Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

president.trumpAvatar border
TS
president.trump
Internal PKS Bergejolak, Ada 'Duel Berdarah' Osan Vs Osin ?
Internal PKS Bergejolak, Ada 'Duel Berdarah' Osan Vs Osin ?
MINGGU, 15 APR 2018 18:46 | EDITOR : DIMAS RYANDI




illustrasi...



JawaPos.com - Konflik internal di tubuh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dikabarkan makin memanas. Pertarungan itu dijuluki Osan vs Osin. Wacana kudeta pun makin menguat.



Mantan Presiden PKS Anis Matta disebut-sebut bakal melakukan kudeta di partainya yang saat ini dipimpin oleh Sohibul Iman. (JawaPos.com)




Dua fraksi yakni Fraksi Sejahtera (Osan) yang diidentikan dengan kubu Anis Matta juga Fahri Hamzah, sementara Fraksi Keadilan (Osin) yang artinya Orang sini, adalah kubu PKS yang sedang berkuasa saat ini.

Pengamat komunikasi politik Ari Junaedi tidak kaget mendengar rumor kudeta di PKS. Dia menduga rumor diembuskan karena internal PKS terdiri dari banyak faksi yang saling berebut pengaruh menjelang Pilpres 2019.



Presiden PKS Sohibul Iman disebut-sebut sebagai otak dibalik penyingkiran sejumlah kader PKS yang merupakan loyalis Anis Matta. (JawaPos.com)


Menurut pengajar di Universitas Indonesia (UI) itu, konflik makin terbuka saat PKS mengumumkan sembilan nama calon presiden dari internal. Konflik pun makin menguat saat sembilan nama dikerucutkan menjadi tiga.

Hal itu membuat beberapa pihak di internal PKS merasa tidak puas. "Jadi, ketika PKS merilis sembilan nama yang layak menjadi capres dan cawapres, saat itulah saya kira friksi makin kuat di publik," ujar Ari, Minggu (15/4).

Ari juga menambahkan, konflik internal sebenarnya bukan hal yang aneh di tubuh partai politik. Hanya saja, setiap pergantian kepemimpinan di PKS selalu memunculkan kesan pemimpin terpilih menafikan mantan ketua yang lama.

Akibatnya, lanjut Ari, makin terbukalah kemungkinan pemimpin yang lama membuat kelompok. Demikian juga pimpinan baru. Ujungnya aksi saling menyisihkan pengikut pemimpin sebelumnya.

Saya kira hal-hal seperti ini dapat memicu konflik internal," kata Ari.

Isu miring soal rencana kudeta internal PKS itu beredar dalam dokumen power point berjudul Mewaspadai Gerakan Mengudeta PKS. Sepanjang dokumen itu memang tak disebut inisial AM mengarah ke siapa. Namun dalam salah satu singkatan, sempat disinggung AMPM yang berarti Anis Matta Pemimpin Muda. Bisa jadi AM adalah Anis Matta.

Siapa AM mulai benar-benar mengarah ke Anies Matta, karena di bagian latar belakang dan sejarah disebut AM menjadi Presiden PKS 2013-2015. Siapa lagi kalau bukan Anis Matta!

Masih di bagian latar belakang dan sejarah, di poin sebelas dan 17 muncul inisial FH, yang disebut di sana dipecat lalu melaporkan MSI ke polisi. Gampang ditebak, ini adalah Fahri Hamzah vs Mohamad Sohibul Iman (Presiden PKS sekarang).

Di bagian lain dokumen power point yang beredar itu, disebutkan juga beberapa strategi Osan, antara lain menguasai MS (mengarah ke majelis syuro), menguasai fraksi legislatif, struktur, merekrut kader hingga membiayai cakada.


https://www.jawapos.com/read/2018/04...h-osan-vs-osin


Cows Civil Wars...



Diubah oleh president.trump 15-04-2018 13:39
0
4.9K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan