Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jalan.cintaAvatar border
TS
jalan.cinta
Elite PKS Tanggapi Santai Cibiran #2019GantiKelamin
Elite PKS Tanggapi Santai Cibiran #2019GantiKelamin


Tanda pagar (tagar) alias hashtag #2019GantiKelamin tiba-tiba muncul di media sosial Twitter. Rupanya tagar ini menyusul peristiwa yang terjadi saat car free day (CFD), kemarin. Ketua DPP PKS Mardani Ali Era, salah satu pihak yang mempopulerkan #2019GantiPresiden, angkat bicara.

Tagar itu salah satunya disematkan sebagai balasan untuk cuitan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. Mardani mencuit tentang kegiatan di car free day pada Minggu, 29 April 2018.

Baca juga: Susi Ferawati Ungkap Detik-detik Intimidasi di CFD yang Viral


"Terimakasih kpd para relawan #2019GantiPresiden yg secara mandiri mengadakan acara di berbagai kota & berbagai tempat, yg telah menjaga acara shingga berlangsung aman, tertib & sukses. Terus jaga niat & kesantunan dlm gerakan ini. Mohon maaf jika ada kesalahan & kekurangan 🙏," tulis Mardani lewat akun @MardaniAliSera seperti dikutip detikcom, Senin (30/4/2018).

Cuitan Mardani lalu dibalas oleh pemilik akun Twitter @ryan_s_doank. Dia mempersoalkan peristiwa saat CFD.

"Ngeliat ibu2 yg di bully sm anaknya di cfd.. cuma satu buat kalian para bar bar yg ngebully... #2019GantiKelamin .. belum ganti presiden aja udah bar bar.. gmna klo udh ganti...," tulis @ryan_s_doank.

Foto: Tangkapan layar Twitter


Peristiwa yang terjadi saat CFD adalah adanya gesekan antara kelompok pemakai kaus #2019GantiPresiden dan pemakai kaus #DiaSibukKerja. Seorang ibu yang memakai kaus #DiaSibukKerja sedang bersama anaknya saat dikelilingi oleh para pria yang memakai kaus bertulisan #2019GantiPresiden.

Para pengguna Twitter lain yang mencuit tentang #2019GantiKelamin juga mengaitkan dengan peristiwa di CFD kemarin. Ada yang membalas cuitan tokoh, ada pula yang sekadar mencuit pakai tagar tersebut.

detikcom menelusuri jejak siapa yang pertama kali mencuit tagar #2019GantiKelamin. Rupanya cuitan itu pertama kali muncul pada 1 April 2018, menyusul adanya suvenir bertulisan #2019GantiPresiden. Namun ketika itu tagar #2019GantiKelamin masih belum ramai dicuitkan orang. Tagar ini baru ramai dicuitkan banyak pengguna Twitter setelah peristiwa di CFD kemarin.

Mardani Ali Sera kemudian berkomentar atas munculnya tagar #2019GantiKelamin. Namun, menurut Mardani, tagar itu bagian ekspresi di ruang publik.

Baca juga: Ada Laporan Intimidasi di CFD, JK: Jangan Kampanye Sebelum Waktunya


"Di ruang publik semua bisa diusulkan. Monggo (silakan) saja. Tapi esensi gerakan #2019GantiPresiden jelas karena ingin negeri ini dipimpin oleh figur yang lebih baik dari yang sekarang," ujar Mardani saat dimintai tanggapan oleh detikcom.

Tagar #2019GantiPresiden sendiri memang mulanya diramaikan oleh Mardani. Mardani bahkan pernah membagi-bagikan gelang bertuliskan tagar itu ke sesama anggota DPR.

Sementara itu, salah satu peserta CFD kemarin yang mengenakan kaus #2019GantiPresiden, Mustofa Nahrawardaya, menegaskan tak ada intimidasi dalam peristiwa tersebut.

"Karena Mba Susi (ibu berkaus putih) keluar dari rombongan, jadi wajar kemudian masuk ke kelompok #2019GantiPresiden ditawari kaus. Bukan diintimidasi. Makanya jangan keluar dari rombongan. Menurut pantauan saya itu lho ya. Ada yang menawari Rp 50 ribu, tapi mbak itu nolak," kata Mustofa kepada detikcom.


https://m.detik.com/news/berita/d-3998224/elite-pks-tanggapi-santai-cibiran-2019gantikelamin


Elite PKS Tanggapi Santai Cibiran #2019GantiKelamin

ini ngondek ya cuy jika ngomong? emoticon-Takut
Diubah oleh jalan.cinta 01-05-2018 08:28
Goodboysz2
Goodboysz2 memberi reputasi
1
4.5K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan