Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

everesthomeAvatar border
TS
everesthome
7 Fakta Terbaru Hamzah Mamba: Donatur 212 Hingga Dekat dengan Bos Bosowa
Minggu, 1 April 2018 17:53

7 Fakta Terbaru Hamzah Mamba: Donatur 212 Hingga Dekat dengan Bos Bosowa

Hamzah Mamba bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Aksa Mahmud



Terkini.id – Bos Abu Tours, yakni Hamzah Mamba, saat ini sedang meringkuk dalam tahanan Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan. Hamzah harus mempertanggungjawabkan perbuatannya karena dinilai telah menipu lebih dari 80.000 jemaah umrah karena tidak mendapat kepastian berangkat. Selain itu, melalui perusahaannya, yakni Abu Tours, kepolisian memperkirakan uang yang dikeruk dari jemaah mencapai hingga Rp 1,8 triliun. Sebelum ditahan kepolisian, hingga saat ini, ada beberapa hal tentang Hamzah Mamba yang masih jarang diketahui oleh orang. Apa saja itu?


1. Donatur aksi 212

7 Fakta Terbaru Hamzah Mamba: Donatur 212 Hingga Dekat dengan Bos Bosowa

Semua pasti tahu dengan aksi bela Islam 212 yang digelar pada 12 Desember 2016 silam, dan melibatkan jutaan umat Islam Indonesia. Siapa sangka, Hamzah Mamba merupakan salah satu donatur aksi yang muncul atas reaksi atas penistaan Alquran oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, saat itu.


2. Gemar pelesiran ke Eropa

7 Fakta Terbaru Hamzah Mamba: Donatur 212 Hingga Dekat dengan Bos Bosowa
Hamzah Mamba (kedua kanan), berfoto di bangunan tua Marienplatz saat liburan di Munich, Jerman

Dalam akun instagram Hamzah Mamba, pria ini memosting sejumlah foto-fotonya saat pelesiran ke negara-negara Eropa. Foto-foto tersebut menunjukkan Hamzah Mamba saat sedang mengendarai motor di pegunungan bersalju, hingga ke Munich, Jerman.


3. Kasus penipuan umrah terbesar Indonesia saat ini

Sebelum Abu Tours, kasus penipuan umrah terbesar yang sempat heboh adalah First Travel dan Solusi Balad Lumampah atau SBL. Namun ternyata, Abu Tours lebih heboh dari keduanya. First Travel dan SBL diperkirakan cuma merugikan dana jemaah hingga berkisar Rp 905 miliar. Sedangkan Abu Tours, perusahaan yang didirikan oleh Hamzah Mamba, tercatat merugikan dana jemaah hingga Rp 1,8 triliun.


4. Berawal dari jualan coto Sebelum berbisnis travel,

Hamzah Mambah sebenarnya memulai usaha jualan coto. Hamzah Mamba juga pernah menjadi tukang es keliling di Jakarta.


5. Anggota komunitas moge Silverhawk

7 Fakta Terbaru Hamzah Mamba: Donatur 212 Hingga Dekat dengan Bos Bosowa

Abu Hamzah saat touring Eropa Bersama komunitas motor gedenya, Hamzah kerap melakukan touring dengan mengendarai motor ke luar negeri, khususnya Eropa. Dia tergabung dalam anggota komunitas moge Silverhawk Motorcycles Club South Sulawesi. Tahun 2014 silam, dia pernah menjadi pengurus menjabat divisi bisnis di komunitas tersebut.


6. Masih banyak yang membela

Meskipun diyakini kepolisian sebagai pelaku penipuan, penggelapan dan pencucian uang karena sekitar 80 ribu jemaahnya gagal berangkat umrah, dan dinilai merugikan hingga Rp1,7 triliun uang, masih banyak yang membela Hamzah Mamba. Baca :Sudah bayar Rp 30 juta, jemaah Abu Tours malah telantar di Kuala Lumpur Beberapa pengguna facebook, khususnya pendukung aksi 212, menilai Hamzah Mamba sedang mendapat ujian. Beberapa dari mereka malah meminta orang lain tidak menyebar berita tentang penipuan Hamzah Mamba, karena sama saja membuka aib saudara semuslimnya.


7. Dekat dengan Bos Bosowa

Sebelum ditetapkan tersangka, Hamzah Mamba sempat mendapat dukungan dari salah satu orang terkaya Indonesia, yakni Aksa Mahmud. Bos perusahaan besar di Makassar, yakni Bosowa Group tersebut, sempat mendampingi Hamzah Mamba saat menyampaikan maklumat tentang penambahan biaya umrah kepada jemaah. Saat itu, Jumat 9 Februari 2018, Aksa Mahmud, menyebutkan, dirinya hadir membantu, karena selain sebagai sesama pengusaha, juga merupakan keinginannya. “Saya merasa terpanggil untuk membantu pengusaha sesama Sulawesi Selatan yang sedang kesulitan,” ujarnya, saat press conference di Rumah Makan Lae-lae kala itu.

Sumber


Pelajaran yang bisa dipetik,.... jangan terlalu gampang percaya pada orang yang menggunakan agama. Entah itu untuk politik, bisnis, dsb. .....Karena tidak jarang orang tsb justru sedang menjual agamanya sendiri.  emoticon-Shutup

Quote:



Diubah oleh everesthome 05-04-2018 05:48
0
21.2K
154
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan