Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yunikeluthAvatar border
TS
yunikeluth
Kisah dibalik lolos SBMPTN
Halo teman-teman pejuang SBMPTN! Semangat yah untuk berjuang nanti!! Disini aku mau share pengalaman lolos SBMPTN tanpa bimbel. Selamat membaca dan semoga bisa jadi motivasi untuk teman-teman.

Untuk teman-teman yang ga lolos SNMPTN gausah berkecil hati yah. Aku juga pernah merasakan ko gimana sakitnya dan kecewanya ditolak oleh PTN yang lebih sakit dari doi nyuekin kita hehe. Tapi, kalo kita berlarut-larut sedih gaakan bikin kita jadi masuk PTN kan? PTN gak akan mengasihani kita kecuali kita yang berjuang. Ko berjuang? Iya kita berjuang masuk PTN melalui SBMPTN.

Setelah aku dinyatakan tidak lolos SNMPTN sempet ngedown karena gamau SBMPTN karena banyak orang bilang soalnya lebih susah dari soal UN. Dan kenyataannya itu emang iya, soal-soalnya emang lebih susah dari soal UN. Tapi, karena tekad yang kuat ingin kuliah di PTN akhirnya aku menguatkan diri dan membulatkan tekad untuk daftar SBMPTN. Setelah daftar bingung karena ga ikut bimbel apapun dan pesimis bisa lolos dan masa iya harus 2 kali ditolak PTN? Lagi-lagi menguatkan diri sendiri.

Akhirnya aku beli buku soal-soal yang dikerjakan sendiri. Gaada jam khusus buat ngerjainnya dan setiap ngerjain itu ga dipatok harus berjam-jam. Aku cuma ngerjain sehari 1 atau 2 kali aja. Sistem aku gini, aku kerjain sendiri lalu disamakan dengan kunjaw. Nah kalo ada yang salah aku pelajari dari kunjaw itu gimana jawaban yang benar.

Tapi masih ada 1 masalah lagi. Aku sekolah di jurusan bahasa sedangkan SBMPTN gaada program khusus untuk anak bahasa. Aku ambil soshum yang didalemnya ada sosiologi, ekonomi, geografi dan lain-lain. Anak bahasa yang 3 tahun ga menyentuh mata pelajaran itu harus belajar dengan waktu kurang lebih sebulan keempat matpel itu dan tanpa bimbel pula, makin bimbang, makin takut dan pesimis gimana kalo aku ga lolos? Aku gamau ditolak lagi untuk kedua kalinya.

Untungnya temen-temen dan support. Jadi ada motivasi lagi dari diri sendiri dan mau buktiin bahwa aku bisa masuk PTN melalui usaha aku sendiri. Usaha gaakan mengkhianati hasil, itu mindset aku. Dan diselingi doa-doa setiap selesai sholat.

Nah soal SBMPTN kan ada 2 paket yah. Ada TKPA dan TKD. Jumlah soalnya ada 150 soal. Berarti bisa jadi 75 soal TKPA dan 75 soal TKD atau 90 soal TKPA dan 60 soal TKD. Aku kebagian di option kedua waktu itu. Temenku bilang, fokus aja ke soal TKPA, perbanyak jawab di soal itu. Kalo TKPA banyak diisi dan yakin benar insyaallah bisa lolos.

Aku ngikutin saran temenku. H-1 sebelum SBMPTN aku survey lokasi. Waktu itu aku ujian di SMAN 5 Bandung. Buat teman-teman yang belum pernah SBMPTN sebelumnya, kalo kalian mau janjian daftar bareng temen pun belum tentu dapet tempat yang sama jadi lebih baik daftar saat kalian udah benar-benar siap dan ga harus nunggu temen kalo menurut aku.

Waktu ujian SBMPTN, jangan lupa bawa alat tulis dan kartu peserta lengkap. Usahakan dateng ke lokasi maksimal 30 menit sebelum ujian di mulai. Jangan lupa sarapan karena mikir butuh tenaga teman-teman. Kerjakan soalnya semampu kita, kejujuran harus jadi no 1. Di SBMPTN ini aku ngerasa bahwa buah dari kejujuran itu manis. Waktu yang dikasih untuk ujian itu 105 menit/sesi. Kebayang ga dikitnya waktu itu. Waktu SMA, 50 soal UAS dikasih waktu 2 jam sedangkan ini kurang dari 2 jam. Maka dari itu kalian harus pake strategi.

Kerjakan dulu soal yang bener-bener kalian yakin itu jawabannya benar. Karena SBMPTN itu bukan dilihat dari berapa banyak soal yang kalian kerjakan tapi dari berapa banyak jumlah jawaban yang benar. Jadi kalo kalian baca soal dan menurut kalian itu sulit tinggalin aja. Pindah ke soal yang lain. Usahakan ngerjain setengahnya dari jumlah soal, kalo lebih pasti lebih bagus. Karena waktu aku SBMPTN pake sistem minus jadi aku main aman. Aku ngerjain setengah dari jumlah soal di TKPA dan TKD karena takut banyak minus kalo ngerjain asal-asalan.

Meskipun main aman tapi ada 1 kekhawatiran. Aku ga ngisi soal matematika dasar satupun karena menurut aku emang bener-bener susah. Jadi takut ga lolos, ah pokonya banyak takutnya deh.

Setelah SBMPTN masih belum ngerasa lega karena masih harus nunggu hasilnya. Belajar dari SNMPTN yang terlalu yakin bakal lolos tapi nyatanya ditolak. Jadi untuk SBMPTN ini aku ga terlalu berharap karena takut kecewa lagi. Sambil nunggu pengumuman cari-cari info univ swasta buat cadangan takutnya ga lolos lagi. Sering-sering ngumpul sama temen-temen juga biar ga terlalu kepikiran.

Waktu pengumuman SBMPTN, pengumuman dibuka jam 2. Banyak temen-temen aku yang buka laman webnya langsung dan bilang kalo mereka ga lolos. Aku jadi takut buka laman itu, belum siap nerima kalo emang aku ditolak lagi. Banyak temen yang nanya gimana hasilnya? Lolos atau engga? Tapi dengan mereka nanya ga bikin aku ingin buka laman itu. Sampe maghrib, aku belum tau aku lolos atau engga. Akhirnya sodara aku yang greget karena aku ga buka-buka laman itu jadilah dia yang buka lamannya emoticon-Smilie

Dan hasilnyaaa....... Alhamdulillah Allah menjawab setiap doa aku di setiap sholat, Allah membalas kejujuran dengan hasil yang indah, Allah memberi balasan yang setimpal dari usaha aku. Aku lolos di UPI jurusan Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia. Rasanya lebih dari kebahagian yang aku pernah rasain sebelumnya. Semua beban yang ada di pundak seketika diangkat. Bahagia luar biasa, ga nyangka bahwa aku mampu masuk PTN dengan usaha aku sendiri.

Nah buat teman-teman, selalu yakin dan optimis, tapi jangan terlalu yah karena apapun yang terlalu itu ga baik. Gaada yang ga mungkin. Bulatkan niat dan tekad teman-teman bahwa kalian bisa, kalian harus kalahkan SBMPTN, buktikan pada diri sendiri dan semua orang bahwa kalian mampu. Kalian juga harus ingat Allah, jangan besar kepala, selalu berdoa sama Allah semoga diberikan jalan yang terbaik.

Sekali lagi semangat teman-teman!! Semoga kisah aku bisa menjadi inspirasi buat kalian yah. Semangat menggapai cita-cita kalian semua. Semoga tercapai aamiin.
0
6.3K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan