saokudaAvatar border
TS
saokuda
Dahnil Muhammadiyah: Yang Disebut Rocky Gerung Itu Fiksi Bukan Alquran
Liputan6.com, Cilacap - Beberapa hari terakhir, pernyataan kontoversial pengamat politik Rocky Gerung di sebuah acara televisi bikin heboh tanah air. Sejumlah kalangan menganggap Rocky kebablasan ketika menyatakan bahwa kitab suci adalah fiksi.

Bahkan, ada pula yang melaporkan ke kepolisian lantaran menilai Rocky Gerung telah menyinggung seluruh umat beragama di Indonesia. Ia pun dilaporkan atas dugaan penyebaran ujaran kebencian.

Menanggapi itu, Ketua Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjutak berujar, untuk menilai sebuah pernyataan tertentu, maka harus melihat latar atau konteks peristiwa pernyataan itu dikeluarkan.

Ia mengaku tak mendalami pernyataan Rocky Gerung yang menyatakan bahwa Kitab suci adalah hal fiksi. Akan tetapi, melihat konteksnya, ia menilai saat itu Rocky Gerung tak bermaksud menista kitab suci atau agama.

Menurut Dahnil, Rocky hanya ingin menjelaskan bahwa selama ini banyak yang salah mendefinisikan fiksi. Sebab, fiksi tak berarti sebuah kebohongan.

Saat itu, Rocky Gerung pun telah menjelaskan bahwa yang dimaksud fiksi bukanlah kebohongan. Fiksi bisa jadi kebenaran. Pengolahan istilah fiksi secara politislah yang membuat fiksi menjadi salah kaprah.

Nah, saya pikir, dalam konteks itu kan cara berpikir, bahwa pola pikir kita salah. Dia hanya mengolah istilah, dengan pendekatan filsafat," Dahil menjelaskan.

Ia pun menganggap bahwa ucapan Rocky Gerung tak harus dipermasalahkan. Sebab, ia sama sekali tak menyebut satu pun kitab suci yang dimaksud.

"Saya tidak mendalami itu ya, pada prinsipnya. Tetapi bagi saya tidak harus menjadi masalah. Yang dimaksud Pak Rocky itu kan bukan Alquran itu fiksi. Dia tidak menyebut kitab suci tertentu kan, sama sekali," dia menerangkan.

Dahnil mencontohkan peristiwa di masa Nabi Muhammad SAW, yang bagi sebagian orang adalah fiksi, tetapi bagi orang lain adalah kebenaran yang benar-benar diyakini.

https://m.liputan6.com/news/read/3455311/dahnil-muhammadiyah-yang-disebut-rocky-gerung-itu-fiksi-bukan-alquran

Bukan alquran ternyata
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan