pendakiedanAvatar border
TS
pendakiedan
Siapakah Edmund Hillary Sebenarnya?



Edmund Hillary mendapatkan puncak kejayaan hidupnya setelah menerima gelar bangsawan dari Ratu Elisabeth II berkat pencapaiannya menggapai puncak Everest pertama di dunia bersama seorang sherpa, Tenzing Norgay, pada 1953. Berkat gelarnya itu pulalah namanya menjadi Sir Edmund Hillary.


Sir Edmund Percival Hillary lahir pada 20 Juli 1919. Ia tumbuh dan besar di Auckland, Selandia Baru. Sejak kecil Hillary sudah mempunyai hobi mendaki gunung. Meski ia harus menghidupi dirinya dengan menjadi peternak lebah, Hillary tak pernah meninggalkan hobinya mendaki gunung.

Gunung-gunung yang tersebar di Selandia Baru mulai didaki Hillary. Ia terus mendapatkan ketertarikan akan pendakian. Sampai kemudian gunung-gunung yang berada di pegunungan Alpen didakinya. Hingga akhirnya ia memiliki keinginan untuk mendaki Gunung Everest yang menjadi gunung tertinggi di dunia, 8848 mdpl.

Gunung Everest sudah didaki sejak 1920 sampai 1952, total 7 ekspedisi besar dilaksanakan demi menggapai puncak dunia tersebut. Sayang, ketujuh pendakian tersebut gagal. Yang paling menyorot perhatian dunia adalah meninggalnya George Leigh-Mallory pada 1924 dalam usahanya mendaki Everest.


Pada tahun 1951-1952 Hillary bergabung dengan tim pengamatan medan Gunung Everest. Hillary mendapatkan perhatian untuk mendaki Everest oleh Sir John Hunt, pemimpin ekspedidi Everest 1953 yang disponsori Joint Himalayan Communittee of the Alpine Club of Great Britian dan Royal Geographic Society.


Pendakian pun dilaksanakan, sampai pada bulan Mei tim mencapai puncak Selatan. Akibat cuaca memburuk, semua tim yang berjumlah 150 pendaki profesional dan 750 pendukung tak bisa melanjutkan pendakian.  Hanya Hillary dan Tenzing yang dapat melanjutkan pendakian. Akhirnya keduanya dapat menggapai puncak tertinggi dunia Everest pada 29 Mei 1953 pukul 11.30 waktu setempat. Proses turun keduanya tak kalah hebat dan menantang.



Hillary kembali ke Inggris. Ia mendapatkan penobatan bangsawan dari Ratu Elizabeth II dan secara bersamaan keberhasilannya diumumkan kepada publik. Hillary dan Sir John Hunt menerbitkan buku berjudul The Ascent of Everest.


Seusai itu, Hillary tak berhenti. Ia menjelajahi Antartika dan memulai  Ekspedisi Selandia Baru Trans-Antartika pada 1955-1958. Ia juga berpartisipasi dalam ekspedisi pertama di Kutub Selatan. Sampai akhirnya ia memutuskan kembali ke Nepal untuk membantu mengembangkan masyarakat di sana pada 1960. Ia membangun klinik, rumah sakit, 17 sekolah, dan 2 landasan terbang yang sampai kini membantu banyak wisatawan. Keprihatinannya akan kehidupan masyarakat Nepal yang tertinggal membuatnya ingin mengabdikan diri pada tempat yang telah menjadi bagian dalam membesarkan namanya.

Sayangnya, masyarakat Nepal banyak yang menjadi pencari kayu untuk menyediakan bahan bakar para pendaki dan wisatawan. Hillary berusaha agar masyarakat Nepal lebih mendapatkan kasta yang tinggi, tak hanya sebagai pelayan pendaki. Ia juga membujuk pemerintah Nepal untuk mengesahkan hukum perlindungan hutan dan menjadikannya Taman Nasional.

Tahun 1975 istri dan putri Hillary meninggal dalam kecelakaan pesawat. Hal itu membuat Hillary kehilangan semangat. Ia mulai menyibukan diri kembali dengan terus memperbaiki kehidupan masyarakat Nepal.




Quote:


Source gunung.net
Diubah oleh pendakiedan 09-05-2018 03:28
0
15.4K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan