ommoezaAvatar border
TS
ommoeza
Penggunaan RAM Yang Besar Pada Gnome Shell Sudah Dibenahi
WELCOME TO MY THREAD!
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus




source: www.gnome.org

Thread sebelumnya yang pernah ane singgung penggunaan RAM yang besar pada GNOME Shell, berjudul Rilis GNOME 3.30 Akan Jatuh Pada Tanggal 6 September 2018.

Pengembang GNOME telah menghabiskan waktu seminggu terakhir ini untuk mencoba mengidentifikasi akar masalah yang menyebabkan penggunaan memori sistem (RAM) meningkat setiap menit pada GNOME Shellsaat digunakan.

Untungnya penyebab kebocoran itu (tampaknya) telah diidentifikasi.

Koleksi Sampah (Garbage Collection) yang Hilang

Pengembang GNOME Georges Basile Stavracas adalah yang pertama membenahi masalah ini dan mencoba membasmi asal dari masalah 'Penggunaan RAM lebih besar' itu.

Dan dalam ikhtisar mendetail tentang tes, pemeriksaan, dan temuannya yang dibagikan pada laporan bug Gitlab untuk masalah ini, tampaknya dia menemukan penyebabnya: "... ada sesuatu yang terjadi dengan Pengumpul Sampah (Garbage Collection)."

Apa itu Garbage Collection dalam Perangkat Lunak?

‘Pengumpulan Sampah (Garbage Collection) 'adalah bentuk dari manajemen memori otomatis (menurut Wikipedia), dimana“… pengumpul sampah (Garbage Collection)[…] mencoba untuk merebut kembali memori yang ditempati oleh objek yang tidak lagi digunakan oleh program. ”

“Memicu pengumpulan sampah (Garbage Collection) dapat mengurangi jumlah memori yang digunakan oleh GNOME Shell ke tingkat normal”

"Pagi ini, setelah kehilangan semua harapan saya menemukan kebocoran memori ini, saya menemukan perilaku yang sangat menarik yang dapat saya lakukan dengan menggunakan langkah-langkah ini," catatan Stavracas

Dia mengatakan bahwa "... hanya objek, akar dari serangkaian objek inter-dependen yang menjadi Gcd, dan menyelesaikannya menyebabkan anak-anaknya / objek yang bergantung untuk ditandai ke GC setelah masalah-masalah dikumpulkan."

Dengan menjalankan pengumpul sampah untuk GJS [GNOME JavaScript Bindings] Stavracasmengatakan ia mampu mengurangi jumlah memori yang digunakan untuk ~ 250MB Shell GNOME biasanya "digunakan" saat startup.

Berita bagus, kan gan? emoticon-Toast

Perbaikan belum dirilis

"Perbaikan" untuk masalah ini belum tersedia. Tetapi sekarang pengembang telah mempersempit penyebabnya dan dapat bekerja pada persetujuan dan perbaikan yang efektif.

Masih harus dilihat apakah patch semacam itu dapat dirilis pada waktunya untuk dimasukkan ke dalam Ubuntu 18.04 LTS. Tetapi jika tidak selalu ada pembaruan pasca rilis.

Bug ini ditandai sebagai prioritas "kritis" dan "tinggi" untuk Ubuntu 17.10 dan Ubuntu 18.04 LTS di Launchpad, yang menunjukkan Ubuntu cukup khawatir tentang masalah tersebut hingga setidaknya menyarankan patch pada waktunya.

Spoiler for sumur:

tata604
tata604 memberi reputasi
1
2.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan