Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iorvethAvatar border
TS
iorveth
Istana: Jokowi Tak Mau Intervensi Kasus Habib Rizieq


Jakarta - Persaudaraan Alumni (PA) 212 meminta agar kasus yang menjerat Imam Besar FPI Rizieq Shihab dihentikan alias di-SP3 saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (22/4) lalu. Apa jawaban Jokowi?

Juru Bicara Presiden Johan Budi SP tak menampik adanya permintaan tersebut. Johan mengatakan, persoalan itu memang mengemuka saat pertemuan kedua belah pihak.

"Dalam pertemuan itu salah satu hal mengemuka yang disamapikan Persaudara Alumni 212 adalah menghentikan apa proses hukum terhadap apa yang disebut sebagai kriminalisasi seperti Pak Habib Rizieq Syihab dan kawan-kawan Intinya minta kepada Presiden untuk dilakukan SP3. Dihentikan proses penyelidikan dan penyidikan," jelas Johan saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Namun, kata Johan, saat menghadapi permintaan itu, Jokowi menegaskan bahwa kasus tersebut sepenuhnya diserahkan kepada pihak kepolisian. Jokowi tak mau ada kesan intervensi pemerintah dalam sebuah proses hukum, termasuk kasus yang dihadapi Rizieq Syihab.

Ketika menghadapi permintaan itu, Presiden menyerahkan sepenuhnya pada proses hukum. Jadi tunggu proses hukum yang profesional. Presiden tidak mau melakukan intervensi terhadap proses hukum," kata Johan.

Sebelumya, PA 212 buka suara soal pertemuan dengan Presiden Jokowi. Pertemuan itu bisa terjadi karena izin Habib Rizieq Syihab.

"Pertemuan itu izin beliau (Habib Rizieq). Tagih janji presiden jangan lagi kriminalisasi ulama, SP3 kasus," ujar Dewan Penasihat PA 212 Eggi Sudjana di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/4). Eggi ke DPR menemani korban kasus dugaan penipuan Abu Tours.

Eggi membantah kalau ada kesepakatan politik antara PA 212 dengan Jokowi. Menurutnya, seharusnya pertemuan itu rahasia.

"Nggak ada dal, deal, dal, deal apa. Janjinya pertemuan itu secret, rahasia, tapi yang bongkar sana juga. Minta dirahasiakan itu Istana. Contohnya apa, HP nggak boleh masuk, perangkat untuk itu. Yang foto-foto Istana," ucap dia.

"Kita minta nagih janji presiden. Habib Rizieq nggak bisa pulang sampai sekarang," imbuh Eggi. (jor/gbr)

https://m.detik.com/news/berita/d-3994335/istana-jokowi-tak-mau-intervensi-kasus-habib-rizieq

Jd ceritanya pengen pulang neh? Pulang mah pulang aja Bib, tapi ya itu, no intervensi dari Presiden emoticon-Big Grin
0
1.7K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan