Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ullyxAvatar border
TS
ullyx
Asal Usul Gelar Nama "ANDI" Masyarakat Bugis, Sulawesi Selatan


Opening

Quote:




Tentang Suku Bugis

Suku Bugis berada di Sulawesi Selatan. Anggota masyarakat suku ini merupakan hasil akulturasi dari berbagai etnis. Masyarakat Melayu dan Minangkabau yang datang ke daerah ini, tepatnya Kerajaan Gowa, sekitar abad 15 juga dapat dikelompokkan sebagai masyarakat Bugis. Masyarakat Suku Bugis menyebar ke berbagai penjuru Indonesia, bahkan hingga luar negeri.

Jika membicarakan asal-usul keberadaan suku ini, jangan ragukan soal panjangnya cerita yang akan Anda dapat. Semua bermula dari kebiasaan masyarakat La Sattumpugi, masyarakat yang saat ini mendiami Kabupaten Wajo, yang menyebut dirinya dengan nama to ugi. To ugi sendiri adalah sebutan bagi pengikut La Sattumpugi. Ceritanya berlanjut hingga kemudian La Sattumpugi memiliki anak bernama We Cudai dan Batara Lattu. Batara Lattu kemudian memiliki anak bernama Sawerigading. Sawerigading sendiri menikah dengan We Cudai dan memiliki anak bernama La Galigo. La Galigo merupakan seorang sastrawan besar yang melahirkan ribuan karya sastra.
Masyarakat Bugis pun membentuk beberapa kelompok kerajaan. Kerajaan Bugis yang tergolong memiliki usia tua adalah Kerajaan Bone, Kerajaan Luwu, Kerajaan Soppeng, Kerajaan Sawitto, Kerajaan Sidrap, Kerajaan Rappang dan Kerajaan Sidenreng. Pernikahan yang terjadi antara masyarakat Makassar dan Mandar membuat percampuran darah antara dua budaya tidak bisa lagi dielakkan.

Arti kata "ANDI"

Seperti yang kita ketahui, nama Andibiasanya juga ditulis Andy karena ada kemiripan dalam pengucapannya seperti Andy Lau, Andy Warhol dan ada ratusan nama yg menggunakan awalan nama mereka dengan kata Andy seleb Andy. Tetapi, dalam Adat Bugis nama Andi (bukan akhiran huruf Y) adalah gelar yang digunakan para bangsawan Bugis. Sebutan “Andi” adalah sebutan alur kebangsawanan yang diwariskan hasil genetis (keturunan) Lapatau, pasca Bugis merdeka dari orang Gowa (Kampung Masyarakat Makassar).
Jika ada yang bertanya, apakah nama Andi dan Andy memiliki hubungan atau keterkaitan dalam hal pemberian nama tersebut, ane terus terang tidak tau gan. Tetapi yang pasti Masyarakat Bugis sejak dahulu dikenal sebagai Pelaut ulung. Bisa jadi nama Andi juga merupakan salah satu penyebaran yg dilakukan pelaut Bugis ke seluruh dunia. Wallahu a'lam...

Spoiler for Sejarah nama ANDI:


Nama Gelar Bugis selain Andi


Di bugis di kenal nama yang menjadi ciri khas gelar kebangsawanan seperti Andi, Baso, Besse atau Tenri. Andi untuk keturunan bangsawan asli yang paling tinggi tingkatannya atau kedua orang tuanya adalah Andi maka secara otomatis maka anaknya juga bergelar Andi sedangkan jika orang tuanya cuma satu maka di beri gelar Baso untuk laki-laki dan Besse untuk perempuan. Tenri biasanya dipakai jika masih keturunan bangsawan. Selain itu sering juga nama-nama tersebut digabung menjadi Andi Baso, Andi Besse, Andi Tenri.


Macam-macam penggunaan Gelar Andi dalam nama Bugis


- Andi Makkarella
- Andi Azis
- Andi Farida
- Andi Maddaremmeng
- Andi Makkatengnga
- Andi Mappanyukki
- Dll

Kesimpulan

Gelar Andi memiliki cerita sejarah yang cukup panjang. Semua terangkum dalam kebudayaan masyarakat Bugis.
Untuk itu, ketika membicarakan gelar yang satu ini, kebudayaan masyarakat Suku Bugis secara tidak langsung juga akan ikut dibicarakan...
Namun, di masa sekarang pemberian nama Andi tidak sama dengan dulu, sekarang Nama Andi sudah banyak dipakai walaupun kedua orang tuanya bukan Andi bahkan ada yang cuma punya kerabat bergelar Andi makanya merekapun memberi nama mereka Andi, biasanya mereka ini adalah mereka yang belum paham struktur dan silsilah serta pemberian nama gelar bangsawan Andi.


Semoga dengan adanya thread ini, agan2 bisa lebih mengetahui makna dari kata Andidan
Suku Bugis secara luas

emoticon-Shakehand2



Sumber Thread:

blogerbugis.blogspot.com
rappang.com
portalbugis.wordpress.com
kompasiana.com
anneahira.com
sumber pic

Makasih atas perhatiannya, mohon maaf klo masih agak berantakan Thread nya gan... emoticon-Malu


Komentar dan masukannya ditunggu gan...

emoticon-Shakehand2


Diubah oleh ullyx 05-02-2015 07:11
yenyoktafia
yenyoktafia memberi reputasi
1
446.4K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan