Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

FaizalamAvatar border
TS
Faizalam
Menhan : Mari Wujudkan Keamanan, Kedamaian dan Kesejahteraan di Kawasan Indo-Pasifik
Menhan Ryamizard Ryacudu memandang pentingnya keamanan, kedamaian dan kesejahteraan di Kawasan Indo-Pasifik. Karena itulah, pentingnya penguatan persamaan dan persaudaraan bagi negara-negara di Kawasan Indo-Pasifik.


Indonesia memandang perlunya negara-negara kawasan Indo-Pasifik untuk bersama-sama membesarkan persamaan yang ada dan mengecilkan perbedaan yang selama ini dapat melemahkan hubungan persaudaraan, sehingga akan lebih memperkuat kerja sama yang sejalan dengan the spirit of ASEAN dan spirit of ASEAN plus.

"Pada akhirnya, kita semua dapat menyelesaikan setiap persoalan dan perbedaan yang ada dengan semangat perdamaian dan persatuan," ujar Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamizard Ryacudu dalam acara The 5th Putra Jaya Forum di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (16/4/2018).

Dalam forum yang mengangkat tema "Recalibrating Regional Security Architecture" tersebut, Menhan Ryamizard menyampaikan bahwa pada hakekatnya bangsa yang berada di kawasan ASEAN memiliki prinsip dasar dan tujuan hidup yang sama sebagai manusia, yaitu keinginan untuk mewujudkan kawasan yang damai, aman, dan sejahtera.

"Untuk itu, dalam merumuskan Kalibrasi ulang Arsitektur Keamanan Kawasan perlu selalu mengacu pada kondisi aktual potensi ancaman kawasan masa kini dan masa yang akan datang," katanya.

Menurut Menhan Ryamizard, hakekat tantangan dan ancaman ASEAN pada masa kini berbeda dengan ancaman yang dihadapi pada 51 tahun lalu.

Ke depan, kata dia, ancaman tidak lagi bersifat konvensional atau perang terbuka antarnegara, tetapi lebih bersifat ancaman realistik benturan kepentingan yang mengatasnamakan ideologi tertentu dari kelompok, golongan, maupun aktor nonnegara yang merasa termajinalisasi oleh keadaan.

"Guna mengatasi potensi ancaman nonfisik terhadap komunitas ASEAN, kita perlu terus melakukan komunikasi secara rutin dengan mekanisme yang sudah terbentuk. Seperti forum pertemuan para Menhan dalam Forum ADMM Retreat, ADMM Plus, Forum Shangrila Dialog, dan Forum Putrajaya seperti saat ini," tuturnya.

Pada akhirnya, lanjut Menhan Ryamizad, kebutuhan untuk mengkalibrasi ulang arsitektur keamanan regional ASEAN menjadi sebuah urgensi yang perlu segera direalisasikan agar masing-masing negara di kawasan indo-Pasifik dapat menavigasi setiap ancaman dan tantangan di kawasan dengan tepat dan benar, serta proporsional.

"Hal ini dilakukan tidak lain adalah demi menunjukan visi para pemimpin negara di belahan dunia manapun, yaitu untuk mewujudkan kesejateraan dan keamanan bagi rakyatnya," tandasnya. 
 
 sumber : https://jpp.go.id/polkam/hankam/3198...nkan-persamaan
0
754
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan