fadillaazeazaAvatar border
TS
fadillaazeaza
Pemuda Jepang pada ngapain aja?
 Ayo siapa yang menyukai hal yang berbau Jepang, silahkan merapat. Jepang sangat terkenal dengan budaya pop culture dan teknologinya. Dari segi populasi, Jepang masih kalah dengan jumlah penduduk di Indonesia. Dengan jumlah penduduk 127,255,541  jiwa pada tahun 2018 menempatkan Jepang berada di peringkat 10 penduduk terbanyak di dunia, sedangkan Indonesia tetap duduk di posisi 4 dengan jumlah populasi sebesar 266,794,980. Hal ini tentu menarik untuk dibahas, karena berdasarkan data [1,2]  usia median penduduk Jepang adalah 46 sedangkan di Indonesia usia mediannya adalah 28 tahun. Nah kalau begitu, para pemuda Jepang ini ngapain aja sih?

Masyarakat Jepang di dunia maya
Terdapat 101 juta pengguna intenet di Jepang, hal ini menempatkan Jepang sebagai negara dengan penggunaan tertinggi nomor 3 di kawasan Asia Pasifik[9] .Dalam aktifitas di dunia sosial media,  berbeda dengan Indonesia yang menempatkan facebook sebagai media sosial yang paling banyak digunakan[3], Jepang menjadikan twitter sebagai media sosial yang paling banyak digunakan oleh pemuda di usia sekitar 30 tahun. Penggunaan twitter ini mulai menjadi tren di negara Jepang sejak tahun 2014, hingga kini.

Penggunaan sosial media dalam persentase populasi  [4]
Jadi kalau kalian mau kenalan atau berinteraksi dengan orang Jepang, coba aja deketin dengan menggunakan twitter. hehehe
Sedangkan untuk aktifitas internet, hal yang paling sering orang Jepang lakukan adalah nonton video streaming dengan media apapun.

Sangat menjunjung tinggi privasi baik di dunia nyata ataupun di dunia maya
Salah satu tantangan bagi content creator yang ada di Jepang adalah perihal privasi. Setiap akan melakukan pengambilan gambar, kita harus minta izin dulu. Kamera di Jepang tidak ada yang tidak menggunakan suara. Sekali photo “cetek” akan berbunyi. Bukan karena Jepang tidak mampu mengaktifkan modus silent, tapi memang sudah jadi kesepakatan tidak tertulis untuk mencegah adanya stalker.  Salah satu pemuda Jepang yang saya tanyakan berkata:
Quote:


Kalau kalian asal upload bisa dituntut loh!
Tapi perlu dicatat, meskipun peraturan privasi amat sangat ketat, hal ini tidak mencegah pemudanya untuk beraktifitas di dunia maya. Bisa dilihat dari tingkat perbandingan download/upload  di Jepang nyaris 1:1 (21.09 Mbps/23.79 Mbps), sedangkan indonesia 2:1 (7.38 Mbps/3.89 Mbps). Apakah ini artinya orang Indonesia lebih gemar download? entahlah .  

Bagaimana dengan dunia nyata?
Saat ini Jepang sedang aktif-aktifnya mengadakan kegiatan untuk pemuda yang bertemakan "pemimpin global".
hal ini udah dibahas sih dipostingan 
Spoiler for Pendidikan:




Quote:



Menurut pantauan ane, orang Jepang sangat suka untuk karaokean. Selain karaokean, mereka juga suka menggunakan masker. Kadang karena saking terbiasa melihat orang menggunakan masker dimana-mana, hal ini terbawa juga oleh ane ketika liburan ke Indonesia. Pemuda Jepang menggunakan masker selain untuk mencegah datangnya penyakit via udara (kalau sakit, bisa berabe karena mereka juga sangat gila akan kerja) juga karena untuk menyembunyikan wajahnya. Ya kaya yang disebutkan sebelumnya, mereka menjunjung privasi dan juga pemalu.

 
Sumber bacaan:
[1] http://countrymeters.info/en/Japan(diakses 8 April 2018)
[2] http://countrymeters.info/en/Indonesia (diakses 8 April 2018)
[3] https://www.similarweb.com/ja/top-we...ites/indonesia (diaksesk 8 April 2018)
[4] Cayloon Naley. 2018. “Japan’s Top Social Media Networks for 2018”. http://www.humblebunny.com/japans-to...networks-2018/ (diakses 8 April 2018)
[5]  e-Stat. 2018. “Statistics of Japan” . is a portal site for Japanese Government Statistics https://www.e-stat.go.jp/en/stat-sea...d=000001203505 (diakses 8 April 2018)
[6] https://trends.google.co.jp/trends/hottrends#pn=p4 (diakses 8 April 2018)
[7] Broadband speed test Indonesia. http://www.dospeedtest.com/speedtest...ics/Indonesia/ (diakses 8 April 2018)
[8] Broadband speed test Japan http://www.dospeedtest.com/speedtest...tistics/Japan/ (diakses 8 April 2018)
[9] https://www.statista.com/topics/2361/internet-usage-in-japan/  (diakses 8 April 2018)

Spoiler for "artikel serupa juga diupload di":


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Diubah oleh fadillaazeaza 10-04-2018 22:47
0
23.7K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan