Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

..prabowo.Avatar border
TS
..prabowo.
Jangan Kaget, Kopi Indonesia 'Ludes' di Seoul
Jakarta - Promosi kopi Indonesia yang begitu gencar dalam beberapa waktu terakhir membuahkan hasil. Antara lain terlihat di International Coffee Expo Seoul 2018. Kurang dari seminggu pameran, sudah tercatat sebesar Rp 110 miliar.

Bukan saja menarik minat sekitar 10 ribu pengunjung, Paviliun Indonesia juga berhasil mencatatkan transaksi bernilai fantastis. 

Ya, dalam waktu 4 hari keikutsertaan Indonesia pada International Coffee Expo Seoul yang berakhir pada 8 April lalu telah terjadi transaksi langsung maupun komitmen pembelian senilai US$ 8,12 juta alias setara dengan 110 miliar rupiah.

Baca juga: Jadi Specialty Coffee, Kopi RI Primadona Ekspor ke Selandia Baru

Hal yang lebih menggembirakan lagi, para pelaku usaha kopi di kawasan mulai melirik kopi Indonesia. Di hari pertama pameran (5/4/2018) saja, beberapa pengusaha kopi Korsel sudah memburu pengusaha kopi Indonesia untuk membuat kerja sama pembelian kopi. 

Pengusaha kopi Korsel yaitu Beanst Coffee, Tona Co. Ltd., Quantum International Co. Ltd., dan Treeplanet co. Ltd langsung teken kontrak dengan pengusaha kopi Indonesia.

Di hari terakhir (8/4) terjadi juga transaksi skala besar dengan ditandatanganinya MoU antara Star Lu Bean Daehan, salah satu importir kopi terbesar di Korsel, dengan Alpha Gemilang. 

Berbagai kesepakatan tersebut menunjukkan bahwa Value of Coffee Indonesia sangat diterima oleh masyarakat Korsel.

Hal lain yang tak kalah menarik adalah bertambahnya platform penjualan kopi Indonesia ke Korsel. Saat ini penjualan mulai merambah ke area transaksi berbasis e-commerce. 

Hal tersebut tertuang dalam kerjasama antara Kenred Coffee Gayo dan Meukat Komuditi Gayo secara C2C (Customer to Customer).

"Penting untuk mengembangkan inovasi dalam promosi dan penjualan khususnya berbasis digital di era modern sehingga daya penetrasi produk khususnya kopi Indonesia menjadi lebih tajam," ungkap salah satu pengusaha kopi Indonesia yang tidak mau disebutkan namanya ini.

Baca juga: Sasar Millennial, Pegadaian Buka Coffee Shop

Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi menyambut baik hasil gemilang pameran kopi ini. Pria energik tersebut cukup puas dengan capaian penjualan kopi di wilayah Korea Selatan. 

Apalagi pameran kopi internasional yang berlangsung di Seoul ini memang menjadi barometer kopi di kawasan Asia Pasifik.

"Sudah saatnya kita melakukan diversifikasi komoditas perdagangan Indonesia ke Korsel. Kopi menjadi salah satu komoditas yang bisa kita andalkan," tutur Umar Hadi.

Hal ini tentunya sejalan dengan komitmen kedua negara untuk memperkuat kerjasama ekonomi yang didasari special strategic partnership.

"Seperti kita tahu, kedua negara telah sepakat untuk meningkatkan nilai perdagangan dengan target mencapai US$ 30 miliar hingga tahun 2022. Nilai tersebut meningkat dua kali lipat dari yang telah dicapai saat ini," papar dia dengan senyumnya yang khas.

Capaian Indonesia di pameran kopi ini, ditrngarai, secara tidak langsung juga dipengaruhi lokasi paviliun yang strategis. Paviliun Indonesia berada di Hall A dan hanya berjarak 100 meter dari pintu masuk utama pameran.

Demikian halnya dengan konstruksi paviliun yang cukup megah dengan menampilkan gambar peta Indonesia dari biji kopi dengan tulisan kopi dari masing-masing daerah yaitu Aceh Gayo Coffee, Luwak Coffee, Java Robusta Coffee, Kintamani Coffee, Sulawesi Coffee bahkan Papua Coffee dengan tagline Home of The Finest Coffee.

Strategi pemasaran melalui free testing kopi Indonesia yang disertai dengan coffee cupping dan roulette game juga menjadi cara tersendiri Paviliun Indonesia yang digawangi KBRI Seoul dan Indonesian Trade and Promotion Center yang berkedudukan di Busan. Hal tersebut ternyata cukup dalam menarik perhatian pengunjung.

Terlihat banyak diantara mereka yang mengantri untuk mencicipi kopi Indonesia. Selama ini masyarakat Korea Selatan mengenal kopi Gayo dan Mandheling, namun melalui pameran ini, mereka lebih memahami ragam kopi Nusantara dengan cita rasa yang berbeda-beda.

"Hal yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua adalah bagaimana caranya agar ekspor kopi kita semakin banyak dalam bentuk jadi yang nilai tambahnya lebih banyak di Indonesia. Perlu kita kembangkan sentra-sentra perkebunan dan produksi kopi end-to-end di berbagai daerah. Dengan begitu, kesejahteraan petani kopi pun akan lebih terjamin," pungkas Umar.

Untuk meningkatkan sektor perdagangan bilateral, Umar Hadi juga mengaku terus mengundang mitra-mitra potensial Korea untuk menanamkan modal di sektor produksi kopi di Indonesia. 

Selain modal, mereka juga bisa bawa teknologi produksi dan jaringan pemasaran. (dna/dna)

https://finance.detik.com/industri/d-3963159/jangan-kaget-kopi-indonesia-ludes-di-seoul



Kopi Digiling Bukan Digunting
0
1.5K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan