CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ketika Para Ilmuwan Mencoba Membuat Matahari Tiruan, Hasilnya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac60a3cc2cb1708488b4570/ketika-para-ilmuwan-mencoba-membuat-matahari-tiruan-hasilnya

Ketika Para Ilmuwan Mencoba Membuat Matahari Tiruan, Hasilnya?

Ketika Para Ilmuwan Mencoba Membuat Matahari Tiruan, Hasilnya?
© futurism.com

Kemajuan teknologi sejatinya adalah untuk mensejahterakan segala peradaban di seluruh ekosistem, bukan hanya kesejahteraan bagi manusia tapi juga bagi seluruh alam.


Penggunaan sumber daya alam untuk bahan bakar yang tidak dapat diperbarui dan tidak ramah lingkungan, seperti batubara dan minyak bumi, membuat para ilmuan terus melakukan penelitian dan perkembangan teknologi agar mendapatkan bahan bakar baru yang lebih baik.


Seperti yang dikutip dari NewAtlas.com (24/3/2017), salah satu usaha di bidang pengembangan bahan energi adalah usaha yang dilakukan oleh Pusat Antariksa Jerman (DLR).


Para peneliti di DLR yang berada di Jülich Rhine-Westphalia, Jerman, tersebut tengah bereksperiman untuk membuat tiga buah matahari buatan yang diberi nama Synlight.’


Synlight adalah sebuah alat yang didesain mirip dengan sarang lebah yang terdiri dari 149 unit lampu sorot yang dapat menghasilkan radiasi 10.000 kali lipat lebih besar dari pada radiasi yang dipancarkan oleh matahari ke bumi.


Saat tiga matahari buatan tersebut dinyalakan menggunakan daya yang berbeda, yang pertama menggunakan daya 220 kW dan yang lainnya 280 kW, lalu difokuskan pada satu titik berukuran 20 cm x 20 cm, maka akan menghasilkan suhu sekitar 3000 derajat Celcius.


Sebelumnya, para ilmuwan telah melakukan percobaan menggunakan cermin untuk mengonsentrasikan cahaya matahari yang ditembakkan ke air, sehingga menghasilkan uap air. Uap tersebut akan memutar turbin-turbin pembangkit listrik tenaga air.


Dari hasil eksperimen di atas, para ilmuwan ingin menggunakan radiasi Synlight untuk memicu reaksi kimia sehingga dapat mengekstraksi hidrogen menjadi uap air. Hidrogen inilah yang akan dijadikan bahan bakar kendaraan bermotor bahkan pesawat.


Tapi sayangnya penggunaan matahari buatan ini dinilai sangat boros, karena saat Synlight dinyalakan dalam empat jam saja dan menghabiskan listrik setara dengan daya yang digunakan oleh listrik rumah tangga dalam satu tahun. Sehingga para ilmuwan masih terus melakukan penelitian lebih lanjut untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dan dapat direalisasikan secepat mungkin.




Ternyata masih terlalu boros emoticon-Mewek
profile-picture
nona212 memberi reputasi
Halaman 1 dari 13
emang ada matahari tiruan nanti energi penggeraknya apa yang ga habis habis
ada2 aja emoticon-Leh Uga
kirain toko baju banyak diskon emoticon-Hammer (S)
Panas gk tuh? Lumayan jemur ikan asiin
wah makin maju teknologinya
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:


Entah kenapa komen ente...ane demen emoticon-Wakaka
Quote:
emoticon-Entahlah

Quote:
emoticon-Shakehand2

Quote:
emoticon-Cape d...

Quote:
panas bet emoticon-Wow

Quote:
emoticon-Cool

Quote:
emoticon-Cipok
kalau cuma listrik dikonversi jadi hidrogen tinggal elektrolisis selesai.

ane rasa ilmuwan nggak bakal sebego itu
Quote:



Ahli lain silahkan gabung emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh ronaldbruno
orang luar udah bikin Matahari buatan
sedangkan sini, masih aja debat bentuk Bumi BULAT atau DATAR emoticon-Leh Uga
tidak ada yang bisa menyamai ciptaan gusti allah
Malah jadi boros listrik , dah pake api cempor aja lah emoticon-Ngakak (S)
hasilnya jadilah carefure
Bukan enggak mungkin ke depan nya mereka bakal bikin planet buatan
pake matahari yang asli aja gampang dan ga abis2, kenapa harus bikin yang buatan ya gan?
Quote:


Asgardia?
disini dari dulu sudah ada Matahari tempat belanja
Quote:
emoticon-Cape d...

Quote:
emoticon-Sundul Up

Quote:
emoticon-Wkwkwk

Quote:
emoticon-Bingung

Quote:
emoticon-Entahlah

Quote:
emoticon-Ngacir

Quote:
emoticon-Ngakak
Maybe, its just a weapon emoticon-Takut
Halaman 1 dari 13


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di