CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac71b236208813d208b4574/wajib-tau-ini-kalo-mesen-makan-di-surabaya

Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya

Hai-hai balik lagi sama ane wadonsubur, kali ini ane mau membahas makanan dari Surabaya. Ane nulis ini karena ane asli dari Surabaya. Sebelum merantau, ane sih merasa biasa-biasa aja sama makanan di Surabaya termasuk ketika pesen.

Tapi ternyata, buat orang luar Surabaya, kudu tau hal-hal berikut kalau mesen makanan. Biar pesenan tetep sesuai sama yang diharapkan gituuuuh...

Rujak Cingur
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
Makanan asli Surabaya (sampai ada lagunya) ini adalah rujak dengan bumbu kacang, petis dan pisang klutuk, dipadu dengan sayur (kangkung, kecambah, kacang panjang), buah (biasanya bengkuang, nanas, mangga), tempe, lontong dan cingur alias hidung sapi. Nah, kalau pesan rujak cingur dengan bilang "matengan" maka rujak cingurmu nggak pakai buah sama sekali.

Nasi Goreng
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
Kalau gan sis ke Surabaya dan pesen nasi goreng abang-abang gerobakan, maka nasi goreng yang didapat adalah nasi goreng berwarna merah terang. Warna merah ini berasal dari saos tomat merah botol besar. Jadi kalau mau nggak pake saus, kudu bilang nasi goreng putihan. Ane tau hal ini pas di Jakarta, karena ada menu nasi goreng Surabaya, kata abangnya kalau nasi goreng Surabaya khas berwarna merah.

Soto
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
Apasih yang bikin beda kalo beli soto di Surabaya sama tempat lain? Yak, kalo gan sis mesen soto tanpa embel apa-apa, soto yang disajikan adalah semangkuk soto yang sudah dicampur sama nasi emoticon-Big Grin Selain itu di Surabaya ada Soto Lamongan dan Soto Madura, kalau Soto Lamongan, pasti menggunakan ayam, kalau Soto Madura menggunakan daging sapi.

Bakwan
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
Jangan bayangin bakwan ini adalah gorengan macam bala-bala yak. Kalau di Surabaya ada yang jual bakwan, itu berarti bakso. Kalau gorengan itu, di Surabaya disebutnya ote-ote.

Martabak
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
Di Surabaya, kalau pesan martabak, yang datang pastilah martabak telor atau martabak asin. Sedangkan martabak manis akan disebut terang bulan. Tapi nggak cuma di Surabaya yang nyebutnya terang bulan, di Makassar dan Manado juga sama penyebutannya.

Lapis Surabaya
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
Kue yang terdiri dari tiga lapisan warna, dengan warna gelap yang diapit warna yang lebih terang. Orang Surabaya masih banyak yang bingung kalau ada yang nitip makanan ini, karena di Surabaya kue ini lebih akrab disebut Spikoe (baca: spikuk)

Teh
Nggak beda jauh dengan di Yogyakarta dan Jawa Tengah, kalau pesan teh, pasti yang datang teh manis. Jadi kalau ingin teh tawar, harus bilang teh tawar atau bilang nggak pake gula.

sumber:
pemikiran TS sendiri berdasar pengalaman dan pengamatan

gambar:
mbah gugel
Diubah oleh wadonsubur
Halaman 1 dari 3
pertamax diamankeun
Diubah oleh segoroagungindo
Bikin ngilerrrrr
emoticon-Toast


pejwan , ane ramal bakal jadi ht ini emoticon-Ngakak
jangan sampai salah mesen
Rujak siang-siang gini sungguh tiada tara.
jadi pengen....
tanggung jawab ts, bikin ngiler ajah... emoticon-Ngacir
rujak cingur sama soto nya bikin ngiler emoticon-Genit
oh shit u make me ngiler TS emoticon-Sundul
soto lamongan favorit ane sama pecel madiunemoticon-Big Grin
semua udah nyobain dilist
Sego goreng jancukemoticon-Big Grin
Lagi trend sekarangemoticon-Leh Uga

Eh di tempat ente tinggal sekarang ada petis gak sih?

Ane waktu ke bandung kemaren nyari di pasar malah gak tau apa itu petisemoticon-Hammer (S)
Bukannya ote - ote itu kalau telanjang dada ya?



emoticon-Cool
bakwannya bikin laper

Quote:


gan.. tau beretika ngetrit atau ngaskus ga?

g sopan tau pasang link trit ndiri di tmpat org... segede gaban pula emoticon-Leh Uga


klo lom paham atau g trima... bisa jawab langsung kuot ini....

PM juga bisa emoticon-Smilie
Quote:


Seyem... TSnya Galak.... emoticon-Mewek

Hayooo hajar bleh, mbaaaakemoticon-Selamat

Btw... Nek aku ke surabaya, traktir yo.... Enak bener itu kayaknya emoticon-Genitemoticon-Genit
Diubah oleh pm01
Quote:

awas ngecesss sisss emoticon-Stick Out Tongue
Quote:

selamaat, dpt pejwan.
aaamiiinnn

tp masih blm HT emoticon-Big Grin
Quote:

klo salah, tar bayanginnya apaaaa, yg disajikan apaaa
Quote:

mlm jg enaaaak emoticon-Stick Out Tongue
Quote:

apa yg hamba harus lakukan emoticon-Mewek
Quote:

kalo ane kasi foto cingur nangkring, masi ngiler ga gan? 😂
Quote:

hahhaaha...
maafkan hamba telah membuatmu ngiler...


Quote:

wih soto lamongan... wenak tenan ituu...
ane jg doyannnnnn emoticon-Leh Uga

p.s. apa sih yg ane g doyan emoticon-Leh Uga
ane cmn g doyan disakitin emoticon-Ngakak (S)
Quote:

paling suka yg mana gan?
Quote:

di jkt blm nemu yg jual petis....
tp klo makanan yg mengandung petis, dah nemu tempat2nya emoticon-Big Grin
Quote:

hahahaha iyaaah bener... telanjang dada...

tp klo d sby bilang tuh makanan, ote2.
di daerah Madiun, bilangnya heci, di jabar bala-bala emoticon-Big Grin
Quote:

apalagi dimakannya pas suasana ujan rintik2 emoticon-Stick Out Tongue
Quote:


kmn aje lu bang... masa baru tau TS nya galak emoticon-Ngakak (S)

ayok bang...klo ke sby ta traktir makan itu smua... nguahahaha... ampe meletus perutmu emoticon-Leh Uga
dimana ada nasi goreng disitu ane ngiler kagak peduli apa jenisnya yang penting pedes emoticon-Hammer (S)
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di