Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.pemikirAvatar border
TS
si.pemikir
(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Halo Bray  emoticon-Hai

Banyak orang memandang buruk sebuah game. Padahal sejatinya game itu memberikan banyak pelajaran yang ga kita sadari. Jujur gw sebagai orang yang seneng main game merasakan manfaat itu setelah bertahun-tahun memainkannya. Makanya wajar banyak orang yang mencap buruk sebuah game karena sejatinya mereka bukanlah seorang penikmat game.

Mengajarkan Sabar 

Kecintaan gw menyukai sebuah game berawal dari konsol SEGA. Dulu ketika para orang tua membelikan anaknya sebuah Playstaiton 1, ortu gw hanya mampu membelikan SEGA. Dan untungnya gw bukanlah anak yang peminta dan penuntut, sehingga gw dibeliin SEGA aja udah seneng banget. 

(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Sumber: gamesnmerch.se

Jujur gw dulu main game yang menurut gw hanya seru untuk dimainkan bersama-sama tanpa tau apa nama game tersebut. Dan gw baru mengetahui game-game itu saat udah kuliah. Caranya dengan menuliskan sebuah gambaran sederhana di keyword dan mencocokan gambarnya. Seperti bagaimana gw mengingat game Battletoad dengan keyword "kodok hiijau game sega".

(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Sumber: google image

Beberapa game SEGA yang gw mainin ga ada yang berhasil gw tamatin satupun seperti Battletoad, Berkenuckle, Sunset Rider, SWAT dan Rambo. Kenapa? Karena di SEGA ga ada Fitur SAVE. Jadi ketika nyawanya habis, maka berkhir sudah dan harus diulang dari awal. 

Selama 6 tahun gw mainin SEGA dengan game yang itu-itu aja hampir tanpa bosen. Dengan sebuah kebanggan ketika gw berhasil mencapai tempat/ stage baru. 

Dan gw rasa sebenernya semua game mengajarkan kesabaran jika kita tidak menggunakan cheat/ diamond/ cash/ voucher dan sebagainya. 

Mengajarkan Nakal

Enam tahun setelah konsol SEGA, orang tua gw mampu membelikan anaknya konsol Playstasion 1. Dan saat itu anak-anak seusia gw udah punya Playstasion 2. Untungnya gw masih menjadi anak yang tidak pernah menuntut orang tuanya. Jadi ketika kita dibeliin Playstasion 1 ya seneng-seneng aja.

(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Sumber: yudana.id

Di konsol ini gw mengenal apa itu SAVE dan apa itu CHEAT. Tapi sayangnya gw ga mengenal waktu main. Perpindahan konsol dari SEGA ke Playstasion gw rasa cukup tajam, grafiknya yang lebih terlihat keren, gameplaynya yang lebih asik dan fitur Save yang mampu membantu kita tanpa harus mengulang dari awal dan Cheat yang membantu gw melewati banyak halangan saat bermain.

(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Sumber: google image

Nah waktu main ini yang ngebuat gw dan abang gw menjadi anak yang nakal. Karena ga pernah kenal waktu main, maka ortu gw memutuskan untuk menyita salah satu bagian dari PS, yaitu adaptor. Akan tetapi beberapa bulan berselang, abang gw berhasil mendapatkan adaptor itu dan membuat kita kembali memainkannya.

Agar ga dicurigai, kita main pada tengah malam, saat orang tua sudah tidur. Suara TV kita buat sekecil mungkin sehingga tidak ada suaranya. Yah walaupun main dengan keadaan mengantuk dan tanpa suara kita tetap enjoy.

Hingga suatu ketika, bokap gw bangun di tengah malam, karena kita panik, kita ga sempet untuk ngerapihin Playstasion nya. Dengan nada kesal dan kemoceng ditangan bokap, habislah kita malam itu. Dan yang semula hanya adaptor yang disita, menjadi disita semuanya.

(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Sumber: gamex.ph

Masuk kelas 2 SMP, disini gw bertemu orang baru yang sangat kecanduan dengan game online. Dari bolos sekolah, bolos les, begadang di warnet sampe ngabisin duit ratusan ribu dalam sehari pernah dia lakuin dan gw yang dijadiin kambing hitamnya dengan alasan "belajar kelompok". Untungnya gw ga mengalami kecanduan game online seperti dia karena uang jajan gw ga sebanyak dia dan waktu main gw yang ga sebebas dia. Terakhir gw tau kabarnya dia jadi anak yang pemurung dan kuliahnya ga beres-beres.

Mengajarkan Bahasa Inggris

Yang kadang gw males saat bermain game adalah story line nya. Seperti cerita-cerita penyebab game tersebut dan jalan ceritanya. Tapi dari situlah gw ngerti bahasa inggris secara otodidak. Ya walaupun bahasa inggris yang sebenernya ga akan keluar di ujian sekolah seperti kata-kata "weapon, sword, magic dll". Tapi dari sinilah gw ngerti basic bahasa inggris. 

(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Sumber: google image

Migrasi ke PC ngebuat gw semakin sering ketemu story line. Terutama game-game bergenre RPG. Awalnya gw ga pernah baca story line nya. Karena saat itu gw ngerasa ga ada gunanya juga gw baca story line nya. Sampe akhirnya gw main Final Fantasy VIII di PS1 dan mainnya gw skip skip. Akhirnya gw nyasar sejadi-jadinya emoticon-Big Grin.

Mengajarkan Dasar Komputer

Main game di PC dengan spek PC yang ala kadarnya dan berbanding jauh dengan requirement system game yang akan dimainin ngebuat gw muter otak. Gimana caranya agar game ini bisa tetep gw mainin. Akhirnya gw coba dengan browsing-browsing di internet dan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan. Walaupun kadang berakhir tidak sesuai harapan, tapi lambat laun gw merasakan dampaknya.

(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Sumber: google image

Sekarang gw menjadi sedikit mengerti kenapa game ini ga bisa dimainin dan tau cara mengatasinya. 

Contoh gampangnya adalah ketika menginstal software bajakan. Banyak orang yang ga bisa menginstalnya. Padahal caranya gampang banget, tinggal next next, accept, instal, copy krack, beres. Tapi entah kenapa orang-orang pada ga bisa.

Mengajarkan Mengetik Cepat

Main game online di PC mengharuskan kita untuk berinteraksi dengan teman separty/ setim. Terutama saat-saat tertentu kita diharuskan untuk bisa membalas chat secepat mungkin. Karena resikonya kalo kita meleng sedikit bisa-bisa char kita udah koit. 

(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Sumber: kaskus.id

Gw yang awalnya cuma ngerti "klik klik dan huruf A S W D" dari game offline jadi terbiasa pake keyboard. Salah satu game yang bikin gw ngetik cepet adalah Ragnarok. Tau sendirilah kalo kita lagi dikerubungi momon dan ga siap-siap kabur atau pot, pasti kita bakalan koit. 

Ya efek dari ngetik cepet ini gw jadi terbiasa dengan huruf-huruf di keyboard. Jadi ga terlalu sulit bagi gw untuk melancarkan ngetik 10 jari. Sehingga saat kuliah, gw ga begitu mengalami kendala dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah yang seabrek. Berbanding banget dengan teman-teman gw yang ngetik 11 jari. Yup, ngetik cuma pake telunjuk doang. Tapi ini beneran gw lihat sendiri, biasaya sih cewek-cewek.

(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Sumber: gamecola.net

Buat agan sista yang mungkin mau latihan ngetik ane anjurin main game TYPERSHARK atau THE TYPING OF THE DEAD.

Mengajarkan Bisnis

Masuk ke zaman handphone berbasis Android membuat gw bertemu dengan game internasional bernama Iruna Online. Game MMORPG ini mirip-mirip Ragnarok, hanya saja versi mobile. 

(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Sumber: google image

Gw yang semula cuma main buat seneng-seneng, seketika berubah menjadi main untuk dapet duit emoticon-Big Grin. Dari sini gw mulai menikmati sebuah bisnis. Bisnis dalam menjual item, weapon maupun mata uangnya. Sayangnya, dulu gw belom punya atm, jadi mau ga mau dibayarnya dengan pulsa. 

Pernah saking banyaknya orang yang mau beli "spina" (mata uang di iruna online), gw sampe ngisi kuota tiap hari. Karena pulsa gw numpuk sampe ratusa ribu. Sedangkan gw bingung harus dikemanain pulsa sebanyak itu. 

Hingga akhirnya pada puncaknya, ada orang yang ingin beli mata uang dalam jumlah besar sekitar 500rb, karena gw ga mau uang sebanyak itu jadi pulsa, maka gw putusin untuk pinjem ATM nyokap untuk nampung uang itu. 

Lambat laun, scam dan cheat mulai merajalela. Ditambah orang-orang kaya yang bisa membeli voucher dengan mudahnya membuat game semakin tidak adil. Akhirnya gw putusin untuk pensi. Tapi kejelian bisnis gw ga berhenti sampe disitu, berhubung gw masih memiliki teman satu guild, akhirnya gw putuskan untuk membuat kaos guild. Dengan untung yang sedikit, gw berhasil dapet 400rb. 

(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Sumber: cocbases.com

Kesuksesan di iruna online gw coba untuk di game lain. Tapi sayang beberapa game yang mau gw mainin inflansinya udah terlalu tinggi. Jadi gw baru bikin char aja, mata uangnya udah jatoh banget harganya. Akhirnya gw coba peruntungan di COC, gw berhasil bikin sampe TH 10 dengan diamond utuh. Ketika pengen gw jual, ternyata udah ga ada yang minat lagi. Yang minat hanyalah bocah-bocah yang nyoba nipu-nipu gw.

Gagal di COC gw pindah ke Ragnarok Gravindo. Saat itu gw hanya main solo player dengan menjadi seorang assasin agi crit. Niat mau untung malah buntung. Gw ditawari senjata dengan harga murah dengan alasan penjual lagi butuh duit, setelah gw beli ternyata barang itu ga laku, dan gw gunain seluruh zenny yang ada untuk beli barang itu. Karena kesel, akhirnya gw putusin pensi. Dan beralih ke bisnis di real life.

Menambah Teman

Dari game online juga gw bertemu dengan berbagai tipe orang yang belum gw tau sebelumnya. Mulai orang yang baik banget, orang yang tukang nipu sampe orang yang penyendiri. Dan kenal dengan banyak orang dari berbagai belahan Indonesia mulai dari jogja, jakarta, sukabumi, bali hingga kalimantan. Tapi dari Iruna online gw kenal dengan seorang cewek bule. Seorang warga Amerika yang ga sengaja masuk ke guild Indonesia. 

(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Sumber: google image

Dari orang inilah gw pertama kali berinteraksi dengan bule non guru. Beberapa kali dia bingung dengan maksud perkataan gw. Yang membuat gw sadar bahwa sejatinya kemampuan bahasa inggris gw tuh masih ga ada apa-apanya. Entah kenapa nilai pelajaran bahasa inggris gw bagus-bagus aja, tapi dalam berkomunikasi gw ngerasa 0 ( ga ada apa-apanya).

Ya walaupun dengan bahasa inggris seadanya, banyak hal yang bisa gw pelajari dari dirinya, mulai dari kehidupan orang-orang sana yang selama ini salah. Gw dalu selalu mikir hidup di Amerika itu keras, lo harus bisa ini itu untuk bertahan hidup. Tapi nyatanya si bule cewek ini hanyalah seorang cuci piring di sebuah restoran tapi dia bisa memiliki rumah serta mampu menghidupi 2 orang anaknya tanpa ayah.

Dari dia pula lah gw tau ternyata walaupun dia udah punya anak, ternyata "bisex" nya ga bisa hilang. Dia masih suka melakukan "kegiatannya" dengan beberapa teman wanitanya. Mending kalo cuma berdua, biasanya dia main berempat atau berlima.

Dan dia adalah orang yang suka mengoleksi tato. Pernah suatu ketika gw iseng nanya punya berapa tato dan dijawab ada belasan. Karena yang keliatan cuma 3 gw heran dong dimana tato yang lainnya. Eh bukannya di sebutin malah dikasih liat semua mua nya emoticon-Big Grin. Ya walaupun udah punya 2 anak tapi masih kencenglah emoticon-Ngakak.

Mengajarkan Bahwa Hidup Itu Ga Selalu Cari Materi Dan Ga Bisa Hidup Sendiri

Pelajaran terakhir yang bisa gw dapet adalah bahwa kita hidup ini ga bisa terus-terusan cari materi. Jujur gw dulu tipe solo player yang yakin kalo item itu bisa gw dapetin sendiri. Gw yang awalnya keteteran ngelawan satu momon, tiba-tiba ngerasa enteng begitu ngelawannya rame-rame. Gw yang awalnya setelah mengenal bisnis game jadi sering nyari item mulu malah jadi cepet bosen karena kegiatannya gitu-gitu aja. Giliiran gw main ke guild gw ga ngerasa waktu berlalu.

(COC) Ketika Game Mengajarimu Banyak Hal
Sumber: satujam.com

Hal ini gw rasain di kehidupan nyata, gw ga bisa hidup dengan terus kerja dan kerja. Gw juga harus luangin waktu gw untuk ketemu sama temen-temen, ketemu keluarga. Karena gw ngerasa hanya mereka yang bisa buat gw ngilangin kejenuhan itu.

Karena itu juga, saat gw lagi nunggu antrian atau lagi dikendaraan umum, gw lebih suka ngobrol sama orang sekitar dibanding mainan handphone. Mungkin dua hal itu bisa sama-sama hilangin waktu lo, tapi kalo lo bercengkarama dengan orang baru maka lo akan nemuin sebuah pelajaran baru. Terutama sih kalo yang lo aja ngobrol lebih tua dari usia lo.

Itu aja sih yang bisa gw jabarin. Tujuan gw disini cuma ingin merubah pandangan orang-orang yang melihat buruk sebuah game atau seorang gamer. Menjadi gamer itu ga salah bray, asalkan ga berlebihan. Sama juga halnya dengan belajar, menurut gw belajar juga salah kalo terlalu berlebihan.

Banyak orang yang sukses dan terkenal karena game, tapi mereka kurang dipandang dibanding dengan orang yang terkenal karena kepintarannya. seperti pewdiepie contohnya, dia terkenal karena kegemarannya main game, sekarang banyak orang yang ingin mengikuti jejeaknya. Tapi ya karena begitulah realitanya, game selalu dipandang buruk.

Terimakasih Sudah Membaca

Diubah oleh si.pemikir 30-04-2018 19:23
0
8.4K
69
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan