Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
Kisah di Masa Lalu yang Pernah Menghebohkan Publik


Di zaman dahulu masyarakat telah melalui masa-masa sulit dan juga perjuangan untuk mencapai apa yang kita sebut sebagai persamaan hak, yang nantinya memungkinkan kita untuk hidup setara dalam bermasyarakat seperti sekarang. Walaupun di zaman ini masih ada juga segelintir orang yang masih mengalami diskriminasi, tapi masa kini tidak seperti masa lalu...

Saat ini, semua orang dapat memilih hobi dan pekerjaan yang mereka inginkan sesuai dengan keahlian mereka. Di masa sekarang juga orang-orang bebas mau berbusana seperti apapun atau pergi ke tempat manapun yang mereka suka.

Tapi tau kah kalian, bagi orang-orang di masa lalu hal-hal yang biasa seperti itu justru sangat dikecam dan menimbulkan perdebatan di masyarakat. Kisah berikut ini akan menunjukkan secara jelas seperti apa norma-norma moralitas publik di masa lalu.
emoticon-Bingung





Pada tahun 1967, Kathrine Switzer adalah wanita pertama yang mengikuti event Boston Marathon. Tapi ternyata ada pihak yang tidak suka melihat seorang wanita mengikuti marathon tersebut. Dalam gambar ini terlihat seorang panitia mencoba mengusirnya pergi keluar lintasan, beberapa pelari juga berusaha melerai. Sejak kejadian ini, 5 tahun kemudian akhirnya wanita diizinkan untuk ambil bagian dalam event Boston Marathon.






Pada tahun 1965, supermodel asal Inggris, Jean Shrimpton mengenakan busana minidress dalam event balapan di Melbourne. Pakaiannya ini menyebabkan kehebohan diantara para tamu yang datang. Di masa sekarang fashion ini mungkin terlihat biasa-biasa saja.






Kedua gadis ini mengenakan miniskirt di jalanan Capetown pada tahun 1965. Pandangan semua orang pun 'auto-focus' tertuju pada mereka berdua. Di masa sekarang mungkin pemandangan seperti ini sudah biasa kita lihat dikota-kota besar.






Pada tahun 1966, perancang busana Perancis yang dianggap sebagai salah satu figur terbesar dalam fashion Perancis abad ke-20, Yves Saint Laurent, "membawa" mode pakaian pria, tuksedo, untuk wanita. Model-modelnya kala itu sering di provokasi karena fashion ini sangat tidak cocok bagi wanita. Sekarang? Justru wanita yang memakai mode pria masih bisa dianggap modis.






Annette Kellermann, seorang perenang profesional, aktris film, dan penulis, berpose dalam balutan swimsuit pada suatu pemrotretan. Lalu karena foto ini pulalah dirinya ditangkap dan didakwa karena dianggap berperilaku senonoh pada tahun 1907.






Di Amerika Serikat, ada perkumpulan khusus yang terdiri dari para pendukung fanatik moralitas yang berjuang melawan penggunaan pakaian renang yang tidak senonoh dan cenderung terbuka. Dalam foto ini, aktris Lila Lee mengenakan pakaian renang tradisional yang lebih sopan pada tahun 1920-an. Saat itu mode ini menimbulkan beragam reaksi dari masyarakat.






Wanita ini ditangkap dan diangkut paksa karena mengenakan baju renang dan memperlihatkan kakinya yang terbuka. (Chicago, 1922)






Elizabeth Eckford adalah salah satu dari siswa Afrika-Amerika yang merupakan murid kulit hitam pertama yang menghadiri kelas di sekolah. Kehadirannya mendapat diskriminasi. Foto ini diambil pada tahun 1957, tepat setelah Mahkamah Agung Amerika Serikat memutuskan bahwa memisahkan anak-anak di sekolah adalah ilegal. Tapi pada kenyataannya, bagaimana pun diskriminasi masih tetap ada hingga sekarang.






Perempuan di masa lalu identik dengan korset, sebagian perempuan menganggap korset itu menyakitkan dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Paul Poiret adalah perancang busana asal Prancis, dialah yang membebaskan para perempuan dari korset.






Dua siswi ini bersepeda pulang dari sekolah dan mengganti celana mereka menjadi celana ketat dan celana pendek, karena disekolah mereka tidak boleh memakainya. (Berlin Barat, 1953)






Maria Teresa de Filippis adalah seorang pembalap asal Italia. Dia adalah wanita pertama yang berlomba di ajang balap Formula One. Sosoknya sangat mengguncang dunia kala itu, walaupun karir balapnya hanya dari tahun 1958-1959. Ia meninggal pada tahun 2016, di usia 89 tahun.






Hedy Lamarr adalah seorang aktris film sekaligus matematikawan Austria-Amerika. Dirinya merusak stereotip tentang wanita cantik pada masa itu yang biasanya hanya jual tampang dan body. Ia membuktikan bahwa wanita tidak hanya bisa tampil cantik tapi juga pandai di bidang sains. Lamarr bersama komponis George Antheil menemukan sebuah teknik komunikasi spektrum sebar dan perpindahan frekuensi pertama yang diperlukan untuk melakukan komunikasi nirkabel sejak zaman pra-komputer sampai sekarang. Walaupun sempat diremehkan, penemuannya ini akhirnya menjadi dasar teknologi komunikasi spektrum sebar masa kini, seperti Bluetooth dan jaringan Wi-Fi.



Lain dulu, lain sekarang...
Hal-hal yang dianggap "WOW" dimasa lalu, akan dianggap biasa saja dimasa sekarang...
Apa yang kita anggap keren dimasa sekarang, akan dianggap kuno dimasa depan...

emoticon-cystg



Referensi: Bright Side
Diubah oleh codename.isal 26-04-2018 11:52
0
18.8K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan