selldombaAvatar border
TS
selldomba
Jonan tegur Pertamina: Tak boleh kosongkan Premium agar warga beralih ke Pertalite
Merdeka.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengaku telah menegur PT Pertamina (Persero) terkait kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium di sejumlah daerah. Bahkan, Jonan mengaku sudah berkali-kali menegur perusahaan pelat merah itu.
Jonan menegaskan, Pertamina harus tetap menyalurkan Premium. Apalagi Pertamina telah diberi tugas untuk menyalurkan sebanyak 7,5 kilo liter Premium tiap tahun.
"Kita sudah tegur Pertamina bahwa Pertamina harus tetap menyalurkan premium. Premium itu gini, kalau di Perpres 191 Tahun 2014 itu Pertamina mendapat penugasan menyalurkan 7,5 kilo liter setahun. Sudah ditegur keras sekali," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta , Rabu (4/4).
Penyaluran terutama untuk daerah di luar Jawa, Madura dan Bali (Jamali). "Dan kalau yang di Jawa itu sudah ditambah margin Rp 100 per liter untuk penyaluran premium oleh Pertamina. Jadi ini harus dilakukan kita sudah tegur Pertamina kok," lanjut dia.
Mantan Menteri Perhubungan ini menegaskan, Pertamina tidak boleh memaksa masyarakat membeli Pertalite dengan cara menghentikan pasokan Premium. Sebab, peralihan dari Premium ke Pertalite harus dilakukan secara sukarela.
"Kalau misalnya mau menjual Pertalite, mestinya pakai cara lain supaya masyarakat secara sukarela beralih ke Pertalite. Kalau mau loh. Bukan dengan cara mengosongkan pasok Premium," jelas dia.
Jika Pertamina tetap tidak bisa memastikan ketersediaan Premium, khusus jelang Ramadan, maka Kementerian ESDM akan memberikan sanksi. Namun Jonan enggan menjelaskan sanksi yang akan diberikan kepada Pertamina.
"Ya. Kalau misalnya Pertamina tetap enggak menyalurkan kita cari sanksi lah," tegasnya.
Reporter: Septian Denny

https://m.merdeka.com/uang/jonan-tegur-pertamina-tak-boleh-kosongkan-premium-agar-warga-beralih-ke-pertalite.html

Emang kenyataannya premium udah sangat jarang dan gak dijual lagi di SPBU kok. Bagus ditegur walaupun telat. Harusnya dari awal 2017 kalo mau negur mah.
Nastak nastaik serbu!
emoticon-Big Grin emoticon-Traveller emoticon-Traveller
0
6.7K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan