dewaagniAvatar border
TS
dewaagni
10 Ribu Warga Kalsel Ternyata Penghayat Kepercayaan
10 Ribu Warga Kalsel Ternyata Penghayat Kepercayaan

Rabu, 25 April 2018 12:10

 



kompas.com

e-KTP 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Adanya kabar akan dimasukkannya aliran kepercayaan atau penghayat kepercayaan di kolom KTP hingga kini belum ditindaklanjuti Pemprov Kalsel. Bahkan selama ini Kalsel belum ada mendapatkan aturan teknis pemberlakuan aliran kepercayaan tersebut.

Kabid Fasilitasi Pendaftaran Penduduk, Dispencapil Kalsel, Lutfhi Dani saat ditemui, Rabu (25/04/2018) kepada Banjarmasinpost.co.id mengatakan belum ada instruksi teknis oleh Kemendagri terkait kolom kepercayaan tersebut di Kalsel.

"Belum ada kita dapat instruksi, ya memang kabar itu memang benar bakal ada kolom kepercayaan, tapi kabar itu sudah lama ada dan sampai kini belum ada kejelasan," jelasnya.
Selain itu tambah Lutfhi pihaknya juga belum mengetahui SKPD yang ditunjuk dalam pelaksanaan teknis untuk aliran kepercayaan tersebut.

Namun tak dipungkiri Lutfhi penghayat kepercayaan di Kalsel juga ada banyak. Total berdasarkan data 2016 ada 10.184 orang di Kalsel menghayat kepercayaan. "Data 2017 kita belum dapat karena masih ditotalkan oleh bidang lain," ujarnya.

Bahkan ada ribuan orang penghayat kepercayaan yang meminta agar dimasukkan dalam kolom KTP el meskipun pada akhirnya kolom agama dimasukkan dengan agama keluarganya misalnya Islam atau Katolik.

Penghayat kepercayaan di HSS misalnya jelas Lutfhi ada 2000 orang yang minta dimasukkan dalam kolom KTP 6, sementara di Banjarmasin ada 17 dan di Balangan ada tiga orang.

"Apapun keputusannya nanti kita terima karena aturan dari pusat," ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya rencananya penghayat kepercayaan bakal dimasukkan dalam KTP el setelah pilkada serentak 2018 ini. 
(Banjarmasinpost.co.id /milna)

http://banjarmasin.tribunnews.com/20...at-kepercayaan

Sebenarnya masih banyak lagi yang hatinya penghayat kepercayaan
0
1.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan