Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

q4billAvatar border
TS
q4bill
Budi Gunawan Punya Kans (Kuat) jadi Cawapres Jokowi (Elektabilitasnya Tinggi)
Budi Gunawan Punya Kans jadi Cawapres Jokowi

Kamis, 26 April 2018 – 19:31 WIB



jpnn.com, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan semua tokoh punya peluang yang sama menjadi calon wakil presiden sang petahana Joko Widodo atau Jokowi.


Menurut dia, peluang semua tokoh bangsa yang punya kapasitas menjadi cawapres Jokowi terbuka lebar, termasuk nama seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Jimly Asshiddiqqie, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dan sebagainya.


"Semuanya terbuka. Inilah demokrasi yang saya kira harus disyukuri," kata Basarah di gedung DPR, Jakarta, Kamis (26/4).
Dia menambahkan banyaknya tokoh yang tertarik menjadi cawapres Jokowi, menjadi episentrum politik. Namun, kata dia, sejauh ini belum ada pengerucutan dari sekian banyak nama yang potensial menjadi cawapres Jokowi.


Sebab, ujar Basarah, partainya masih melihat dinamika politik yang berkembang. Apalagi, akan ada Pilkada Serentak 2018. Pimpinan-pimpinan partai politik juga masih konsentrasi ke Pilkada Serentak 2018.


"Saya kira nanti mendekati Agustus baru akan ada pengerucutan kepada cawapres yang akan diputuskan oleh Pak Jokowi bersama dengan Bu Megawati, dan ketua umum parpol lainnya," ujarnya.

https://www.jpnn.com/news/budi-gunaw...awapres-jokowi


Simulasi Survei Cawapres 2019, Budi Gunawan Punya Elektabilitas Cukup Tinggi
 April 24, 2018


Kepala BIN Budi Gunawan dinilai cocok menjadi calon wakil presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019. (Foto: Istimewa)

NUSANTARANEWS.CO, Jakarta – Tingkat keterpilihan Budi Gunawan cukup tinggi jika disandingkan dengan Joko Widodo dalam tren elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden menjelang Pilpres 2019. Bahkan, jika disandingkan dengan Prabowo Subianto, tingkat keterpilihan mantan Wakapolri tersebut pun cukup tinggi.


Dari sederet nama calon wakil presiden yang muncul dalam survei SMRC seperti Anies Baswedan, Gatot Nurmantyo, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Sri Mulyani hingga Budi Gunawan, nama terakhir menjadi perhatian lantaran memiliki elektabilitas yang cukup baik jika dipasangkan baik dengan Joko Widodo maupun Prabowo Subianto.


Baca juga: Budi Gunawan Masuk Kandidat Kuat Cawapres Jokowi


Dalam simulasi survei capres-cawapres, Budi Gunawan dipasang menjadi cawapres Joko Widodo maka akan mendapatkan suara sebesar 34.6 persen, berbanding terbalik dari suara yang didapatkan Anies yang dipasang dengan Prabowo yang hanya mampu meraup suara sebesar 22.0 persen.


Namun demikian, jika Joko Widodo justru berpasangan dengan Prabowo dalam Pilpres 2019 mendatang maka elektabilitas nama-nama lain yang muncul akan menyusut. Dan dalam simulasi survei melawan Jokowi-Prabowo, suara pasangan Budi Gunawan-Anies Baswedan hanya memproleh suara 3,9 persen dan suara Anies Baswedan-Budi Gunawan meraup 3,3 persen suara.



(Dari kiri ke kanan), Kepala BIN Budi Gunawan, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Dok. NusantaraNews/Istimewa)

Baca juga: Survei Indo Barometer: Nama Budi Gunawan Muncul Lagi Sebagai Cawapres Jokowi


Sebagai informasi, hasil survei SMRC pada Mei 2017 elektabilitas Jokowi masih tinggi dengan 53,7 persen suara, September 2017 mencapai 57,2 persen dan Desember 2017 sebanyak 64,1 persen.


Selanjutnya hasil survei Indo Barometer. Elektabilitas Jokowi pada Maret 2017 sebesar 50.2 persen, November 201 sebanyak 50,9 persen dan Januari 2018 sebesar 48,8 persen.


Baca juga: (Video) Elektabilitas BG Meroket, Gagahi Puan dan Ketum PAN


Nama lain yang juga muncul sebagai cawapres dalam sejumlah survei di antaranya Puan Maharani, Tito Karnavian, Moeldoko dan Airlangga Hartarto. 

https://nusantaranews.co/simulasi-su...-cukup-tinggi/

Hanafi Rais: 
Budi Gunawan Pantas Sebagai Cawapres Jokowi
Senin 26 February 2018 17:44 WIB


REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Nama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) sempat muncul dalam spekulasi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo. Kabar kehadiran BG dalam Rakernas PDIP di Bali seperti yang disampaikan Politisi Demokrat, Andi Arif semakin menguatkan spekulasi tersebut.

Nama Budi Gunawan memang disebut-sebut sangat dekat dengan sosok Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Karena BG sempat menjadi ajudan putri sang proklamator ini saat menjabat sebagai presiden ke lima RI.

Anggota Komisi I Hanafi Rais memandang secara sisi kualitas Budi Gunawan tentu pantas menjadi pemimpin nasional. Diakui dia, nama BG sangat potensial masuk dalam bursa cawapres Jokowi untuk 2019. Dan secara kompetensi juga kelompok yang ingin ada wajah baru, BG layak jadi pemimpin nasional. "Saya kira BG pantas menjadi pemimpin nasional," ungkap Hanafi, Senin (26/2).

Kualitas BG, menurut Hanafi, pernah menjadi lulusan terbaik dalam Lemhanas dan memimpin BIN juga maju serta mampu memodernisasi intelijen sangat baik. "Jadi bagi saya itu bisa jadi modal sosial dan intelektual yang cukup baik. Tinggal proses politiknya nanti saja bergulir kemana," katanya.

Soal kekhawatiran dan kontroversi bila memang PDIP memilih BG sebagai cawapres, menurutnya, tentu itu urusan pilihan rakyat dan garis tangan. Rakyatlah yang akan menilai dan mempertimbangkan layak atau tidaknya sosok BG yang juga Kepala BIN kemudian jadi cawapres Jokowi. "Nanti pasti ada masanya," terang Hanafi.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/18/02/26/p4r76p415-hanafi-rais-budi-gunawan-pantas-sebagai-cawapres-jokowi

Cawapres Potensial, Budi Gunawan Ungguli Empat Tokoh Politik
Minggu, 26 November 2017 - 23:03 WIB


Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan

JAKARTA - Nama Jenderal Budi Gunawan mencuat dalam daftar potensial calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2019. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Poltracking, nama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu unggul atas empat tokoh politik di Indonesia.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR mengatakan, Budi Gunawan mendapat angka 4,3% dari responden. Nama Budi Gunawan melampaui tokoh-tokoh politik seperti Puan Maharani yang hanya mendapat suara 1,3%, Zulkifli Hasan 0,7%, Luhut Binsar Panjaitan 0,6%, dan Oesman Sapta Odang 0,5%.

“Dalam survei, nama Budi Gunawan unggul terhadap sejumlah tokoh politik,” ujar Hanta Yuda kepada wartawan saat merilis hasil survei lembanganya, Minggu (26/11).

Nama Budi Gunawan memang mencuat di antara figur calon wakil presiden lain yang mayoritas adalah tokoh politik. Karena itu, Budi Gunawan tidak boleh dipandang sebelah mata karena memperoleh hasil survei yang cukup tinggi.

Lulusan Akpol 1983 ini merupakan tokoh kepolisian Indonesia yang cukup disegani dan saat ini menjabat sebagai Kepala BIN ke-16 sejak tanggal 9 September 2016 lalu. Sebelumnya, Budi Gunawan juga pernah menjabat sebagai Wakapolri mendampingi Jenderal (purn) Badrodin Haiti sejak 22 April 2015..

Sosok kharismatik, tegas dan peduli telah mengantarkan sosok Budi Gunawan meraih karir yang gemilang. Prestasi dan karya terus didedikasikan untuk kepentingan bangsa dan negara. Selain itu, kedekatan dengan Jokowi dan PDIP juga dianggap sebagai daya tarik sendiri.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengapresiasi munculnya figur Budi Gunawan dalam hasil survei cawapres yang dilakukan Poltracking. Ia mengaku cukup mengenal Budi Gunawan sebagai tokoh intelektual Polri dan tokoh reformasi di BIN, sehingga wajar apabila namanya mencuat dalam hasil survei.
https://nasional.sindonews.com/read/...tik-1511712172


-----------------------------------

Ini orang dikenal jenderal polisi yang punya kerpibadian kuat dan jujur diantara sekian banyak perwira tinggi Kepolisian RI. Kalau tahu rumahnya, kelihatan sekali kebersahajaannya sebagai seorang jenderal. Dia hampir saja menjadi Kapolri, sebelum "dikerjai" oleh Abraham Samad dari KPK menjelang penunjukannya dulu di awal kabinet Jokowi mulai terbentuk pada tahun 2014 lalu. Mudah-mudahan saja Megawati akhirnya memilih dia sebagai pendamping Jokowi. Amin.



tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
965
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan