shinhikarugenjiAvatar border
TS
shinhikarugenji
Honda-Yamaha-Suzuki
     Apa persamaan ketiga nama di atas? Ketiganya adalah perusahaan besar jepang, dan sama-sama bergelut dalam bidang otomotif. Ada satu lagi persamaan ketiganya, yakni sama-sama diambil dari nama pendirinya. Berhubung lagi malas ngetik panjang lebar, jadi cuma nulis deskripsi (super) singkat. emoticon-Malu (S)

1. Honda
Honda Giken Kogyo Kabushiki-gaisha aka Honda Motor Company, Ltd didirikan oleh  Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa di tahun 1949, dengan modal uang hasil dilikuidasinya Honda Technical Research Institute yang didirikan Soichiro Honda di tahun 1946. 

2. Yamaha
Yamaha Kabushiki-gaisha alias Yamaha Corporation didirikan oleh Torakusu Yamaha di tahun 1887, awalnya sebagai perusahaan pembuat piano dan reed organ. Mereka kemudian mendirikan Yamaha Motor Co. Ltd di tahun 1955, yang memproduksi sepeda motor, Kapal serta perlengkapan motor.

3. Suzuki
Suzuki Kabushiki-Kaisha alias Suzuki Motor Corporation didirikan oleh Michio Suzuki di tahun 1909, dan awalnya memproduksi alat tenun. Mereka mulai membuat mobil sekitar 30 tahun kemudian, yang terhenti saat pecahnya PDII. Mereka mulai memproduksi motor di tahun 1952, setelah kolapsnya industri kain di jepang, dan kembali menggeluti industri mobil di tahun 1955 dengan mobil Suzuki Suzulight.

Tambahan: Kawasaki
Kawasaki Jūkōgyō Kabushiki-gaisha alias Kawasaki Heavy Industries Ltd didirikan oleh Shouzou Kawasaki di tahun 1896. Bergerak di banyak bidang, salah satunya adalah Kawasaki Heavy Industries Motorcycle & Engine yang bergerak di bidang pembuatan sepeda motor, ATV, jet ski, serta kendaraan dan mesin lain.

Bagaimana dengan perusahaan otomotif lain? Toyota Motor Corporation memang mengambil nama dari pendirinya Kiichiro Toyoda, tapi diubah sedikit dari da jadi ta.

Daihatsu diambil dari kata dai (besar), kanji pertama dari Oosaka, dan hatsu dari kata hatsudouki seizou (pembuat mesin). Mitsubishi Group berawal dari Mitsubishi Zaibatsu yang didirikan oleh Iwasaki Yatarou, dan Mitsubishi atau tiga berlian sendiri tercermin dalam logo perusahaan mereka.
Diubah oleh shinhikarugenji 22-04-2018 07:44
abellacitra
pakisal212
pakisal212 dan abellacitra memberi reputasi
3
3K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan