Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bear89800Avatar border
TS
bear89800
Kenapa Gay gak boleh mendonor darah?


Donor darah, ini adalah salah satu perbuatan mulia yang bisa kalian lakukan. Selain berguna untuk membantu menyelamatkan nyawa orang lain, menjadi seorang pendonor juga ternyata menyehatkan si pendonor.

Darah bukanlah produk yang bisa di simpan selamanya, artinya ada batasan waktu expire untuk darah. Maka dari itu di butuhkan pasokan berkala yang di peroleh dari para sukarelawan.
Tapi tidak semua orang bisa menjadi pendonor darah. Tentu saja syarat utama menjadi pendonor adalah sehat fisik tapi ternyata ada beberapa alasan yang cukup kontroversial yang membuat seseorang tidak bisa menjadi pendonor darahnya.

Salah satu penyebab seseorang tidak bisa menyumbangkan darahnya adalah apabila dia seorang Gay dan sudah melakukan hubungan seks sesama laki-laki baik oral atau anal walaupun menggunakan kondom.


Larangan mendonor darah seumur hidup di berlakukan untuk kaum gay ketika penyakit HIV dan Hepatitis B menyebar pada tahun 1970 sd 1980-an. Beberapa pasien yang menerima donor darah menjalani beberapa tes dan positiv terjangkit HIV. Dokter menyimpulkan bahwa penyakit itu bersumber dari si Pendonor darah dan sebagian besar berasal dari pendonor Gay. 

Larangan seumur hidup ini sudah di tinjau kembali pada tahun 2011 dan di ubah menjadi larangan 12 bulan. 
Seorang gay atau bisexual yang ingin mendonor darah hanya di ijinkan setelah berhenti berhubungan sex sejenis selama 1 tahun terakhir. 
Virus HIV hanya bisa terdeteksi oleh tes darah setelah berada di dalam tubuh manusia selama 3 bulan, makanya Laki2 yang melakukan hubungan sex  sejenis harus menunggu 1 tahun untuk memastikan di dalam darahnya tidak ada virus HIV.

Belakangan ini komunitas Kaum LGBT di Inggris menganggap bahwa pengecualian ini adalah tindakan diskriminatif. Mereka menganggap bahwa orang heterosexual juga rentan terinfeksi virus HIV.
Virus ini memang tidak hanya menginfeksi kaum gay saja, tapi kelompok heterosexual yang berganti-ganti pasangan juga rentan terjangkit virus ini. 


Maka dari itu, di beberapa daerah di Inggris di berlakukan aturan ketat untuk pendonor darah yang berasal dari daerah yang rentan terjangkit HIV dan Hepatitis, Pekerja seks komersial dan juga orang yang menggunakan narkoba dengan suntikan (injeksi).


-Independent . co . uk|Google-




0
3.8K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan