Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

biandjAvatar border
TS
biandj
Hi Gan! Kenapa Orang Sunda Doyan Makan Lalap?
Kenapa Orang Sunda Doyan Makan Lalap?

Hi Gan! Kenapa Orang Sunda Doyan Makan Lalap?

Ada anekdot yang mengatakan bahwa hidup sebagai orang Sunda itu mudah: mereka bahkan bisa makan rumput. Hah??? Masa iya makan rumput sih Gan!!??

Anekdot itu tentu merujuk kebiasaan orang-orang Sunda melahap lalapan. Dari manakah asal-usul kebiasaan tersebut gan?

Oke kita ungkap sedetailnya Gan!


Jika Agan/Aganwati kebetulan sedang berada di daerah Jawa Barat, pasti Agan/Aganwati nemuin banyak tempat makan yang menawarkan makanan khas Sunda. Biasanya rumah makan Sunda identik dengan sambal dan lalapan. Beberapa sajian lain seperti pepes hingga berbagai makanan yang dibakar juga jamak ditawarkan di rumah-rumah makan khas Sunda.

Ada berbagai tanggapan mengenai masakan khas sunda di masyarakat.

“Makanan Sunda itu sederhana, rasanya cenderung asin loh Gan, biasanya juga mentah dan rasanya seger-seger.

Bahkan makanan Sunda adalah makanan yang mecerminkan budaya Sunda. “Makanannya ya seperti nasi liwet, awug, dan lalapan.

Khas Makanan Budaya

Hi Gan! Kenapa Orang Sunda Doyan Makan Lalap?

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Kebanyakan orang kerap menyamakan kebudayaan dengan kesenian, terutama kesenian tradisonal, padahal kesenian hanyalah satu bagian kecil dari kebudayaan.

Salah satu “Budaya pahili eujeung seni. Jadi, orang kalau ditanya ‘tahu budaya sunda, tidak?’ jawabnya jaipongan, ketuk tilu, kuliner, dan seterusnya. Bagi mereka, budaya Sunda hanya itu,” Kata Mochamad A.M, Ketua Dewan Karatuan Majelis Adat Sunda.

Makanan dan Kebudayaan

Di program studi antropologi Universitas Padjadaran menjelaskan: sesuatu yang dianggap makanan oleh satu kebudayaan belum tentu dianggap makanan juga oleh kebudayaan yang lain. Setiap kelompok mengatur makanan mereka berdasarkan aturan budaya masing-masing. Aturan itu bisa didasari berbagai macam hal seperti keyakinan, sejarah, dan lain-lain. Konsekuensinya paradoksal: di satu sisi makanan bisa mengkotak-kotakan, tapi di sisi lain makanan juga bisa menjadi pemersatu.

“Perjanjian damai, misalnya, pasti diawali atau diakhiri dengan makan bersama,”.

Makanan Sunda dan Lalapan

Dalam makalahnya untuk Konferensi Internasional Budaya Sunda I pada Agustus 2001 silam, pakar mikrobiologi Institut Teknologi Bandung Unus Suriawieia menjelaskan bahwa dari 80 jenis makanan Sunda, lebih dari 65 persen di antaranya ialah tumbuh-tumbuhan.

Unus dalam bukunya Lalab dalam Budaya dan Kehidupan Masyarakat Sundamenjelaskan bahwa kegemaran masyarakat Sunda makan lalap sejalan dengan budayanya yang mementingkan harmoni manusia dengan alam.

Sumber: Bianity.Net
Diubah oleh biandj 27-05-2022 18:25
0
6.9K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan