simone.voidAvatar border
TS
simone.void
6 Syndrome kelainan jiwa yang aneh


Hallo Agan dan Sista sejagat raya Kaskus


Selamat datang di thread sederhana ane. Mohon maaf kalo repost Gan. emoticon-Betty



Kali ini ane akan membahas sedikit seputar sindrom - sindrom aneh yang ada di dunia yang mungkin Agan belum tau.




1. Alien hand syndrome





Jangan salah ngira dulu Gan syndrom tangan alien bukan tangannya yang berubah jadi tangan alien Gan, tapi sindrom ini tuh kayak membuat tangan bisa gerak-gerak sendiri Gan. Penderita syndrom tangan alien, merasa bahwa tangannya ada yang mengendalikan dan dia tidak bisa menghentikan gerakan - gerakan itu.


Syndrom tangan alien ini bisa berayun sendiri, memgang benda-benda, dan merespon sentuhan dari orang lain tanpa terkontrol.

Sindrom tangan alien terjadi pada orang yang mengalami cedera di bagian otak. Bisa aja dari infeksi, tumor, bekas operasi ataupun alzeimer.


2. Taijin Kyofusho




Ini fenomena yang banyak tersebar di Jepang Gan, lebih tepatnya sih pada orang yang hidup dan merasakan tuntutan sosial di Jepang dalam waktu yang lama.

Taijin Kyofuso adalah rasa takut berlebihan terhadap segala sesuatu yang mungkin mempermalukan diri sendiri (bau badan, bau mulut, baju gak rapih menyinggung orang lain). Ketakutan ini juga menyebabkan penderita Taijin Kyofuso takut berinteraksi sosial dengan orang lain.

Nggak heran nih Gan kalo Taijin banyak terjadi di jepang, karena jepang memang budayanya menjunjung tinggi banget etika dan kehormatan.


3. Syndrome mayat berjalan






Kayak zombie gitu dong jadinya?


Gak bisa dibilang kayak gitu juga sih Gan, Sindrom mayat berjalan atau bahasa kerennya Cotard Syndrome atau Walking Corpse Syndrome adalah keyakinan penderita bahwa dia sudah mati atau gak pernah ada.


Jadi kalau Agan menderita sindrom mayat berjalan ini, Agan akan merasa kalo Agan sebenernya udah mati atau Agan gak akan mengenali diri sendiri di cermin kalo lagi ngaca. Karena kalo ditanya itu siapa pasti jawabannya dia gak tau.


Ada juga nih Gan kelainan yang mirip namanya Capgras Syndrome, Seorang penderita sindrom Capgras merasa bahwa seseorang yang dekat dengannya sudah tiada, dan yang bersama dengan dia sekarang cuma tiruannya saja. Penelitian menduga bahwa penyebab kedua sindrom ini adalah kurang tidur yang kronis makanya gan jangan kebanyakan begadang atau kecanduan obat yang berlebih


4. Syndrome Pica





Kalo yang ini pasti Agan udah pernah denger sebelumnya, yaitu kelainan dimana seseorang doyan banget makan sesuatu yang bukan untuk di makan contohnya kertas, busa sofa, crayon, lilin atu kayu dll, dan itu berlanjut sampai berbulan bulan.


Kelainan ini kemudian berakhir bercabang cabang, ada yang namanya Coprophagy : mengkonsumsi fases; Geophagy : makan tanah, debu lumpur dan sebagainya, Hyalophagia : makan kaca (lah kayak kuda lumping yak?); Tricophagia : makan rumput atau benang atau Urophagia : minum air kencing / urin ueekk.


Pica sudah pasti bahaya bahaya Gan, karena pasti dengan mudah penderita bisa keracunan dari barang - barang yang mereka makan. Peneliti menduga Pica disebabkan karena kekurangan zat besi atau mineral dalam tubuh, tapi belum dapat dipastikan juga kebenarannya. Pica bisa terlihat pada perempuan hamil, anak-anak dan orang dengan autisme.


5. Fregoli Syndrome





Sindrom Fregoli adalah kelainan dimana seseorang merasa bahwa orang didekatnya selama ini hanyalah satu orang, tapi orang tersebut terus berganti-ganti peran dan wajah.


Seandainya Agan kena sindrom fregoli, Agan akan menganggap bahwa adik, kakak, orang tua dan pacar Agan adalah satu orang yang sama tapi penampilannya berganti - ganti untuk menipu Agan. Sindrom ini paling sering terjadi pada pengidap skizofrenia. Namun, orang dengan dimensia, epilepsi dan cidera otak parah juga ada yang mengalami sindrom ini. 


6. Koro Syndrome



Sindrom ini agak unik Gan, Genital Retraction Syndrome atau Sindrom Koro adalah ketakutan kronis seseorang bahwa penisnya akan terus tertarik ke dalam tubuh lalu hilang.


Kelainan ini juga bisa dialami seorang perempuan. Tapi kalo perempuan Gan dia takut payudaranya yang ketarik ke dalam terus hilang. Lalu kalo Penis/Payudaranya sudah hilang, meraka meyakini mereka akan mati. 

Peneliti meneliti sindrom ini ada dan terjadi hanya di sebagian Asia Utara karena masih ada kaitannya sama budaya dan kepercayaan disana juga. Kayaknya di Indonesia gak bakalan ada deh ya...


Spoiler for Sumur:
Diubah oleh simone.void 27-04-2018 12:15
0
12.7K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan