█│DISKUSI│█ Semua tentang impor/ekspor/shipping/forwarding/bea cukai
Maap sebelumnya kalo ini salah tempat.
Aku lihat forum bisnis di sini lebih banyak di isi dengan iklan2 PTC dan MLM online yg gak jelas juntrungannya.
Di sini aku coba mengangkat sebuah topik tentang segala yg berkaitan dengan ekspor/impor dan bea cukai, bahkan jika memungkinkan para forwarder bisa membagi informasi di sini dan mendapatkan klien
KPK saat ini tengah mengawasi ketat bea cukai yang menyebabkan para importir mendapatkan kesulitan dalam mengeluarkan barang.
Ayo mari diskusi dan dibuka semuanya di sini
Kalo sempet nanti aku upload buku panduan BTBMI untuk pajak bea cukai.
Original Posted By battleoff►Halo gan mau nanya, kan ane baru coba forwarder baru, waktu awal nanya nanya, mereka charge per kg dan min charge 5kg. Nah, kemaren barang Sampe di Indo malah ane kena charge volume juga. Jadi ane disuruh bayar charge 5kg sama charge volume barang saya 6.6kg. Setau ane kalau lebih besar volumenya kan ane kena charge yg volumenya aja, biaya kg ga diitung. Nah menurut agan gimana nih ? emang ada ya jasa forwarder charge kedua duanya kg sama volume ?
setiap ff kadang beda memberlakukan tarif udara.
Ada yg hitung full volume, maksudnya jika volume (6.6) lebih besar daripada aktual kg (5) maka akan ditagih volume (6.6)
ada juga yg hitung selisih volume, maksudnya jika volume (6.6) lebih besar daripada aktual kg (5) maka perhitungannya : aktual kg (5) + selisih volume (6.6 - 5 = 1.6)
harga selisih volume beragam tergantung ff nya, biasanya harga termahal vol charges setengah dari harga kg. Contoh 100,000/kg maka vol chargesnya 50,000. Jadi total yg dibayar (aktual kg) 500,000 + (selisih volume) 80,000 = 580,000
Nah maksudnya agan ditagih doble itu apa hitung selisih volume seperti yang ane jabarin diatas? Atau agan ditagihnya 5kg + volume 6.6?
Kl seperti yang ane bold, coba diskusikan lagi sama ff nya. Airlines pun ga memberlakukan tarif doble seperti yg ane bold
Original Posted By fillofish6►Agan tanyain hs code ke seller. trus check di web insw. nanti agan bisa liat taruf pajak ama perijinan yg dibutuhkan (lartas/non lartas).
klo ternyata non-lartas y bisa langsung impor.
tapi kalo ternyata lartas, ya harus dipenuhi dulu perijinannya.
kalo agan butuh bantuan impor, kontak ane ada dibawah.
Original Posted By dhee071574►setiap ff kadang beda memberlakukan tarif udara.
Ada yg hitung full volume, maksudnya jika volume (6.6) lebih besar daripada aktual kg (5) maka akan ditagih volume (6.6)
ada juga yg hitung selisih volume, maksudnya jika volume (6.6) lebih besar daripada aktual kg (5) maka perhitungannya : aktual kg (5) + selisih volume (6.6 - 5 = 1.6)
harga selisih volume beragam tergantung ff nya, biasanya harga termahal vol charges setengah dari harga kg. Contoh 100,000/kg maka vol chargesnya 50,000. Jadi total yg dibayar (aktual kg) 500,000 + (selisih volume) 80,000 = 580,000
Nah maksudnya agan ditagih doble itu apa hitung selisih volume seperti yang ane jabarin diatas? Atau agan ditagihnya 5kg + volume 6.6?
Kl seperti yang ane bold, coba diskusikan lagi sama ff nya. Airlines pun ga memberlakukan tarif doble seperti yg ane bold
ane ditagihnya 5+6.6kg gan jadi disuruh bayar 11,6 kg. Dari 2 hari kemaren tetep ngotot mintanya bayar segitu gan, nah ane ogah kan, trus sama ffnya yg 6.6kg disuruh bayar setengah harga saja, dari sini ane curiga gan, kok mau mau aja mereka motong setengah harga alesanya karena mereka kena charge cukai gara gara volumenya
Original Posted By nyuki►
Wah enak ya,
bisa nitip nih buat nerima barang.
tapi ngluarin dari batam ke jawa bakal kena pajak/cukai ya ?
Keluar batam kena pajak klu harga barang diatas 500rb..tp namanya org indo gan ada aja caranya ngakalin..biasanya klu barang yg kecil2 kyk casing dipack kecil2 sebar ke beberapa expedisi.beres dah gak kena pajak😁
Original Posted By battleoff►ane ditagihnya 5+6.6kg gan jadi disuruh bayar 11,6 kg. Dari 2 hari kemaren tetep ngotot mintanya bayar segitu gan, nah ane ogah kan, trus sama ffnya yg 6.6kg disuruh bayar setengah harga saja, dari sini ane curiga gan, kok mau mau aja mereka motong setengah harga alesanya karena mereka kena charge cukai gara gara volumenya
barangnya udah agan terima atau blm? Kl blm, diskusikan lagi cari solusi terbaik. Mau ga mau kan agan tetap harus nebus barangnya, daripada malah rugi ga bisa dagang sama sekali. Dan anggap aja pembelajaran dari pengalaman.
Saran aja sih buat ff yg lain. Sering sering aja bikin kasus begini, biar ff competiror lain bisa nambah customer baru
ane ditagihnya 5+6.6kg gan jadi disuruh bayar 11,6 kg. Dari 2 hari kemaren tetep ngotot mintanya bayar segitu gan, nah ane ogah kan, trus sama ffnya yg 6.6kg disuruh bayar setengah harga saja, dari sini ane curiga gan, kok mau mau aja mereka motong setengah harga alesanya karena mereka kena charge cukai gara gara volumenya
Keliatan banget nyari duitnya ga bener itu. Itu pasti kerjaan marketingnya deh kemungkinan. Soalnya kalau owner, pasti cuma ngancurin reputasi companynya sendiri.
Handcarry ECU second untuk mobil (barang titipan teman)
Agan-agan,
mau tanya dong kalo aku dititipin bawa pulang sparepart mobil, second (barangnya namanya ECU, kondisi second) dari singapore ke jakarta gitu bakal kena cekal ga sih di airport? cuma satu barangnya dan ga terlalu besar, tapi katanya kalo handcarry sparepart bekas buat mobil suka kena cek, terus katanya kalo udah pernah kena cek di bea cukai, passportnya nanti di mark terus nanti kalo ke luar negri lagi bawa belanjaan jadi susah
menurut agan-agan gimana? dan baiknya gimana?
ane ditagihnya 5+6.6kg gan jadi disuruh bayar 11,6 kg. Dari 2 hari kemaren tetep ngotot mintanya bayar segitu gan, nah ane ogah kan, trus sama ffnya yg 6.6kg disuruh bayar setengah harga saja, dari sini ane curiga gan, kok mau mau aja mereka motong setengah harga alesanya karena mereka kena charge cukai gara gara volumenya
Halo gan, mohon bantuannya sharing FF yg agan pake. Mungkin sekalian tarifnya by air / sea.
Saya mau impor barang dari Tiongkok HS Code 8542. Trims gan
Original Posted By ralc►Kalau barang non lartas by sea resmi biasa kena berapa per cbm ya?
kl resmi jgn terlalu fokus sama ongkos kirim gan. Tp nilai barang beserta BM dan kawan kawannya. Kecuali barang sampai 6cbm lebih baru berasa, terutama Local Charges di jkt nya. Lebih dari 6cbm atur pake 20' lebih murah ketimbang LCL.
Kl cuma ocean freight doang mah dari beberapa negara ada yg usd 0/cbm
Original Posted By Sumpono►Halo minta review ble55indo sama W3 dong mastah2?
Rencana mau coba import 5kg dari cina ke jkt
Makasih
*pusing baca2 banyak yg jualan daripada diskusinya
aman aman aja gan.. ane pake mereka juga.. pas redline parah kemarin sempet pake blesindo.. parah sampe 4bulan baru kluar.. tapi yo intinya kluar seh.. hahahahahhaa.. kemarin pake w3 juga kna redline.. tapi mereka bantu proses dan kluar juga..
ga bakal menang lawan mereka gan.. ente posisi kejepit.. ga dibayar ga kluar.. dibayar sakit tapi ga kluar darah.. wkwkwkwk.. bayar aja gan.. tapi blacklist tuh ff dari hidupmu.. ane blm pernah diperlakukan seperti itu.. kalo aku ga bisa sih digituin.. share aje nama ff nya gan.. biar malu.. dan agan2 disini ga kejebak dalam pusaran hitam ff itu..
Anda akan meninggalkan Entrepreneur Corner. Apakah anda yakin?
Lapor Hansip
Semua laporan yang masuk akan kami proses dalam 1-7 hari kerja. Kami mencatat IP pelapor untuk alasan keamanan. Barang siapa memberikan laporan palsu akan dikenakan sanksi banned.