Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yangcanggihcomAvatar border
TS
yangcanggihcom
[Hands-On] Xbox Wireless Controller for Windows 10: Perangkat Wajib untuk Gamer PC
Bagi seorang gamer, controller atau gamepad adalah perangkat penting yang dapat menentukan pengalaman gaming seperti apa yang akan mereka peroleh. Karena itu, wajib hukumnya bagi gamer untuk memiliki controller yang mumpuni dan nyaman digunakan.


Di ranah PC, pilihan paling menarik datang dari Microsoft. Ya, apalagi kalau bukan Xbox Wireless Controller. Penasaran seperti apa keunggulannya? Simak ulasan singkat kami berikut ini:

Desain ramping, enak digenggam



Dibanding generasi terdahulu (Xbox 360), Xbox Wireless Controller for Windows 10 generasi sekarang (Xbox One) mengusung desain yang jauh lebih ramping dan ergonomis. Bagi gamer yang tangannya tidak terlalu besar, grip-nya akan terasa jauh lebih pas.

Controller ini cukup berat, apalagi karena di dalamnya terdapat dua buah baterai AA sebagai sumber daya. Materialnya terasa nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Dan yang tak kalah penting, teksturnya tidak licin.
Penempatan kedua analog stick yang tidak simetris masih menjadi ciri khas dari Xbox Wireless Controller. Microsoft menawarkan peningkatan pada bagian analog-nya yang kini memiliki cincin dengan tekstur kasar untuk menjaga jempol Anda tetap pada posisinya (tidak tergelincir).



Ukuran analognya sendiri juga sedikit lebih kecil dibanding Xbox Controller generasi lama. Dari segi penggunaan, analog stick ini terasa ringan dan responsif.

Tombol-tombol lainnya kurang lebih masih sama. Anda akan menemukan d-pad, 4 face button, dua tombol di tengah, dan sebuah tombol Xbox Home. Yang kami suka, tombol Xbox Home ini posisinya ada di atas, sehingga mengurangi kemungkinan tertekan secara tidak sengaja.

Sepasang tombol trigger pada Xbox Wireless Controller masih menjadi salah satu yang paling nyaman saat ini. Penempatan dan desain tombol terasa pas dengan jari. Selain itu, feedback yang diberikan ketika tombol ditekan juga mantap.



Di antara tombol trigger tersebut, Microsoft menyediakan port microUSB. Selain itu, di sisi lainnya (di bawah d-pad dan analog) ada port audio jack 3.5mm. Anda bisa memasang headset favorit Anda untuk menikmati audio dari game sekaligus voice chat.


Masih mengandalkan baterai AA

Seperti disebutkan di atas, varian Xbox Wireless Controller yang kami ulas di sini masih membutuhkan dua buah baterai AA sebagai sumber dayanya. Akan lebih menarik jika sudah menggunakan baterai yang bisa langsung diisi ulang.

Dalam paket penjualannya, varian yang kami ulas telah dibekali dongle wireless untuk mempermudah koneksi ke PC tanpa kabel. Cara penggunaannya pun sangat mudah tanpa perlu pengaturan di sana-sini. Bahkan, menurut informasi yang kami terima, satu dongle ini bisa terhubung ke hingga 8 Xbox Controller sekaligus. Selain lewat dongle, Anda juga bisa menghubungkannya ke PC lewat kabel USB.

Kesimpulan


Controller untuk PC memang banyak di pasaran. Namun jika harus memilih yang paling nyaman, mudah digunakan, dan pastinya kompatibel dengan berbagai game PC, Xbox Wireless Controller for Windows 10 adalah opsi yang wajib Anda pilih.
Di beberapa toko online di Indonesia, paket penjualannya yang sudah dilengkapi dongle wireless dibanderol di kisaran 1,2 jutaan rupiah.

Yang Canggih:
  • Desain ergonomis, nyaman digenggam
  • Analog stick memiliki tekstur kasar sehingga tidak licin
  • Tombol trigger mantap dan responsif
  • Mudah digunakan, tidak perlu pengaturan yang ribet
  • Dongle tersedia dalam paketnya


Yang Kurang:
  • Varian ini masih membutuhkan baterai AA
  • Harga premium dibandingkan merek lain
  • Agak terlalu besar bagi pengguna yang memiliki tangan kecil


YANGCANGGIH.COM juga menerbitkan majalah gadget digital bulanan, Y Magazine yang dapat diunduh secara gratis melalui Magzter dan Pressreader. Untuk versi PDF, bisa diunduh gratis di yangcanggih.com/y-magazine



FB:YANGCANGGIH
Twitter:@YANGCANGGIHCOM
Instagram:@YANGCANGGIH

Diubah oleh yangcanggihcom 08-05-2018 12:17
0
12.7K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan