bluemorriAvatar border
TS
bluemorri
SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba). Apa dan Bagaimana mendapatkannya ?
Agan saat ini mau lanjutin sekolah atau mau melamar pekerjaan. Salah satu syarat yang diminta adalah SKBN.
Apaan lagi SKBN itu ?

SKBN adalah Surat Keterangan Bebas Narkoba.

Apa itu Surat Keterangan Bebas Narkoba ?
SKBN adalah surat keterangan yang menerangkan bahwa seseorang itu bebas dari penggunaan zat - zat Narkotika, Psikotropika dan obat berbahaya adiktif lainnya. Apa yang termasuk dalam golongan Narkoba ? Sabu, Ekstasi, Ganja, Morfin, Kokain, dan obat - obatan penenang masuk ke dalam golongan narkoba.

Jadi sekarang SKBN sudah bisa dibilang merupakan salah satu syarat mutlak dalam penerimaan calon siswa / mahasiswa / pekerja di suatu sekolah / kampus maupun perusahaan / instansi.

Bagaimana caranya untuk mendapatkan SKBN tersebut ?
SKBN dapat diperoleh di rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, laboratorium kesehatan, laboratorium Badan Narkotika Nasional / BNN (Tetapi update terakhir, BNN sudah tidak lagi melayani masyarakat umum dalam hal SKBN. Silahkan hub nomor Customer Service BNN Tel/Fax : (021) - 80871566 / 80871567 untuk informasi lebih lanjut ).

Apa saja yang akan diperiksa untuk mendapatkan SKBN tersebut ?
Untuk mendapatkan SKBN, biasanya dilakukan pemeriksaan pada sampel urine pemohon. Urine pemohon akan ditampung di dalam sebuah wadah dan dilakukan pemeriksaan terhadap urine tersebut.

Apakah dengan pemeriksaan urine tersebut, bisa diperiksa semua jenis narkoba ?
Pemeriksaan narkoba menggunakan sampel urine hanya merupakan pemeriksaan screening. Hampir semua jenis narkoba bisa diperiksa melalui tes urine ini. Tergantung dari alat yang digunakan. Alat test narkoba ini ada yang single panel, 3 panel, 5 panel dan paling lengkap 6 panel.
Semakin banyak panel, semakin lengkap jenis narkoba yang dapat diperiksa,

Zat apa saja yang bisa diperiksa oleh alat ini ?
Zat narkoba yang dapat diperiksa diantaranya : Ganja, Kokain, Amphetamine, Metamphetamine, Benzodiazepin dan Morphine.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil pemeriksaannya ?
Untuk pemeriksaan sampel urine, waktu yang dibutuhkan cukup singkat. Hanya sekitar 1 atau 2 menit sejak alat pemeriksaan dicelupkan ke dalam urnie, hasil sudah bisa terbaca.

Berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan pemeriksaan ini ?
Untuk biaya, tergantung dari jenis alat yang digunakan. Yang paling murah adalah single panel, karena hanya bisa memeriksa 1 macam zat narkoba saja. Biaya single panel biasanya kurang dari 100.000.
Yang paling lengkap dan paling mahal adalah 6 panel, karena bisa memeriksa sampai 6 macam zat narkoba untuk sekali pemeriksaan. Biayanya berkisar 300.000 keatas.

Apa saja persyaratan yang harus dilengkapi untuk mendapatkan SKBN ini ?
Cukup bawa identitas diri yang asli dan masih berlaku, serta jangan lupa fotokopiannya juga sebagai arsip bagi laboratorium pemeriksa. Setelah mendaftar dan mengumpulkan sampel urine, urine akan diperiksa. Apabila semua hasilnya negatif (-), maka SKBN akan dikeluarkan.

Apa yang terjadi apabila ternyata salah satu pemeriksaan memberikan hasil positif (+) ?
Akan dilakukan pemeriksaan tambahan untuk hasil yang positif (+), dan biasanya ada biaya tambahan untuk pemeriksaan tersebut. Biaya tersebut akan dibebankan kepada pemohon. Setelah dipastikan hasilnya negatif (-), maka SKBN akan dikeluarkan, tetapi apabila hasilnya masih positif (+), maka SKBN tidak akan dikeluarkan.
Untuk hasil postitif (+) disarankan untuk dilakukan pemeriksaan ulang 2 atau 3 bulan kemudian.

Apakah mereka yang hasilnya positif (+) akan diproses kepada pihak berwajib ?
Untuk proses hukum, hanya aparat hukum yang berwenang melakukannya. Klinik / RS / Laboratorium hanya sebagai pelaksana pemeriksaan. Hasil pemeriksaan hanya akan diumumkan / diberikan kepada pemohon yang bersangkutan. Kecuali ada perintah dari pihak penyidik atau pengadilan yang meminta hasil pemeriksaan tersebut.

Apakah hasil positif (+) pada test urine ini sudah bisa memastikan bahwa pemohon adalah pengguna narkoba ?
Pemeriksaan menggunakan sampel urine adalah pemeriksaan screening tahap awal. Tidak semua hasil positif (+) memastikan pemohon adalah pengguna narkoba. Untuk bisa memastikan bahwa seseorang itu pengguna narkoba atau tidak, harus dilakukan pemeriksaan lanjutan menggunakan sampel darah ataupun rambut.

Apakah SKBN itu ada masa berlakunya ?
Prinsipnya SKBN itu hanya berlaku pada waktu pemeriksaan sampel urine saja. Jadi sebaiknya SKBN itu hanya dibuat dalam waktu dekat sejak dibutuhkan. Bukan dibuat jauh - jauh hari sebelum dibutuhkan.


JAUHKAN DIRI ANDA DAN KELUARGA ANDA DARI BAHAYA NARKOBA


Spoiler for Contoh SKBN:


Spoiler for Contoh Pemeriksaan Narkoba Menggunakan Sampel Urine :

Diubah oleh bluemorri 10-04-2017 11:13
0
57.6K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan