Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bulugigiAvatar border
TS
bulugigi
{Tips} Cara Bikin Trailer Film/Novel Pake Movie Maker
Hallo agan-agan kaskuser semua. Kali ini ane mau sedikit berbagi (khususnya bagi yang belum tahu ya) tentang cara bikin Trailer menggunakan software sederhana dan gratis yaitu Windows Movie Maker. Sebelumnya ada yang belum tahu apa itu Trailer kah?


Spoiler for Pengertian:


Agan/agan wati bisa membuat sebuah Trailer sederhana dengan menggunakan software sederhana pula dan gratis namanya Windows Movie Maker. Dengan software itu agan bisa menggabungkan antara slide foto dan video sekaligus supaya tampak hidup.


Baiklah kita mulai proses pembuatannya.

Pertama kumpulkan dulu bahan-bahannya berupa foto/video yang akan agan/agan wati masukan ke dalam Trailer agan. Foto/videonya bisa hasil karya agans sendiri atau ambil dari youtube jangan lupa sertakan linknya yak kalau pinjam.


1. Kumpulkan file foto/video/music yang mau dimasukan ke dalam Trailer agans. Khusus untuk video jangan yang panjang-panjang durasinya karena nantinya sofware ini akan hang.


Spoiler for 1:


2. Buka aplikasi/sofware Windows Movie Makernya dan lalu import picture, import video dan import music dan nantinya otomatis akan berada di dalam aplikasi itu.

Spoiler for 2:



3. Drag semua foto, video ke arah bawah seperti tampilan gambar berikut:


Spoiler for foto:


Spoiler for video:


4. Apabila durasi musik yang akan dijadikan backsoundnya kepanjangan, agan bisa memperpendek dan menyesuaikan dengan durasi Trailer yang agan buat dengan cara menggesernya seperti gambar berikut:

Spoiler for 4:


5. Selanjutnya untuk membuat tulisan di dalam video tersebut kita pilih menu di pojokan creat credit title, pilih pilihan peletakannya mau di dalam foto/video, setelah foto/video, sebelum foto/video atau diakhir sesuai kehendak agan/aganwati tentunya.

Spoiler for 5:


Jangan lupa klik Done.

6. Selanjutkan kita buat efek bergerak/hidup pada slide foto yang nantinya akan tampil dengan cara pilih menu view video transition lalu pilih jenis transition yang sesuai dengan keinginan agan. Kemudian drag ke arah bawah. Lihat gambar berkut:


Spoiler for 6:



7. Selanjutnya membuat effects dalam video, yaitu supaya gambar yang ditampilkan khususnya foto bisa terlihat berbagai jenis gaya. Seperti membesar, mengecil, mendekat, menjauh atau jadi gambar hitam putih dan ala-ala jadul. Drag pilihan effects nya ke bagian bawah.

Spoiler for 7:



8. Setelah semuanya selesai dan sesuai harapan agan. Tinggal agan save caranya klik menu file di pojok kiri atas, lalu save movie as kemudian akan ada tampilan seperti ini

Spoiler for 8:


Tekan Next dan akan muncul tampilan ini

Spoiler for 9:


Ketik nama filenya (Bisa diubah sesuai keinginan) lalu tentukan folder penyimpanannya di laptop agan/aganwati. Kemudian klik next dan otomatis nanti akan memproses sendiri menjadi sebuah video. Tunggu beberapa saat sampai proses tersebut selesai dan jadi deh.


Berikut contoh hasilnya.


Spoiler for Video Movie Maker:



Spoiler for Sumber:



Kira-kira apa sofware/aplikasi lain yang gratisan semacam ini yang biasa agan/aganwati gunakan? Share dong emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Jangan lupa.



Diubah oleh bulugigi 28-08-2014 12:28
0
35.4K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan