xenoprotonAvatar border
TS
xenoproton
Tips & Trik Meningkatkan Kecepatan & Performa Old Laptop/Netbook/PC Hingga 700%

Anda punya tablet, netbook, pc dan laptop tua peninggalan jaman dinosaurus yang udah super lambat dan bikin kesal plus tidak ada duit untuk beli laptop baru. Kita dapat meningkatkan kecepatan laptop tua hingga 700% via hardware dan software. Dan hanya dapat di capai dengan fresh install atau install ulang. Syarat utama PC atau Laptop anda harus sudah mendukung ram ddr3 dan 64 Bit cpu.

Langkah-langkah yang harus di lakukan

1. Gunakan Samsung SSD Seri 850 Evo atau 860 Evo sebagai tempat instalasi os anda. Dan sebelum di gunakan ubah mode hdd anda dari ide menjadi ahci via pc bios.

Untuk saat ini ssd yang paling kencang untuk consumer yang bagus dan ok adalah seri evo dari samsung. Untuk install Windows OS 128gb samsung ssd 850 evo 2.5 inchi sudah mantap. Untuk laptop anda bisa beli versi m.2 ssd samsung 850/860 evo. SSD kecepatannya 3x kecepatan hdd biasa.

Anda bisa menemukan ssd samsung seri 850 Evo 128gb seken seharga 600 ribuan di bukalapak atau di kaskus fjb. Kalo ada duit sih ambil aja seri 860 Evo terbaru dari samsung. Yang lebih bagus dari samsung sih ada seperti crucial ssd dari micron dan intel ssd tapi lebih mahal. Dan Hdd anda tetap bisa anda jadikan sebagai tempat simpan data.. SSD lebih tahan banting dan lebih cepat daripada hdd biasa.




2. Upgrade ram anda mejadi 8gb, kalo ada 2 slot pake 2x4gb dual channel. Merek yang oke dan bagus adalah gskill, kingston dan corsair.



3. Untuk OS gunakan tentunya Windows 10 versi terbaru edisi 64 bit dan salah satu yang terbaik adalah Windows10 V1709 Lite Edition V6 X64 2018 Dari Teams OS yang bebas dari bloatware, adware dan spyware. Sudah di tweaking sehingga menjadi lebih ringan, lebih kencang dan super faster serta ukurannya pun hanya 2.4gb. Cari aje di google


Untuk bikin windows live usb gunakan program Yumi dari pendrivelinux.



4. Salah satu yang bikin kinerja laptop lambat adalah antivirus, gunakanlah free antivirus yang ringan dan ukuran yang kecil seperti Comodo Valkryie Anti Virus, Panda Dome Free Antivirus dan Kaspersky Free AV.



5. Selesai install update dan upgrade semua driver anda ke versi terbaru dengan menggunakan iobit driver boster.



6. Untuk browser kalo anda pake chrome gunakakanlah chromium atau iron browser yang bebas dari google spyware.



7. Selanjutnya gunakan Samsung Magician Tool untuk mengupgrade driver samsung ssd anda. Dan aktifkan juga fitur Rapid Mode untuk meningkatkan peforma ssd samsung 850/860 evo hingga 300%.



8. Dan yang terakhir gunakan software ccleaner dan wisecare 365 untuk membersihkan pc/laptop anda dari segala file sampah dan file update serta untuk mentweaking dan mengoptimisasi windows anda menjadi lebih perfect dan prima.


Selanjutnya tinggal restart dan nikmatilah pc anda yang super kencang dan super mantap Hehe.

Netbook ane asus 1015B amd dual core di upgrade dengan samsung ssd 850 evo 250gb, ram corsair ddr3 8gb dan windows 10 x64 LTSB Lite Edition serta driver terbaru. Hasilnya 7x lebih kencang dan super Mantap gak perlu deh beli laptop baru total habis biaya cuman 1,8 juta. Cukup ane maksimalkan aja laptop yang sudah ade. Hehe dan selamat mengupgrade
Diubah oleh xenoproton 19-04-2018 08:49
0
30.9K
194
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan