sixresAvatar border
TS
sixres
5 MITOS ORANG SUNDA


5 MITOS ORANG SUNDA


Assalamualaikum….

Bismillaahirrohmaanirrohim…


untuk mimin, momod, agan dan sista semoga selalu diberikan kesehatan. Amin.
Mohon izin ane newbie, mohon maaf apabila masih terdapat banyak kekurangan disana sini. Dan ane mohon masukannya dari para sesepuh sekaskus raya.
Sesuai judul thread ane, pada kesempatan kali ini ane akan menampilkan 5 mitos orang sunda.


1.     Memotong kuku malam hari



 
katanya sih gan, memotong kuku malam tak boleh menurut orang sunda karena bisa mengganggu kejiawaan, tapi kita mengambil sisi positipnya gan bahwa memotong kuku dimalam hari resiko keamanannya kurang baik karena penerangan jaman dulu belum seperti jaman sekarang.

2.     Pria sunda jangan menikah sama wanita jawa




jadi gan dulu katanya orang sunda jangan menikah sama orang jawa bisa-bisa pernikahannya rusak begitulah larangan orang tua sunda pada jaman dulu dikarnakan adat istiadat dan kebiasaan berbeda akan tetapi pada jaman sekarang mitos tersebut mulai pudar.banyak pasangan-pasangan Orang sunda dan jawa menikah. Ane belum tau yang pastinya mungkin gansis tau?

3.     Jangan duduk di depan pintu




Nah ini gan kebiasaan yang selalu ane lakuin, duduk didepan pintu itu nyaman banget akan tetapi mitosnya bisa menjauhkan jodo. Lebih baik gansis jangan lakuin karena ini soal jodo. Hahahahahaha. Dan apabila gansis belum dapat jodo alangkah baiknya kebiasaan duduk depan pintu jangan dilakuin.

4.     Menabrak kucing sampai mati



 
Mitos menabrak kucing ini katanya lumayan serem, katanya kalau kalian menbrak kucing sampai mati harus dikuburkan sendiri apabila tidak akan mendapat malapetaka 7 hari, seremkan!. Bila gansis percaya alangkah baiknya bangkai kucing tersebut dikuburkan sendiri agar gansis tidak mendapatkan malapetaka sesuai mitos diatas.

5.      Bersiul dirumah dan dimalam hari




Yang terakhir bersiul dimalan malam hari sama saja memanggil mahluk halus, kebiasaan bersiul bisa diartikan orang yang sedang bergembira kan tetapi orang jaman dulu menggangap suatu kebiasaan yang kurang baik dalam tatakrama orang sunda.
 
Nah gan dari mitos-mitos diatas ane yang namanya mitos yang awalnya dari kata “Pamali” sangat erat kaitannya dengan tatakrama dan kebiasaan orang sunda. Dan gimana kita menyikapinya dan mengambil dampak positip dari mitos diatas. Akan tetapi kebiasan-kebiasaan ini jaman sekarang sudah mulai pudar seiringnya waktu sesuai kepercayaan orang banyak.
 
 
 
Apakah gansis khususnya orang sunda pernah mendengar hal yang ada diatas? Ane sih sering.. heheheheheh
 
Meurut agan apakah kebenaran mitos itu nyata atau kah sebaliknya agan bisa komen disini?


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan



Bonus video Menentramkan hati


febritz
anasabila
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
8.5K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan