran Melawan Israel dan Saudi


Gedung Putih mengecam Iran yang mereka sebut bertindak nekat melawan Israel dan Arab Saudi. Tindakan Teheran dianggap Amerika Serikat (AS) menimbulkan ancaman bagi stabilitas di Timur Tengah.

Pernyataan Gedung Putih muncul setelah pasukan Iran di Suriah dituduh oleh Israel menembakkan 20 roket ke Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel. Tel Aviv lantas meluncurkan serangan rudal besar-besaran terhadap basis Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) di wilayah Suriah pada Kamis dini hari.

"Iran menuangkan sumber kekuatan untuk mengekspor pengaruh destabilisasi di seluruh Timur Tengah, bahkan ketika rakyat Iran menjadi korban ekonomi," bunyi pernyataan Gedung Putih.

“Sudah minggu ini, IRGC telah menembakkan roket ke warga Israel, dan perwakilan Iran di Yaman telah meluncurkan rudal balistik ke Riyadh," lanjut pernyataan tersebut.

"Tindakan-tindakan ini adalah bukti lebih lanjut bahwa tindakan nekat rezim Iran menimbulkan ancaman berat bagi perdamaian dan keamanan regional," imbuh pernyataan tersebut, seperti dikutip Reuters, Sabtu (12/5/2018).

"Sudah saatnya bagi negara-negara yang bertanggung jawab untuk memberi tekanan pada Iran agar mengubah perilaku berbahaya ini."

Presiden AS Donald Trump telah berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Theresa May melalui telepon. Keduanya kompak menyalahkan Teheran dalam insiden di Suriah.

"Kedua pemimpin mengutuk serangan roket provokatif rezim Iran dari Suriah terhadap warga Israel," papar Gedung Putih. "Para pemimpin membahas cara terbaik untuk mengatasi perilaku destabilisasi Iran."


sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
2.7K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan