Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jacob.juniorAvatar border
TS
jacob.junior
Tips n Trik Ampuh Lolos SBMPTN 2018
Assalamualaikum wr wb..
Hello agan-aganwati... Ciyeh yang mau UN, semangat yess.. Apalagi yang sekarang UN pakai komputer, terus semangat buat kalian ☺. Fighting!! Jangan lupa sebelum ujian komputer beserta seperangkat alat sholatnya di doa-doa dulu.. Hhhh.. Bercanda gan. Tapi ini serius, buat kalian agan aganwati yang manis cantik, ganteng, ngegemesin dan imut ini, belajarnya ditingkatkan, ibadahnya ditingkatkan, mainnya dikurangin dan pacarnya ditinggalin. 🤐
But nih, persiapan UNBK pasti sudah matang lah ya.. kan sudah digodok sedemikian rupa melewati beberapa try out yang mengancam jiwa. Apabali kalau gak lulus dapat dua penderitaan, yakni nilainya jelek dan kedua bayar denda. Ane sendiri  gak faham kenapa pungli (pungutan liar) ini masih diberlakukan, hhhh. Eits tapi ini sebenernya bukan pungli gan, buat agan yang di sekolahnya juga nerapin denda buat agan yang gak lulus try out, sebenarnya itu adalah teguran buat agan, supaya agan rajin belajar, dan itu juga agar uang agan bisa menjadi doa buat kalian agar lebih baik, kan uangnya disedekahin tuh. 
Btw, ane disini gak mau bahas mengenai soal UN, persiapan UN wa ala alihi wa sohbihi ajmain karena pasti sudah dipersiapkan oleh guru agan masing-masing. Ane disini mau bagi pengalaman kakak mengenai tips n trik lolos SBMPTN yang insyaAllah agak manjur. Kan setelah lulus MA/SMA/SMK pastinya agan-agan pengen kuliah kan, buat nambah khazanah keilmuan agan. Yang rangkingnya bagus seneng, paling gak bisa turut berpartisipasi alias masuk dalam 50% yang diperbolehkan ikut SNMPTN. Namun buat agan-agan yang gak bisa ikut SNMPTN, jangan gundah, galau, risau dan merana, sebab masih banyak jalur untuk masuk kuliah, peribahasanya itu, banyak jalan menuju Roma. (
Penasaran gak sama tips n triknya ?
Kalo gak penasaran yasudah, tinggalkan saja halaman ini  😰namun buat agan-agan yang penasaran apalagi penasarannya pakai banget, pantengin terus halaman ini karena ane punya tips n trik buat lulus SBMPTN. Okay, cekidot.

Pertama, agan harus daftar dulu. Sebab tidak mungkin agan akan lulus lewat jalur SBMPTN tanpa mendaftar. Portal pendaftaran SBMPTN dapat diakses di halaman ini www.sbmptn.ac.id  di portal itu, nantinya agan bakal disuruh menuliskan identitas diri agan beserta kampus yang ingin agan masuki. Disana agan diberi pilihan untuk mengisi tiga jurusan dengan tiga kampus. Agan bebas mau mengisi satu kampus satu jurusan, dua kampus satu jurusan, tiga kampus tiga jurusan, pokoknya terserah aganlah. Nah, dari pilihan kampus tersebut, maka pihak panitia SBMPTN akan menentukan lokasi kampus mana yang akan agan tempati untuk tes SBMPTN berdasarkan wilayah kampus yang agan pilih. Misalnya, agan milih UNAIR (jawa timur), UI(jawa barat), UNY(jawa tengah), maka agan akan diberi pilihan untuk tes di wilayah jatim, jabar, dan jateng. Agan bebas milih mau tes di jawa bagian mana. Kemudian, misal agan pilih tes di jawa timur, maka agan akan diberi pilihan untuk tes di kota yang berada di wilayah jawa timur. Misal agan pilih kota Surabaya. Maka  nanti panitia SBMPTN akan memberikan lokasi kampus untuk tes agan, bisa di ITS, UNAIR, UINSA, UBAYA, dan sebagainya, terserah si panitia SBMPTN. Intinya nih gan, kita cuma bisa pilih kota tesnya, untuk kampusnya ditentuin sama panitia SBMPTN. Satu lagi gan, syarat agan bisa tes di wilayah tersebut, misal di Surabaya, maka salah satu dari kampus pilihan agan harus berada di wilayah Jawa Timur. Kecuali kalau pilihan agan hanya satu kampus satu jurusan, maka agan bebas menentukan di kota mana agan mau tes SBMPTN. Oh ya gan, JANGAN LUPA minta KAP sama PIN agan ke sekolah agan masing-masing, agar agan bisa mendaftar. Setelah mendaftar, agan akan disuruh untuk membayar uang pendaftaran, yakni Rp.200.000,- melalui bank Mandiri, bank BNI, dan bank BTN. Kecuali kalau agan mendaftar lewat jalur bidikmisi, maka agan tidak akan dikenakan biaya pendaftaran.Di SBMPTN 2018 ini, agan-agan diberi tenggat waktu 3-4 hari buat bayar biaya pendaftaran. Nanti kalo agan udah bayar, agan baru bisa cetak kartu peserta agan. INFO : pendaftaran SBMPTN sudah dibuka mulai kemarin yakni 5 April 2018. URGENT: tips n trik pertama buat lulus SBMPTN ini adalah perhatikan KAMPUS dan JURUSAN yang agan pilih. Sesuaikan passing grade keduanya dengan kemampuan yang agan punya.

Kedua, agan harus mengikuti tes SBMPTN di kampus yang telah ditentukan panitia SBMPTN pada tanggal 8 Mei 2018. Sebab, jika agan tidak mengikuti tes, atau mengikuti tes di kampus yang tidak seharusnya, atau mengikuti tes di kampus yang benar namun di tanggal yang salah, maka agan tidak akan lolos tes SBMPTN. Saat menjelang tes, tenangkan diri dan jaga pikiran agar tidak sampai stress. Olahraga ringan sebelum pergi ke tempat tes mungkin akan membantu sirkulasi darah menjadi lancar sehingga meminimalisir terjadinya stress. Hindari belajar pada 5 jam sebelum SBMPTN, karena itu akan mengganggu pikiran kalian. URGENT: jika agan berasal dari luar kota kampus tersebut, misal agan orang Lamongan, dan tes SBMPTN di Surabaya, maka usahakan untuk hadir di Surabaya pada tanggal 7 Mei 2018. Agar agan tidak terlalu terburu-buru. 

Ketiga, belajar soal-soal SBMPTN. Di SBMPTN ada tiga tipe soal, pertama soal saintek, soshum dan ketiga adalah campuran. Namun ketiganya tetap mengandung TPA. agan akan mendapatkan soal bertipe saintek, apabila ke tiga jurusan yang agan pilih semuanya adalah bertipe saintek. Begitu juga sebaliknya dengan soshum. Namun apabila di antara ketiga jurusan yang kalian pilih ada satu jurusan yang bersifat saintek ataupun sebaliknya maka kalian akan mendapat soal bertipe campuran (saintek ada soshum ada). Jika waktu kalian terbatas, ane usul, supaya agan memilih jurusan yang bertipe saintek atau soshum, bukan keduanya. dengan demikian, agan bisa lebih fokus untuk belajar. Belilah buku-buku yang dijual di pasaran untuk mempersiapkan SBMPTN. Namun jika uang agan terbatas, agan bisa mendownload soal-soal SBMPTN tahun lalu di internet beserta kunci jawaban dan caranya. Dengan demikian agan punya referensi untuk menjawab soal-soal tersebut. Pada saat kayak gini, semangat belajar agan harus digas, karena sudah tinggal sebulan lagi menuju tes SBMPTN. Namun buat agan-agan yang UN, tetap belajar untuk UN dulu. URGENT : Perhatikan tipe-tipe soal yang berada pada soal SBMPTN. Belajarlah secara berkelompok.

Keempat, ikut bimbel SBMPTN. Yups,, salah satu cara belajar adalah mengikuti bimbel. Mengikuti bimbel memberikan banyak faedah buat agan. Karena di bimbel nih, agan-agan tidak hanya belajar menyelesaikan soal-soal SBMPTN, namunjuga mendapat  pengarahan mengenai SBMPTN yang lebih banyak, luas, dan terpercaya. Selain itu, agan juga bisa dapat bonus tambahan jam untuk privat dengan tentor. Agan juga bisa konsultasi mengenai masalah SBMPTN agan, baik jurusan yang mau dipilih dan sebagainya. Nah, yang paling dinanti nih gan, pelajar di bimbel ini memiliki semangat yang tinggi karena mendapat motivasi yang besar dari para tentornya. Selain itu juga dapat jaminan kelulusan SBMPTN. Siapa yang gak euphoria coba. Tapi nih gan, yah.. telah kita ketahui bersama, bahwa bimbel membutuhkan uang yang gak sedikit lah. Namun buat agan-agan yang memiliki keadaan uang terbatas gausah sedih, tetap dipersiapkan dengan matang SBMPTNnya dan ditingkatkan terus belajarnya. URGENT : Pilih tempat bimbel yang sudah terpercaya!

Kelima, targetkan latihan soal. Salah satu cara belajar efektif adalah dengan menargetkan sesuatu. Jadi agan diharuskan untuk menarget berapa soal yang harus agan selesaikan setiap hari. Dengan demikian, agan akan lebih cepat belajar.  Apalagi jika target itu meningkat setiap hari, seperti, hari ke-1 10 soal, hari ke-2 15 soal, dan seterusnya. Nah, agar penargetan ini berhasil, berilah reward buat agan. Misal jika agan berhasil menyelesaikan soal sesuai target, maka berilah hadiah buat agan, misal es krim, dan lain-lain. Dan jika agan tidak berhasil meneyelesaikan soal sesuai target, maka berilah ganjaran buat agan, misal bersih-bersih, dan sebagainya. Dengan demikian akan tercipta hidup damai dan tenang. Namun nih gan, jangan sampai lupa untuk istirahat yang cukup, agar agan-agan tetap sehat dan senantiasa dapat belajar menyelesaikan soal lagi (. URGENT: Jangan hafalkan rumus  tapi dibiasakan dengan latihan soal setiap hari. 

Keenam, mengikuti try out SBMPTN. Try out SBMPTN ini dapat dilakukan di kampus atau di tempat bimbel. Banyak kampus-kampus lokal yang mengadakan Try out, misalnya UB. Di instagram juag banyak sponsor mengenai try out SBMPTN. Tujuan dari mengikuti try out SBMPTN ini adalah untuk mengukur kemampuan agan, agar gan tahu, nyampek dimana sih tingkat passing grade agan. Dengan demikian, agan bisa menyesuaikan dengan kampus dan jurusan yang akan agan pilih nantinya, seperti yang telah dijelaskan dipoint pertama. Jika dirasa kurang, maka gan harus belajar lebih keras lagi. Dan jika dirasa cukup maka agan aharus mempertahankan dan ebisa mungkin untuk meningkatkan.URGENT: Jangan terlalu terpaku dengan hasil try out. Selalu perbaiki!

Ketujuh, ibadah ditingkatkan. Tak dapat dipungkiri, bahwa campur tangan Tuhan itu benar adanya. Oleh karena itu, agan harus selalu memperbaiki diri, dengan meningkatkan ibadah, bersikap baik kepada semua orang, berprilaku baik, dan jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua. Jadi buat agan yang biasanya sering marah-marah gak jelas, harus segera dihentikan dan diganti dengan senyum indah yang menawan. Dengan demikian hidup menjadi lebih damai dan tentram. Memperbanyak sedekah juga mungkin akan membantu agan. Sebelum agan berangkat tes, usahakan untuk meminta restu sama orang tua, buat kesusksesan agan. URGENT: bangun malam buat sholat hajat. Puasa senin kamis. Sama orang tua yang nurut.

Ah.. akhirnya selesai juga nulis tips n triknya. Yah.. itu saja yang bisa ane bagikan, semoga berguna bagi agan-agan sekalian. Apabila ada kata, data maupun metode yang salah, mohon dimaafkan, karena ane juga hanya seorang manusia biasa yang jauh dari kata sempurna. Selalu semangat buat agan, semoga sukses menghadapi SBMPTN 2018! SEMANGAT!!
Wassalamualaikum wr wb. 
Diubah oleh jacob.junior 06-04-2018 04:55
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.4K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan