
Assalamualaikum Wr. Wb., salam sejahtera untuk kita semua.
Kembali lagi bersama Saya, yang kali ini ingin membahas tema tentang,
cara mengembangkan kemampuan diri untuk lebih dapat memanfaatkan waktu.
Tanpa harus berlama lama, yuk langsung saja disimak.
Quote:
Di usia yang masih muda dan produktif tentunya Anda dipenuhi dengan segudang aktivitas, baik itu pekerjaan maupun menjalankan kegiatan sehari-hari. Apapun bidang yang ditekuni, Anda dituntut untuk berperan aktif, dinamis, serta cekatan. Apalagi kalau Anda hidup di kota besar. Sama halnya dengan menyelesaikan pekerjaan kantor.
Kegesitan dan kecekatan pun dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan. Belum lagi tenggat waktu yang mungkin menambah rasa stress. Dari situ, timbullah rasa panik dan cemas. Sebagai fun fearless person, Anda tidak mau dong merasa tertekan dan terbebani oleh pekerjaan setiap saat. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa mengatur waktu dan membuat perencanaan yang tepat.
Memiliki time managementdan perencanaan yang tepat akan mempermudah dan membantu menyelesaikan seluruh tugas yang dilimpahkan pada Anda. Masih bingung bagaimana memulainya?. Jangan khawatir, Saya akan membagikan beberapa trik yang bisa Anda contek dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Quote:
1. Membuat Rencana.
Buatlah rencana sebelum Anda mengerjakan tugas yang harus diselesaikan. Sebaiknya perencanaan dibuat untuk tiga minggu ke depan agar Anda tahu betul pekerjaan mana yang membutuhkan effortyang lebih besar lagi dan pekerjaan mana yang tidak terlalu membutuhkan effort besar.
Setelah itu, tentukan perencanaan matang dan tepat. Dengan membuat perencanaan yang pasti, Anda akan memiliki panduan yang jelas dalam menyelesaikan tugas. Usahakan setiap harinya Anda fokus pada 3 prioritas yang harus diselesaikan.
Quote:
2. Fokus Pada Tugas.
Setelah selesai membuat perencanaan, saatnya Anda fokus dan mulai menyelesaikan pekerjaan. Agar lebih efektif dan efesien, cobalah Anda tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan. Jauhkan diri Anda dari gangguan seperti hand-phone, e-mailatau televisi supaya Anda bisa fokus dan tidak terdistraksi ketika menyelesaikan pekerjaan.
Quote:
3. Tidak Menunda Pekerjaan.
Jangan pernah menunda pekerjaan, sekali menundanya, pasti akan berefek terhadap pekerjaan Anda yang lain (dan juga diri Anda sendiri). Anda bisa melakukan beberapa trik agar tidak terjebak dalam " Drama penundaan ". Caranya?, kerjakan tugas yang paling mudah terlebih dahulu, baru yang sulit.
Quote:
4.Berani Mengatakan Tidak.
Bila Anda memiliki time managementyang baik, jangan heran apabila Anda dimintai banyak bantuan oleh rekan kerja sekantor karena melihat Anda rajin dan bekerja dengan efisien. Bila Anda sudah berada dalam posisi tersebut jangan takut untuk mengatakan, " Tidak ", bila terlalu sering dimintai bantuan untuk menolong rekan kerja sekantor yang gemar " menggantungkan " dirinya pada Anda. Katakanlah secara jelas, baik dan tegas. Dijamin mereka pasti akan berpikir dua kali bila ingin meminta bantuan Anda.
Quote:
5. Perhatikan Deadline.
Dengan melihat jadwal deadlinepekerjaan bisa membuat Anda frustasi, tetapi tenang dulu, dear. Tugas-tugas akan selesai tepat waktu bila Anda benar-benar mengikuti tenggat waktu yang telah diberikan. Namun, tidak ada salahnya lho Anda membuat deadline sendiri, sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan lebih awal dari deadline sebenarnya. Intinya, stay on schedule.
Quote:
6.Mengelola E-mail.
Kehidupan di kantor tidak lepas dari notifikasi e-mailyang tertera pada layar komputer Anda. Dan ya, seperti yang tadi sudah dikatakan, e-mail bisa mengganggu konsentrasi saat bekerja. Oleh karena itu, buatlah jadwal untuk mengecek dan membalas e-mail.
Sebaliknya luangkan waktu tersendiri untuk mengecek dan membalas e-mail di waktu pagi dan sore hari. Membalas e-mail pun membutuhkan ketenangan berpikir. So, jangan sampai Anda salah menulis atau membalas e-mail ke klien, bisa-bisa nanti terjadi miscommunication lho.
Quote:
7.Pahami Ritme Kerja.
Apakah Anda sudah mengerti ritme bekerja Anda?, Apakah Anda lebih lancar mengerjakan pekerjaan di pagi hari, atau mungkin di sore hari, dimana otak Anda sudah " ON" dan lancar menyelesaikan pekerjaan?. Perlu di ingat ritme kerja yang Anda miliki mempengaruhi Anda dalam menyelesaikan tugas. Hal ini juga berkaitan dengan deadline mau-pun konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan.
Quote:
8. Review Kembali Aktivitas.
Setelah menyelesaikan semua tugas sesuai rencana yang sudah Anda buat sebelumnya, jangan lupa untuk menandai-nya . Lalu ingat-ingat kembali apa yang belum dan sudah Anda kerjakan. Good luck and keep the spirit.

Setelah mengetahui 8 tips di atas, Saya berharap Agan serta Sista saat ini,
lebih mampu untuk mengatur waktu, sehingga tidak ada waktu yang akan terbuang sia-sia.
Akhir kata dari Saya,
Wassalamualaikum. Wr. Wb., dan salam sejahtera untuk kita semua.
Sumber informasi :
Her World Magazinedengan Tagline Fun Fearless Worker
Sumber ilustrasi :
Google Image